More
    HomeBeritaArsul Sani Bacakan Sumpah Hakim Konstitusi di Depan Presiden Jokowi Pada Hari...

    Arsul Sani Bacakan Sumpah Hakim Konstitusi di Depan Presiden Jokowi Pada Hari Ini

    Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan menyaksikan pengucapan sumpah Arsul Sani sebagai Hakim Konstitusi di Istana Negars Jakarta, Kamis (18/1/2024). Politisi PPP itu menggantikan posisi Wahiduddin Adams di Mahkamah Konstitusi (MK).

    “Hari ini, Kamis 18 Januari 2024, diagendakan Pengucapan Sumpah Hakim Konstitusi dihadapan Presiden Republik Indonesia,” kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana kepada wartawan, Kamis (18/1/2024).

    “Ya betul. Bapak Asrul Sani,” sambungnya.

    Agenda pengucapan sumpah hakim konstitusi rencana akan dilangsungkan pukul 10.00 WIB. Jokowi juga diagendakan melantik anggota Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU).

    “Dan Pelantikan Anggota Komisi Pengawas Persaingan Usaha di Istana Negara,” ujar Ari.

    Sebelumnya, seluruh fraksi di DPR RI sepakat memilih Wakil Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani sebagai hakim konstitusi. Ketua Komisi III Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul buka-bukaan alasan DPR memilih anggota Komisi II itu.

    Salah satunya karena selama ini berulang kali produk undang-undang di DPR dibatalkan oleh Mahkamah Konstitusi. Bambang mengatakan, karena tidak ada hakim konstitusi yang berlatar belakang anggota DPR.

    “Kita tidak pernah diajak bicara, tiba-tiba dibatalkan. Padahal kita kerjakan dibatalkan, kenapa? Karena mohon maaf, tidak ada satu pun yang punya profesi sebagai DPR,” kata Bambang Pacul di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (26/9/2023).

    Sehingga DPR memandang perlu hakim konstitusi yang memahami prosedur pembuatan undang-undang di DPR. Di samping itu, Arsul Sani dinilai punya kepakaran di bidang hukum dan pengalaman sebagai pimpinan MPR.

    “Arsul Sani dianggap sebagai sosok calon hakim konstitusi yang memiliki pemahaman terhadap konstitusi yang baik karena pengalaman sebagai pembuat undang-undang,” jelas Bambang.

    berita