More
    HomeBeritaErdogan dan Jokowi Bersatu dalam Pembicaraan Turki-Indonesia Mengenai Bantuan ke Palestina

    Erdogan dan Jokowi Bersatu dalam Pembicaraan Turki-Indonesia Mengenai Bantuan ke Palestina

    Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, menggandeng erat tangan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi). Hal itu dilakukan saat keduanya melakukan pertemuan bilateral di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI), Sabtu (11/11/2023).

    Menurut Jokowi, pada pertemuan tersebut Indonesia dan Turki bersepakat untuk terus bekerja sama dalam menyelesaikan masalah kemanusiaan di Gaza dan terus mendukung perjuangan kemerdekaan bangsa Palestina.

    “Serta mengingatkan dunia untuk selesaikan akar masalah yaitu kemerdekaan Palestina berdasarkan two state solution,” ujar Jokowi di King Abdulaziz International Convention Center (KAICC), Riyadh, Arab Saudi seperti dikutip Minggu (12/11/2023).

    Selain itu, Jokowi menekankan bahwa OKI harus bersatu dan berada di depan. OKI harus mendesak gencatan senjata segera dilakukan, menyuarakan dimulainya jeda kemanusiaan.

    “Dan memastikan akses bantuan kemanusiaan yang aman, predictable, sustainable dan menjangkau seluruh warga,” imbuh dia.

    Jokowi memastikan, Indonesia akan menggunakan semua cara untuk menyuarakan keadilan dan kemanusiaan bagi bangsa Palestina, termasuk melalui Sidang Majelis Umum PBB, Dewan HAM, dan Mahkamah Kejahatan Internasional. Sebab, baik dirinya dan Erdogan terus mencoba berkontribusi pada penyelesaian masalah di Palestina.

    Selain soal Gasa, diketahui kedua pemimpin juga membahas penguatan kerja sama bilateral dan sepakat untuk mengintensifkan perundingan Indonesia-Turkey Comprehensive Economic Partnership Agreement (IT-CEPA) sehingga dapat diselesaikan pada tahun 2024.

    berita