More
    HomeKesehatanApakah Wanita Benar-benar Lebih Rentan Cedera Saat Berolahraga daripada Laki-Laki? Bukti atau...

    Apakah Wanita Benar-benar Lebih Rentan Cedera Saat Berolahraga daripada Laki-Laki? Bukti atau Kepercayaan?

    Wanita Lebih Rentan Cedera Saat Berolahraga, Ini Penjelasannya

    Liputan6.com, Jakarta Ada yang menyebut bahwa saat berolahraga wanita lebih rentan mengalami cedera dibandingkan laki-laki. Ternyata itu benar adanya.

    “Secara statistik itu benar adanya,” kata dokter spesialis ortopedi dan traumatologi konsultan sports injury Yohannes Toban Layuk Allo dari RS Pondok Indah Bintaro Jaya.

    Toban menuturkan bahwa ada beberapa faktor yang membuat wanita lebih berisiko mengalami cedera berolahraga dibandingkan laki-laki. Pertama, kecenderungan wanita lebih jarang berolahraga dibandingkan kaum adam.

    “Paradigma ini memang sudah berubah ya di kota-kota besar dimana banyak perempuan kini berolahraga. Namun, pada perempuan yang jarang olahraga tidak mengetahui teknik melakukan gerakan yang benar, hatl itu kurang dipahami yang membuat wanita lebih rentan cedera.

    Kedua, faktor otot yang lebih kecil dari laki-laki. Kehadiran otot yang lebih besar pada laki-laki amat dipengaruhi hormon yakni testosteron. Sementara itu, wanita hanya sangat sedikit memiliki hormon tersebut.

    “Otot yang lebih kecil lebih berisiko mengalami cedera,” tutur pria yang menamatkan studi spesialis di Universitas Hasanuddin Makassar ini dalam temu media pada Kamis (7/3/2024).

    Ketiga, bentuk kaki cenderung X. Toban menuturkan bahwa bentuk kaki ada yang lurus, X dan O. Pada wanita, ada kecenderungan wanita memiliki kaki sedikit X.

    “Wanita itu cenderung lutut sedikit X dibandingkan lurus. Bentuk yang sedikit X membuat mekanisme, secara biomekanik atau secara fisika, membuat lebih mudah terjadi cedera terutama ACL,” kata Toban.

    Cedera Anterior cruciate ligament (ACL) gangguan ligamen di lutut yang bisa robek atau berlebihan akibat perubahan mendadak.

    Source link

    berita