More
    HomeOtomotif7 Trik Memilih Tempat Salon Mobil Terdekat yang Bagus

    7 Trik Memilih Tempat Salon Mobil Terdekat yang Bagus

    Memilih salon mobil bagus terdekat di kota kalian, mungkin menjadi hal yang kerap ditanyakan para pemilik kendaraan ketika hendak melakukan perawatan mobil kesayangannya.

    Bukan tanpa sebab memang, karena tempat salon mobil bagus terdekat tidak bisa dilihat hanya dari fisik bangunannya yang bagus, namun juga perlu memperhatikan beberapa elemen tertentu.

    Apalagi ketika berbicara tentang perawatan mobil, maka si pemilik tentunya ingin kendaraan itu bisa tampil lebih baik, bahkan mungkin jadi seperti baru lagi pasca selesai dikerjakan salon detailing mobil tersebut.

    Jangan sampai akibat hanya mengejar salon mobil yang murah, namun hasil akhirnya sangat mengecewakan, seperti kaca depan mobil jadi bergelombang, atau timbul bercak di permukaan cat bodi kendaraan.

    Karenanya, penting untuk memilih salon mobil yang tepat demi memastikan kendaraan kalian dalam kondisi terbaik saat dikerjakan di tempat itu.

    Namun, dengan banyaknya pilihan tempat detailing kendaraan yang tersedia, termasuk maraknya jasa salon mobil panggilan, bagaimana cara memilih salon mobil bagus terdekat? 

    Di artikel ini Autofun akan coba memberikan panduan lengkap bagi kalian yang ingin memastikan kendaraan mendapatkan perawatan terbaik dengan memilih tempat detailing mobil yang bisa memberikan hasil maksimal.

    Baca juga: Biar Kinclong Terus Saat Musim Pancaroba, Pilih ke Salon Mobil Atau Perawatan di Rumah?

    Manfaat Rutin ke Salon Mobil

    salon mobil bagus terdekat

    Bukan sekedar biar bikin mobil terlihat lebih bersih

    Sebelum masuk ke dalam tips memilih tempat perawatan eksterior dan interior mobil yang tepat, penting untuk memahami mengapa perawatan di salon mobil yang bagus itu penting. 

    Sebab tempat poles mobil yang berkualitas tidak hanya membersihkan kendaraan kalian dari debu atau kotoran, tetapi juga membantu menjaga nilai jual dan memperpanjang umur pakai kendaraan. 

    Namun mungkin pertanyaan selanjutnya yang juga banyak dilontarkan pemilik kendaraan adalah: “Seberapa sering harus ke salon mobil untuk melakukan perawatan kendaraan?

    Suparna selaku Kepala Bengkel Auto2000 Pramuka, Jakarta Timur menuturkan, sebenarnya untuk poles bodi mobil bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

    “Misalnya kalau mobil saat digunakan sering terkena matahari dan hujan, atau saat melihat warna bodi mulai redup, tidak cerah lagi,” kata dia.

    salon mobil bagus terdekat

    Saat kondisi mobil mulai kusam, sebaiknya lakukan perawatan lebih advance

    Namun biar kondisi bodi mobil kinclong terus, beberapa tempat detailing kendaraan menghimbau agar setiap 2-3 kali dalam setahun boleh melakukan detailing pada kendaraan untuk membersihkan kotoran yang ada di bodi eksterior, interior, maupun ruang mesin.

    Tetapi jika mobil kalian sudah di coating, maka cukup lakukan perawatan sekali setahun atau tiap 6 bulan sekali demi menjaga kualitas dari coating tersebut.

    Oh ya, yang perlu diketahui juga, jika kalian membeli mobil baru, ada baiknya langsung lakukan coating pada permukaan cat kendaraan itu, biar warnanya bisa bertahan lama seperti baru terus. 

    Selain soal mempertahankan warna cat dan kebersihan ruang mesin, berikut ini adalah beberapa manfaat dari perawatan di salon mobil jika rutin kalian lakukan:

    Pemberian lapisan wax atau bahkan coating yang dilakukan pada permukaan bodi kendaraan tentunya dapat melindungi cat dari kerusakan akibat sinar UV dan faktor lingkungan lainnya.

    • Menjaga Kebersihan Mobil 

    Dengan perawatan mobil olhe pihak yang profesional menggunakan produk dan teknik terbaik, bisa memastikan mobil kalian bersih luar dalam.

    Mobil yang bersih dan terawat meningkatkan kenyamanan berkendara.

    • Menjaga Nilai Jual Kendaraan

    Mobil yang terawat dengan baik pastinya akan terlihat menarik oleh orang lain dan nantinya bisa memiliki nilai jual yang lebih tinggi daripada yang kurang terawat.

    Baca juga: 5 Tahapan Cuci Mobil Sendiri di Rumah Biar Bersih dan Gak Timbul Baret-baret

    Kriteria Memilih Salon Mobil Bagus Terdekat

    Setelah mengetahui apa saja manfaat rutin melakukan perawatan ke salon mobil, serta seberapa sering dianjurkan datang ke tempat itu, maka kali ini kami akan beberkan cara memilih bengkel salon mobil yang bagus.

    1. Reputasi dan Ulasan Pelanggan

    salon mobil bagus terdekat

    Perhatikan ulasan yang diberikan terkait tempat salon mobil tersebut

    Reputasi adalah faktor penting yang perlu dipertimbangkan saat memilih sebuah tempat umum, termasuk juga tempat perawatan mobil. 

    Karena itulah pastikan untuk menggali informasi sebanyak-banyaknya mengenai bengkel salon mobil, mulai dari yang lokasinya paling dekat dengan posisi kalian saat ini.

    Kalian bisa memulai dengan mencari ulasan dan testimoni pelanggan di internet, seperti situs resmi bengkel tersebut, media sosial, atau bahkan rating pada Google.

    Karena ulasan-ulasan yang diberikan tersebut seringkali memberikan gambaran yang jelas tentang kualitas layanan yang ditawarkan.

    Bukan cuma mencari mana yang paling banyak diberi penilaian positif, tetapi perhatikan juga jika salon tersebut diberi ulasan negatif namun kemudian pihak salon merespon ulasan tadi, ini bisa menjadi indikator bagaimana mereka menangani keluhan pelanggan.

    2. Periksa Paket Layanan yang Ditawarkan

    salon mobil bagus terdekat

    Pilih paket perawatan yang sesuai kebutuhan dan budget

    Setiap tempat detailing mobil tentunya menawarkan berbagai jenis layanan perawatan kendaraan.

    Salon mobil yang yang bagus  satu dari beberapa indikatornya akan menawarkan lebih dari satu paket perawatan, seperti detailing eksterior, detailing interior, poles kaca, quick maintenance, sampai penanganan special case seperti menghilangkan baret atau coating.

    Pastikan tempat yang hendak dipilih menawarkan layanan yang kalian butuhkan, tidak perlu ambil paket yang paling mahal, jika kondisi kendaraan masih terlihat baik, cukup lakukan perawatan biasa atau sedang dmei mengembalikan kondisi kendaraan agar kembali segar.

    Bandingkan layanan yang ditawarkan beberapa salon mobil sebelum membuat keputusan mau datang ke tempat yang mana.

    Sebagai acuan, berikut ini beberapa layanan yang umumnya ditawarkan tempat poles mobil:

    • Cuci dan detailing
    • Poles dan waxing
    • Detailing interior
    • Pembersihan ruang mesin
    • Poles Kaca
    • Detailing dan coating

    Baca juga: Segini Biaya Perawatan di Salon Mobil dari Body Sampai Mesin

    3. Bandingkan Harga dan Paket Layanan Salon Mobil Bagus Terdekat

    salon mobil bagus terdekat

    Ada paket perawatan hanya cuci dan wax, ada pula yang smapai detailing dan coating

    Harga adalah faktor penting dalam memilih tempat detailing mobil, tetapi di satu sisi jangan juga tergiur dengan harga murah yang mungkin mengorbankan kualitas layanan. 

    Beberapa salon mobil menawarkan paket layanan dengan harga yang mungkin lebih terjangkau dibanding tempat lainnya.

    Karena itulah sebelum memutuskan hendak kemana, bandingkan harga layanan dari beberapa salon mobil di lokasi kalian untuk menentukan yang sesuai dengan budget yang sudah disiapkan.

    Pastikan juga semua biaya yang tercantum dalam paket layanan itu tidak ada biaya tersembunyi, misalnya biaya booking atau lainnya.

    4. Analisa Pengerjaan

    salon mobil bagus terdekat

    Pastikan tempat itu sudah menangani cukup beragam jenis kendaraan

    Tempat salon mobil bagus terdekat biasanya memiliki staf yang berpengalaman dan terlatih serta ditunjang peralatan yang modern dan berkualitas. 

    Pengalaman yang luas dalam menangani berbagai jenis mobil dan perawatan khusus adalah tanda bahwa mereka dapat dipercaya.

    Karena itulah kalian wajib melakukan sedikit penelitian sebelum memutuskan apakah hendak memakai jasa tempat tersebut atau tidak.

    Caranya kalian bisa cari informasi lebih dulu terkait tempat tersebut, untuk menemukan fakta berapa lama salon tersebut sudah beroperasi, dan mobil jenis apa saja yang sudah mereka tangani.

    Cari tahu juga apakah teknisi mereka memiliki sertifikasi atau pelatihan khusus.

    Dengan pengalaman yang memadai, menunjukkan tempat itu bisa melakukan perawatan kendaraan dengan hasil yang memuaskan.

    5. Kualitas Produk yang Digunakan

    salon mobil bagus terdekat

    Pastikan menggunaan alat lengkap dan produk berkualitas

    Kualitas produk yang digunakan oleh tempat detailing kendaraan sangat penting untuk hasil akhir yang maksimal. 

    Biasanya ini akan berkaitan dengan harga paket perawatan yang ditawarkan tempat tersebut.

    Harga paket poles mobil yang cukup terjangkau umumnya menggunakan produk berkualitas rendah, tetapi ini berisiko merusak mobil kalian dalam jangka panjang.

    Mungkin saat baru keluar dari bengkel salon mobil itu, kendaraan akan terlihat kinclong, namun seiring berjalannya waktu, kondisi permukaan cat malah memudar, sehingga bisa merugikan kalian.

    Untuk itulah tanyakan lebih dulu merek produk yang digunakan oleh tempat perawatan kendaraan tersebut, mulai dari peralatan cuci bodi, alat poles, hingga produk untuk wax dan coating yang biasa mereka pakai.

    Pastikan mereka menggunakan produk berkualitas tinggi dan aman untuk kendaraan kalian.

    6. Lokasi dan Kemudahan Akses

    salon mobil bagus terdekat

    Kapasitas tempat salon mobil juga wajib jadi bahan pertimbangan

    Memilih salon mobil bagus terdekat dari lokasi kalian tentu lebih praktis. 

    Selain menghemat waktu dan biaya transportasi, juga lebih mudah mengatur jadwal perawatan mobil.

    Karena itulah gunakan Google Maps atau aplikasi sejenis untuk mencari lokasi bengkel detailing mobil yang sudah kalian incar itu.

    Jika dirasa cukup jauh, periksa apakah mereka punya cabang lain yang lebih dekat dengan lokasi kalian.

    Perhatikan juga kemudahan akses, apakah lokasinya di daerah yang selalu macet parah atau tidak, kemudian tanyakan juga terkait daya tampung dan fasilitas parkir di salon mobil tersebut, sehingga memudahkan kalian jika tiba di lokasi namun ternyata sedang banyak pelanggan lain.

    7. Garansi dan Jaminan Layanan

    salon mobil bagus terdekat

    Salon mobil berkualitas berani berikan garansi atas hasil kerjanya

    Tempat detailing mobil yang baik biasanya memberikan garansi atau jaminan atas layanan yang mereka berikan. 

    Ini menunjukkan bahwa mereka percaya dengan kualitas kerja mereka dan siap memperbaiki jika ada masalah.

    Kesimpulan

    Memilih salon mobil berkualitas bukanlah tugas yang mudah, tetapi dengan panduan yang tepat, kalian dapat membuat keputusan yang lebih informatif. 

    Ingatlah untuk mempertimbangkan reputasi, pengalaman, layanan yang ditawarkan, harga, lokasi, kualitas produk yang digunakan, dan garansi layanan. 

    Dengan memperhatikan semua faktor ini, kalian dapat memastikan mobil kesayangan mendapatkan perawatan terbaik yang akan membantu menjaga penampilannya dan memperpanjang umur pakainya.

    @garasi.autofun Lagi ngecas ehh tetiba hujan… Yaa kita lanjut aja karena charger dan sistemnya sudah didesain sedemikian rupa agar tetap aman di berbagai kondisi cuaca. #mobillistrikindonesia #mobillistrik #ioniq6 #hyundai #mobilbaru #bandung ♬ 80s, Synthwave, Retro Pop(1151104) – Gloveity

    Source link

    berita