More
    HomeBeritaSyarat Seleksi Petugas Haji di Tingkat Pusat pada 11 Januari 2024 Telah...

    Syarat Seleksi Petugas Haji di Tingkat Pusat pada 11 Januari 2024 Telah Dibuka

    Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) segera membuka seleksi Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi atau petugas haji untuk tingkat pusat. Pendaftaran seleksi petugas haji ini dibuka mulai tanggal 11 hingga 19 Januari 2024.

    “Kami mengundang para pelamar yang memenuhi syarat, untuk ikut ambil bagian dalam seleksi PPIH Arab Saudi. Pendaftaran dibuka dari 11 sampai 19 Januari 2024 melalui SuperApps Pusaka Kementerian Agama,” ujar juru bicara Kemenag Anna Hasbie di Jeddah, Senin (8/1/2024).

    Anna Hasbie saat ini berada di Arab Saudi karena sedang mendampingi kunjungan kerja Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas. Dalam kunjungan ini, Menag Yaqut dijadwalkan menandatangani nota kesepahaman atau MoU terkait Penyelenggaraan Ibadah Haji 1445 H/2024 M dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Taufiq F Al Rabiah.

    Dijelaskan Anna, seleksi PPIH Arab Saudi akan dilakukan dengan Computer Assisted Test (CAT) dan wawancara. Adapun soal CAT terkait dengan wawasan kebangsaan, moderasi beragama, regulasi perhajian, manasik haji, serta tugas dan fungsi layanan.

    Sementara wawancara akan menggali tentang kemampuan baca tulis Al-Qur’an, pendalaman tugas dan fungsi petugas haji, problem solving, integritas, serta pemahaman keagamaan yang moderat dan kepemimpinan.

    “Untuk CAT dan wawancara, akan dilaksanakan di Asrama Haji Pondok Gede pada 25 Januari 2024,” kata Anna.

    Nantinya, hasil seleksi petugas haji tingkat pusat ini akan diumumkan melalui akun SuperApps Pusaka masing-masing peserta pada 29 Januari 2024.

    berita