More
    HomeBeritaNawawi Pomolango Mengajak Pimpinan Rapat KPK Untuk Bahas Isu Priortitas Setelah Dilantik...

    Nawawi Pomolango Mengajak Pimpinan Rapat KPK Untuk Bahas Isu Priortitas Setelah Dilantik Sebagai Plt Ketua

    Jokowi Tunjuk Nawawi Pomolango sebagai Ketua KPK Sementara

    Dia menggantikan Firli Bahuri yang diberhentikan sementara karena ditetapkan sebagai tersangka oleh Polri.
    Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan Jokowi telah meneken Keputusan Presiden (Keppres) tentang Pemberhentian Sementara Ketua KPK Firli Bahuri. Selain itu, Jokowi menandatangani Keppres Pengangkatan Nawawi Pomolango sebagai Ketua KPK sementara.
    “Presiden Joko Widodo telah menandatangani Keppres Pemberhentian Sementara Ketua KPK Firli Bahuri, sekaligus menetapkan Nawawi Pomolango sebagai Ketua Sementara KPK,” jelas Ari kepada wartawan, Jumat (24/11/2023).
    Jokowi enggan membeberkan alasan dirinya menunjuk Nawawi Pomolango menjadi Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pengganti Firli Bahuri. Jokowi hanya menyebut ada banyak pertimbangan memilih Nawawi sebagai Ketua KPK.
    “Ya banyak pertimbangan tapi enggak bisa saya sampaikan,” kata Jokowi di Indonesia Arena Senayan Jakarta Pusat, Sabtu (25/11/2023).
    “Banyak pertimbangan memang. Pilihannya ada empat (Wakil Ketua KPK), tetapi apapun kita harus memilih satu (Ketua KPK sementara). Enggak mungkin empat-empatnya kita memilih,” sambungnya.
    Nawawi sendiri merupakan satu dari empat Wakil Ketua KPK periode 2019-2023. Jokowi mengatakan bahwa pemilihan Ketua KPK sementara sudah sesuai dengan aturan yang berlaku.
    “Ya sudah saya tandatangani tadi malam (Keppres pengangkatan Ketua KPK sementara) dan saya kira sudah tahu semuanya memang aturannya seperti itu,” jelasnya.
    Jokowi pun berharap Nawawi bisa membawa KPK menjadi lembaga pemberantasan korupsi yang lebih baik.
    “KPK bisa berjalan dengan baik sampai nanti terpilihnya ketua yang baru,” ucap Jokowi.

    berita