More
    HomeKesehatanCara Deteksi Dini Kanker Tiroid, Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah Bermodalkan Cermin

    Cara Deteksi Dini Kanker Tiroid, Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah Bermodalkan Cermin

    Benjolan atau kanker tiroid memiliki sifat pertumbuhan yang lebih lamban dibandingkan dengan jenis kanker lainnya. Bahkan, penderitanya bila dilihat statistiknya di Rumah Sakit Darmais Jakarta, penderita kanker tiroid menduduki ranking ketujuh, dibandingkan penderita kanker paru, payudara, hingga serviks. 

    “Meski begitu, bila ditemukan ada benjolan di leher, maka wajib dibiopsi lalu diangka dengan operasi. Pengangkatan jaringan kanker, termasuk Sebagian atau seluruh kelenjar tiroid,” ujar Alif.

    Setelah itu, bisa dilakukan terapi. Yakni dengan terapi ablasi iodi radioktif, kemoterapi, hingga hormon tiroid pasca-operasi. 

    Seiring berkembangnya zaman, kanker tiroid ini juga bisa dihilangkan dengan cara pengobatan nuklir. Dimana, pasien akan melakukan serangkaian tata laksana untuk pengobatan tersebut, yakni meminum obat yang mengandung nuklir.

    “Ada beberapa cara untuk menangani kanker ini, bisa dengan kemoterapi, operasi dan terakhir menggunakan nuklir. Nuklir disini berbentuk obat, pil atau tablet yang diminum pasien. Pengobatan ini juga sebagai langkah akhir dari rangkaian,”katanya. 

    Contoh kasus, ada pasien operasi kanker tiroid, dan ternyata setelah dilakukan MRI ulang, masih ada jaringan kanker yang tertinggal di bagian yang vital dan tidak bisa diangkat karena berisiko besar. Maka, pembasmiannya dengan menggunakan obat tersebut. 

    “Itupun, pasien akan masuk ke dalam ruangan khusus selama 2 sampai 3 hari. Menginsolasikan diri, karena dalam tubuhnya ada radiasi, setelah dinilai bersih dari radiasi, diperbolehkan pulang,” katanya.

    Source link

    berita