More
    HomeKesehatanMengenal Aneurisma Aorta dan Bahayanya yang Dapat Mengakibatkan Kematian

    Mengenal Aneurisma Aorta dan Bahayanya yang Dapat Mengakibatkan Kematian

    Aorta merupakan pembuluh darah utama dan terbesar dalam sistem peredaran darah manusia yang memiliki fungsi penting dalam mengalirkan darah kaya oksigen dari jantung ke seluruh tubuh.

    Aneurisma aorta adalah kondisi pelebaran abnormal pada dinding aorta yang bisa terjadi tanpa gejala. Pembesaran aorta ini dapat menyebabkan pecahnya dinding aorta yang berujung pada pendarahan kritis dan bahkan kematian. Aneurisma aorta tersering terjadi pada perut dan dada, di mana dinding aorta melemah dan tak mampu menahan tekanan darah di dalamnya.

    Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah, Suko Adiarto, menjelaskan bahwa aneurisma aorta umumnya berkembang secara lambat selama bertahun-tahun. Jika tidak menimbulkan gejala, pemeriksaan rutin dan pemberian obat-obatan untuk mengendalikan tekanan darah dan denyut jantung dapat dilakukan.

    Namun, jika aneurisma aorta berkembang besar dan tidak ditangani, dapat menyebabkan komplikasi seperti diseksi aorta atau robeknya lapisan dinding pembuluh darah aorta. Oleh karena itu, penting untuk waspada terhadap gejala seperti nyeri dada, nyeri punggung, dan sesak napas. Segera konsultasikan dengan dokter apabila mengalami gejala tersebut.

    Source link

    berita