More
    HomeKesehatan8 tips menjalani olahraga selama bulan Ramadan, termasuk mengikuti 3 waktu rekomendasi...

    8 tips menjalani olahraga selama bulan Ramadan, termasuk mengikuti 3 waktu rekomendasi dari dokter

    Dokter spesialis kedokteran olahraga, Retnoningtyas, menegaskan bahwa berpuasa tidak harus menghentikan kegiatan olahraga. Bahkan, olahraga saat bulan puasa sangat disarankan untuk menjaga kebugaran tubuh selama berpuasa.

    Untuk memastikan bahwa olahraga tidak membebani tubuh saat puasa, Retno memberikan beberapa tips dan trik penting. Menurutnya, jenis, intensitas, waktu, dan durasi olahraga perlu dipertimbangkan dengan baik untuk menghindari risiko membatalkan puasa.

    Beberapa studi juga telah menunjukkan bahwa olahraga saat puasa memiliki manfaat besar bagi kesehatan. Namun, tubuh biasanya akan merasakan kelelahan lebih cepat saat berpuasa. Oleh karena itu, penting untuk memilih jenis olahraga yang ringan hingga sedang.

    Hindari melakukan olahraga dengan intensitas tinggi yang dapat menguras energi dan cairan tubuh, sehingga menyebabkan dehidrasi. Intensitas tinggi adalah ketika Anda merasa terengah-engah saat melakukan olahraga.

    Untuk menjaga kebugaran tubuh, disarankan untuk melakukan olahraga minimal 150 menit dalam seminggu atau sekitar 30 menit setiap hari. Namun, saat berpuasa, Anda dapat memulai dengan durasi yang lebih singkat dan secara bertahap meningkatkannya hingga mencapai 30 menit setiap harinya.

    Source link

    berita