More
    HomeKesehatanDokter Mengingatkan Pentingnya Puasa CERDIK untuk Kesehatan dan Kelancaran

    Dokter Mengingatkan Pentingnya Puasa CERDIK untuk Kesehatan dan Kelancaran

    Berpuasa pada bulan Ramadhan dilaksanakan umat muslim dengan menahan makan dan minum mulai dari terbit hingga terbenamnya matahari. Momen ini menjadi penting karena merupakan waktu yang krusial dalam meningkatkan ibadah. Selain aspek religius dan spiritual, saat menjalankan puasa Ramadhan juga bermanfaat bagi kesehatan.

    “Temen-temen harus tahu bahwa puasa itu menyehatkan, bahwa kita yang sehat saja kalau puasa itu tambah sehat dengan berbagai manfaatnya, dan teman-teman yang sakit, yang punya penyakit komorbid tadi itu juga harus yakin dengan berpuasa itu justru akan menyehatkan badan,” kata pemerhati kesehatan Ngabila Salama, MKM dalam dialog bersama Radio Kesehatan pada Jum’at, 7 Maret 2024.

    Manfaat puasa untuk kesehatan mencakup menstabilkan tekanan darah, gula darah, kolesterol, dan dapat menjadi antioksidan dan antiperadangan. Jika kondisi tubuh sudah siap untuk melaksanakan puasa, maka harus memperhatikan rutinitas kita saat berpuasa. Ngabila menjelaskan tips CERDIK untuk puasa sehat yang terdiri dari Cek kesehatan yang rutin, Enyahkan asap rokok, Rajin olahraga, Diet yang seimbang, Istirahat cukup dan Kelola stres.

    Cek kesehatan merupakan hal yang penting untuk dilakukan karena dapat mengetahui kondisi tubuh dan mengetahui yang tubuh butuhkan untuk menjadi lebih sehat. Hal ini juga akan bermanfaat dalam memastikan apakah keadaan tubuh Anda masih sanggup untuk melanjutkan ibadah puasa.

    “Jadi yang pertama adalah kita harus pandai mengenali diri kita sendiri, jangan memaksakan diri juga,” ucap Ngabila.

    Contohnya, jika sudah merasa pusing di tengah-tengah puasa dan segera melakukan pengecekan, Anda dapat mengetahui alasan di baliknya. Apakah dikarenakan oleh tekanan darah yang terlalu rendah atau karena hal lainnya. Jika Anda sudah dapat memastikan bahwa diri sendiri mampu dan sehat maka dapat menaruh perhatian untuk orang-orang di sekeliling Anda.

    Source link

    berita