More
    HomeKesehatanKurangi Waktu Menatap Layar Gadget, Anak-anak Lebih Cerdas Saat Berkomunikasi dengan Orangtua

    Kurangi Waktu Menatap Layar Gadget, Anak-anak Lebih Cerdas Saat Berkomunikasi dengan Orangtua

    Menurut Dokter Anak di New York City, Kelly Fradin, MD, temuan penelitian yang menunjukkan bahwa anak-anak tidak belajar konsep-konsep kompleks lebih awal dari layar tidak mengejutkan. Penelitian juga menunjukkan bahwa interaksi dengan orangtua lebih bermanfaat bagi perkembangan otak balita daripada layar gadget.

    Meskipun demikian, Dr. Fradin menekankan bahwa penggunaan layar secara fungsional untuk anak-anak kecil tidak seharusnya membuat orang tua merasa bersalah. Program-program berkualitas tinggi, seperti yang berisi lagu-lagu dan sajak, dapat bersifat edukatif dan membantu dalam pengembangan literasi media dan keterampilan kognitif.

    Dr. Fradin juga menyarankan beberapa cara penggunaan layar yang bermanfaat, seperti video-chatting dengan anggota keluarga. Namun, ia juga memperingatkan orang tua untuk berhati-hati terhadap tipu daya pemasaran dan tidak mudah tergoda dengan berbagai aplikasi dan mainan edukasi yang menjanjikan banyak hal.

    Menurut Dr. Fradin, membaca, berbicara, dan menyanyikan lagu kepada anak balita adalah cara sederhana namun efektif untuk meningkatkan pembelajaran mereka. Dia juga menekankan pentingnya bermain bebas dalam perkembangan anak, karena bermain bebas memberikan manfaat besar dalam pendidikan, harga diri, dan kesejahteraan emosional anak-anak.

    Source link

    berita