More
    HomeOtomotifBegini Cara Mudah Bikin Suara Mesin Mobil Diesel Terdengar Lebih Halus

    Begini Cara Mudah Bikin Suara Mesin Mobil Diesel Terdengar Lebih Halus

    Banyak yang ingin mengetahui cara bikin suara mesin diesel halus, mengingat berbeda dengan mobil bermesin bensin, mobil mesin diesel umumnya memiliki suara lebih berisik.

    Polusi suara yang dihasilkan membuat sebagian orang merasa tidak nyaman, belum lagi asap pekat yang keluar dari lubang knalpot.

    Terdapat beberapa cara mudah untuk membuat suara mesin mobil diesel terdengar lebih halus agar berkendara terasa lebih nyaman.

    Namun perlu diketahui, terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi suara mesin diesel terdengar lebih kasar dari sebelumnya.

    Hal itu biasanya dipengaruhi dari kondisi komponen di dalam mesin, penggunaan bahan bakar, serta perawatan yang jarang dilakukan.

    Dan berikut ini adalah beberapa cara bikin suara mesin diesel halus yang dapat kalian lakukan.

    Baca juga: Baru Pertama Pakai Mobil Diesel? Ingat, Jangan Langsung Mematikan Mesin!

    1. Cara Bikin Suara Mesin Diesel Halus, Ganti Filter Solar

    cara bikin mesin diesel halus

    Penggantian filter solar wajib dilakukan secara berkala

    Salah satu penyebab suara mesin diesel mobil terdengar jadi lebih keras dibandingkan saat pertama kali membeli yakni filter solar yang kotor.

    Penyebab filter solar kotor yang paling utama adalah karena penggunaan bahan bakar diesel dengan angka cetane yang rendah.

    Bahan bakar diesel dengan angka cetane rendah bisa membuat filter solar kotor lantaran bahan bakar tersebut memiliki kandungan sulfur dan air yang cukup tinggi.

    Dengan begitu besarnya residu kotoran membuat filter solar menjadi cepat kotor.

    Filter solar berfugsi untuk menyaring kotoran yang tercampur pada bahan bakar.

    Cara yang bisa dilakukan untuk membuat suara mesin diesel terdengar halus yakni melakukan pembersihan filter solar di setiap kelipatan 10.000 km.

    Selain melakukan pembersihan filter solar yang kotor secara berkala, pemilik juga diwajibkan untuk melakukan penggantian filter solar setiap penggunaan 20.000 km.

    Hal ini juga dilakukan untuk menghindari kerusakan pada nozzle yang diakibatkan dari kotoran pada solar yang ikut terbawa masuk ke ruang mesin.

    2. Gunakan Bahan Bakar yang Tepat

    cara bikin mesin diesel halus

    bio solar

    Penggunaan bahan bakar dengan kandungan sulfur tinggi juga dapat menyebabkan suara mesin diesel terdengar lebih kencang.

    Selain itu pemakaian bahan bakar jenis ini juga dapat menyebabkan pembakaran di dalam ruang mesin menjadi kurang optimal.

    Pemakaian solar dengan kadar sulfur rendah pada mesin juga memiliki zat aditif yang dirancang untuk membersihakan injektor atau nozzle.

    Hal tersebut lah jadi salah satu peran penting yang membuat suara mesin diesel terdengar lebih halus.

    Baca juga: Rekomendasi BBM Mobil Diesel Euro 4, Ini Perbedaan Dexlite dan Pertamina Dex

    3. Melakukan Kalibrasi

    cara bikin mesin diesel halus

    Proses kalibrasi nozzle

    Mobil diesel dengan teknologi diesel common-rail memiliki nozzle dengan lubang yang kecil sebagai sistem pengkabutan bahan bakar di dalam mesin.

    Telat melakukan pembersihan dan penggantian filter solar dapat menyebabkan lubang nozzle tersumbat kotoran, yang juga mengakibatkan suara mesin terdengar jadi lebih kasar.

    Karena itulah cara bikin suara mesin diesel halus kembali yakni melakukan kalibrasi nozzle.

    4. Menggunakan Oli Berkualitas

    cara bikin mesin diesel halus

    Oli mesin diesel

    Cara lainnya membuat suara mesin diesel terdengar lebih halus yakni menggunakan oli dengan kualitas tinggi.

    Oli mesin dengan kualitas tinggi mempunyai peran penting untuk mengurangi gesekan antar komponen mesin, yang dapat menghasilkan suara kasar.

    Oli yang baik tidak hanya melumasi mesin dengan lebih efektif tetapi juga membantu mendinginkan mesin dan membershkan kotoran yang dapat menyebabkan kerusakan.

    Untuk itu gunakan oli dengan angka viskositas dan spesifikasi yang direkomendasikan oleh pabrikan untuk mobil kesayangan.

    Selain itu juga lakukan penggantian oli mesin secara rutin sesuai dengan interval yang disarankan, untuk mengurangi suara kasar pada mesin juga sekaligus berfungsi menjaga performa mesin agar tetap optimal.  

    Baca juga: Pengguna Mobil Diesel Wajib Tahu, Ini Ciri Nozzle Mulai Rusak

    Source link

    berita