More
    HomeKesehatanTips Menjalani Puasa Ramadhan agar Dapat Meraih Manfaat Kesehatan

    Tips Menjalani Puasa Ramadhan agar Dapat Meraih Manfaat Kesehatan

    Puasa adalah kegiatan yang memiliki manfaat bagi tubuh. Manfaat tersebut dapat dirasakan oleh individu yang menderita penyakit, seperti yang dijelaskan oleh Staf Bidang Teknis Komunikasi Trasformasi Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI dr Ngabila Salam, MKM.

    Menurut Ngabila, puasa dapat menyehatkan badan. Puasa dapat membantu menstabilkan kadar tekanan darah, gula darah, kolesterol, hingga antioksidan dan antiperadangan. Meskipun demikian, beberapa kelompok perlu memerhatikan kondisi kesehatannya sebelum berpuasa, terutama di bulan suci Ramadhan.

    Penderita penyakit disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau fasilitas kesehatan terdekat sebelum berpuasa. Dokter dapat memberikan rekomendasi apakah pasien perlu tetap mengonsumsi obat, serta dosis dan waktu pengonsumsiannya. Hal ini penting karena puasa dapat mengubah metabolisme tubuh seseorang akibat perubahan waktu makan, minum, dan beristirahat.

    Konsultasi dengan dokter sebelum berpuasa Ramadhan juga sangat disarankan bagi ibu hamil dan ibu menyusui. Mereka membutuhkan supervisi dan kebutuhan nutrisi bagi janin harus dipenuhi dengan baik.

    Source link

    berita