More
    HomeBeritaPengamat: Dukungan Jokowi kepada Prabowo Diperkuat melalui Agenda Makan Malam

    Pengamat: Dukungan Jokowi kepada Prabowo Diperkuat melalui Agenda Makan Malam

    Liputan6.com, Jakarta – Momen makan malam antara Presiden Joko Widodo atau Jokowi dengan calon presiden (Capres) nomor urut 2, Prabowo Subianto menjadi sorotan publik. Agenda makan malam yang dilakukan di sebuah restoran di Jakarta Pusat pada Jumat 5 Januari 2024 ini berlangsung jelang Pemilihan Umum (Pemilu) yang semakin dekat.

    Pengamat Politik dari Universitas Paramadina, Ahmad Khoirul Umam mengatakan, agenda makan malam tersebut mempertegas dukungan Jokowi terhadap Prabowo pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

    “Agenda makan malam yang terkesan eksklusif itu semakin mempertegas dukungan Presiden Jokowi pada Prabowo. Langkah ini senada dengan statemen sejumlah elite di TKN Prabowo-Gibran yang belakangan menyampaikan Jokowi berada di belakang mereka,” kata Khoirul Umam dalam keterangannya, Sabtu (6/1/2024).

    Menurutnya, saat seorang kepala negara menunjukkan dukungan politik secara terang-terangan, maka struktur kekuasaan dan aparatur negara bergerak dalam ruang psikologis keberpihakan pada satu pasangan calon (paslon).

    “Ketika presiden menunjukkan dukungan politik yang semakin vulgar, akibatnya struktur kekuasaan dan aparatur negara bergerak dalam ruang psikologis keberpihakan pada paslon yang didukung oleh penguasa,” ujarnya.

    Sehingga, apabila nantinya ditemukan pelanggaran-pelanggaran etik, maka akan dianggap lumrah.

    “Dalam kondisi seperti ini, pelanggaran-pelanggaran etik dan aturan kepemiluan cenderung dianggap sebagai hal lumrah dan laporan-laporan tidak akan digubris oleh lembaga pengawas,” ungkapnya.

    “Di situlah esensi demokrasi yang adil dan transparan menjadi semakin layak dipertanyakan,” ucap Khoirul Umam memungkasi.

    berita