More
    HomeKesehatanDokter Gizi menyarankan untuk selalu menyertakan protein hewani dan sayur dalam Menu...

    Dokter Gizi menyarankan untuk selalu menyertakan protein hewani dan sayur dalam Menu Makan Siang Gratis di Sekolah

    Liputan6.com, Jakarta – Makan siang gratis untuk siswa yang diusulkan oleh calon presiden dan wakil presiden Prabowo – Gibran sebaiknya mengandung protein hewani dan sayur selain karbohidrat. Menurut dokter spesialis gizi klinik konsultan Gaga Irawan Nugraha, protein hewani memiliki ketersediaan hayati yang lebih tinggi dibandingkan dengan protein nabati.

    “Protein hewani memiliki bioavailabilitas lebih tinggi, lebih mudah diserap, lebih mudah menjadi bagian dari tubuh,” kata Gaga seperti yang dilaporkan oleh Antara pada Senin (4/3/2024).

    Selain itu, protein hewani juga mengandung asam amino esensial yang lebih lengkap dibanding protein nabati. Hal ini penting untuk mendukung pertumbuhan anak, perbaikan sel yang rusak, serta perkembangan otak. Selain itu, pada ibu hamil, asam amino esensial dapat menghasilkan sel-sel reproduksi yang berkualitas, termasuk saat menyusui.

    Meskipun demikian, jika memilih protein nabati, tempe adalah pilihan yang baik menurut Gaga. Tempe lebih mudah dicerna karena telah melalui proses fermentasi.

    Source link

    berita