More
    HomeBeritaWali Kota Semarang Tidak Terlihat saat Kantornya Digeledah KPK

    Wali Kota Semarang Tidak Terlihat saat Kantornya Digeledah KPK

    Liputan6.com, Jakarta Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menggeledah sejumlah lokasi di Semarang, Jawa Tengah, terkait dugaan korupsi gratifikasi hingga pemerasan.

    Salah satu lokasi yang digeledah yakni kantor Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu alias Mbak Ita. Hanya saja selama penggeledahan itu, Mbak Ita tidak terlihat batang hidungnya.

    Juru Bicara (Jubir) KPK, Tessa Mahardika Sugiarto, mengatakan tim penyidik masih fokus pada penanganan perkara korupsi. Proses penggeledahan itu juga hingga saat ini masih berlangsung.

    “Sampai dengan saat ini satgas penyidik masih berfokus melakukan kegiatan di Semarang sebagaimana teman-teman ketahui di beberapa tempat,” ucap Tessa di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Jumat (19/7/2024).

    Tessa tidak merespons secara jelas perihal keberadaan Hevearita Gunaryanti Rahayu. Tapi dia menyebut tidak menutup kemungkinan politikus PDIP itu juga akan diperiksa.

    “Jadi apabila ditanya apakah akan dimintai keterangan yang bersangkutan, tentunya akan dimintai keterangan,” Tessa menegaskan.

    “Kapannya belum bisa disampaikan. Kembali lagi, karena masih berkegiatan atau kegiatan masih berlangsung di Kota Semarang,” lanjut dia.

    Sejumlah Dokumen Disita

    Terkait dengan penggeledahan di Semarang, kata Tessa, tim penyidik antirasuah telah menyita dokumen perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) hingga catatan aliran dana.

    “Dari proses tersebut telah dilakukan penyitaan beberapa dokumen, salah satunya adalah terkait perubahan APBD, catatan aliran dana,” ujar Tessa.

    Selain itu, ada juga sitaan lain yakni sebuah dokumen elektronik yang tersimpan di dalam komputer. Bahkan beberapa handphone juga turut disita oleh penyidik.

    Tessa menegaskan proses penggeledahan hingga saat ini masih terus berlangsung. Dia juga menyebut penggeledahan tidak sampai di luar Kota Semarang.

    “Sampai saat ini kegiatan penyidikan masih berlangsung. Untuk lokasinya hanya di Kota Semarang, tidak keluar dari Kota Semarang. Ada beberapa tempat yang telah dilakukan kegiatan penyidikan,” ucap Tessa.

    Ada yang istimewa dalam pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Wali Kota Semarang sisa masa jabatan 2021-2026, Hevearita Gunaryanti Rahayu di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Kompleks Kantor Gubernur Jawa Tengah.

    Source link

    berita