More
    HomeOtomotif6 Alasan Mengapa Hyundai IONIQ 5 Juga Asyik Dipakai Berpetualang

    6 Alasan Mengapa Hyundai IONIQ 5 Juga Asyik Dipakai Berpetualang

    hyundai ioniq 5 giias 2024

    Menyebut nama Hyundai IONIQ 5 semua orang pasti sudah paham betul jika ini merupakan lini kendaraan listrik Hyundai yang telah dikenal berkat teknologi serta inovasi yang dihadirkan. 

    Selain itu Hyundai IONIQ 5 juga pelopor kendaraan elektrifikasi berbasis baterai (BEV) di Indonesia. Bahkan IONIQ 5 pun menjadi kendaraan full electric pertama yang diproduksi di pabrik Hyundai di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

    Tidak hanya menemani keseharian penggunanya demi mendukung program pemerintah untuk percepatan langit bersih, IONIQ 5 juga telah dipercaya menjadi kendaraan resmi KTT ASEAN 2023 hingga World Water Forum 2024.

    Sebagai kendaraan full listrik, IONIQ 5 juga punya beberapa keuntungan yang bisa dinikmati pemiliknya, mulai dari biaya charging listrik yang jauh lebih murah daripada isi bensin, sampai bebas ganjil genap di beberapa ruas jalan protokol di Ibukota.

    hyundai ioniq 5 giias 2024

    IONIQ 5 juga jadi lini produk terbaik Hyundai yang tampil di GIIAS 2024

    Walau begitu, IONIQ 5 tak sekedar sebagai kendaraan demi menemani mobilitas harian para penggunanya. Mobil listrik tersebut juga sangat menyenangkan jadi partner untuk berpetualang di akhir pekan bersama keluarga maupun teman terdekat.

    Nah berikut ini beberapa alasan mengapa Hyundai IONIQ 5 punya daya pikat yang begitu kuat untuk menemani kehidupan kalian kemana pun kalian mau.

    Harga Hyundai IONIQ 5 terbaru OTR Jakarta – PPN 1%:

    • IONIQ 5 Signature Long Range: Rp 816.000.000
    • IONIQ 5 Signature Standard Range: Rp 770.400.000
    • IONIQ 5 Prime Long Range: Rp 750.400.000
    • IONIQ 5 Prime Standard Range: Rp 713.000.000

    Baca juga: Begini Perjalanan Hyundai IONIQ 5 N dari Awal Muncul Sampai Akhirnya Masuk Pasar

    1. Eksterior Futuristik yang Menggoda

    hyundai ioniq 5 giias 2024

    Lampu parametric pixel menguatkan kesan futuristik

    Kesan pertama melihat IONIQ 5 tentu saja ada di bagian eksterior. Kendaraan ini memang punya aura yang cukup kuat berkat gaya desain Parametric Pixel perpaduan nuansa analog dan pixel digital dibagian depan dan belakang.

    Guratan tubuhnya juga begitu berkarakter mulai dari Clamshell Hood lekuk bemper depan, desain wheel arch yang diberi aksen khusus, sampai desain velg model turbin yang ikonik sehingga memberikan kesan orisinil dan tidak lekang oleh waktu.

    Gagang pintu otomatis Flush Door Handles dan Hidden Charging Port Door bukan hanya memperlihatkan gaya permukaan yang mulus tapi sekaligus meningkatkan efisiensi aerodinamis.

    Adapun pada area belakang terlihat rear lamp pada IONIQ 5 juga diciptakan dengan desain parametric pixel yang juga memberikan kesan orisinil pada mobil.

    Buat pilihan sesuai selera kalian, Hyundai menyediakan beberapa opsi warna eksterior, yakni Optic White, Titan Gray Metallic, Magnetic Silver Metallic, Midnight Black Pearl, dan Gravity Gold Matte.

    2. Kabin Nyaman dengan Teknologi Terdepan

    hyundai ioniq 5 giias 2024

    Head unit 12.3-inch Full TFT LCD

    Jika dari luar IONIQ 5 sudah punya kharisma yang begitu kuat, maka di sisi interiornya juga tidak kalah untuk meninggalkan kesan mendalam.

    Hyundai membekali IONIQ 5 dengan head unit 12.3-inch Full TFT LCD Touch Audio Display yang dapat terhubung ke smartphone secara nirkabel lewat fitur Bluetooth, atau disambungkan dengan USB multimedia port yang tersedia. 

    Makin kental nuansa premium, perangkat entertainment ini juga sudah dipadukan dengan perangkat audio garapan BOSE yang berjumlah 8 speakers guna menghasilkan kualitas suara terbaik.

    Bicara segi kenyamanan, IONIQ 5 telah disematkan power adjustment seat with lumbar tersedia di dua bangku pengemudi dan penumpang depan. Selain itu semua bangkunya sudah dilengkapi memory seat configuration, serta front heated and ventilated seat, rear heated seat dan relaxation comfort seat di baris pertama.

    Keberadaan Vision Roof dan Universal Island, serta konsol tengah yang fleksibel juga didesain untuk menyesuaikan kebutuhan ruang pengguna.

    Material interior dari IONIQ 5 menggunakan bahan kulit yang memiliki keistimewaan tersendiri. Berpadu material ramah lingkungan untuk hidup yang berkelanjutan digunakan di seluruh bagian kabin. 

    Inilah nuansa berbeda yang hanya bisa ditemukan pada IONIQ 5.

    Baca juga: Pabrik Baterai Hyundai Indonesia Diresmikan Juni 2024, Harga Mobil Listrik Ioniq 5 Bisa Turun?

    3. Jarak Tempuh Baterai

    hyundai ioniq 5 giias 2024

    Daya jelajah baterainya bisa sampai 451 km

    IONIQ 5 merupakan mobil listrik pertama yang menggunakan Electric-Global Modular Platform (E-GMP), yang dirancang khusus oleh Hyundai Motor Group untuk model mobil listriknya.

    E-GMP memungkinkan IONIQ 5 untuk memiliki kapasitas baterai yang besar. Pada varian Standard Range dilengkapi baterai berkapasitas 58 Kwh untuk dan di tipe Long Range berkapasitas 72,6 KWh, yang semuanya menggunakan baterai berjenis Liquid Cooled Lithium-ion.

    Tipe Prime Standard dan varian Signature Standard baterai ini dapat dikendarai sejauh 384 km, kemudian untuk tipe Prime Long Range baterainya punya daya jelajah 481 km, sementara untuk model Signature Long Range punya kemampuan jarak tempuh 451 km. 

    Selain itu seluruh varian mobil ini juga punya kemampuan memungkinkan pengisian daya menggunakan ultra fast charging dan kompatibilitas dengan berbagai infrastruktur pengisian daya listrik yang ada di Indonesia.

    Dari segi performa, tipe Prime Standard dan Signature Standard mampu membuat IONIQ 5 berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dalam waktu 8,5 detik. Sedangkan tipe Prime Long Range dan Signature Long Range mampu membuat mobil berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam hanya dalam 7,4 detik.

    IONIQ 5 juga memiliki Paddle Shifter untuk regenerative braking, yaitu sebuah sistem yang akan mengisi daya baterai mobil dengan memanfaatkan energi kinetik yang dihasilkan saat mobil tengah melakukan deselerasi. Kemudian buat pengemudi juga memiliki 3 Drive Mode yakni: Eco, Normal, dan Sport.

    4. Fitur Konektivitas dan Keselamatan Aktif yang Lengkap

    hyundai ioniq 5 giias 2024

    Hyundai Bluelink

    Berkendara dengan Hyundai IONIQ 5 juga tak hanya menjanjikan kenyamanan dan bebas kekhawatiran dalam hal pengisian daya baterai, tapi juga konektivitas dan keselamatan untuk setiap pengemudi dan penumpangnya. Dengan adanya Hyundai Bluelink, pemilik dapat dengan mudah terhubungung dengan kendaraan melalui smartphone. 

    Dengan Hyundai Bluelink, pengguna dapat melakukan Remote Start & Stop Climate Control, Remote Open & Close Charging Door, Remote Start & Stop Charging, hingga memeriksa Charging Status hanya dari ponsel di genggaman

    Selain itu untuk menunjang keselamatan berkendara, IONIQ 5 dilengkapi perangkat ADAS bernama Hyundai SmartSense. Sistem bantuan pengemudi mutakhir ini memiliki banyak manfaat buat pengguna. Intinya, membantu memberikan keamanan lebih dari potensi bahaya pada saat mengemudi, baik saat diajak melesat di kota maupun saat perjalan jauh.

    Berikut ini fitur Hyundai SmartSense yang ada di IONIQ 5:

    • Smart Cruise Control (SCC)
    • Forward Collision-avoidance Assist (FCA)
    • Driver Attention Warning (DAW)
    • Lane Keeping Assist (LKA) 
    • Lane Following Assist (LFA)
    • Safe Exit Assist (SEA)
    • Blind-spot Collision-avoidance Assist (BCA)
    • Smart Cruise Control with Stop & Go Function (SCC)
    • Rear Cross-traffic Collision-avoidance Assist (RCCA)
    • Surround View Monitor (SVM)
    • High Beam Assist (HBA)

    Selain itu ada juga fitur keselamatan lain seperti Anti-lock Braking System (ABS), Brake Assist System (BAS), Electronic Stability Control (ESC), Hill-start Assist Control (HAC), Vehicle Stability Management (VSM), Emergency Stop Signal (ESS), Rear Occupant Alert (ROA), Virtual Engine Sound System (VESS), Electric Parking Brake (EPB) with Auto Hold, Tire Pressure Monitor System (TPMS), Parking Distance Warning (PDW), view monitor dan 6 Airbags.

    Baca juga: Hyundai IONIQ 5 Dipakai Touring Keliling 5 Negara di ASEAN, Berapa Tarif Ngecasnya?

    5. Bisa Jadi Genset Portable

    hyundai ioniq 5 giias 2024

    Punya fitur V2L

    Keunggulan Hyundai IONIQ 5 lainnya adalah keberadaan teknologi Vehicle-to-Load (V2L) yang memungkinkan pengguna untuk mengisi daya berbagai peralatan elektronik dimana saja dan kapan saja.

    Secara sederhana, mobil bukan cuma bisa menerima daya listrik dari SPKLU untuk mengisi daya baterainya, tapi baterai yang ada di mobil tersebut juga bisa mengalirkan listrik buat peralatan elektronik lain di luar kendaraan.

    Adapun fitur V2L dapat memasok daya listrik AC (230V/50Hz) dengan konsumsi daya maksimum hingga 3,6 kW. Fitur V2L ini pun sudah dilengkapi dengan sistem yang mampu mencegah overload untuk menjamin keamanan pengisian daya.

    Fitur V2L tentunya akan memberi kebebasan untuk mengisi alat-alat elektronik di berbagai momen perjalanan. Misalnya kalau lagi bepergian sambil bekerja secara mobile maka bisa tetap mengecas smartphone maupun laptop di dalam kendaraan. 

    Lalu, bagi kalian yang ingin melakukan road trip atau mudik, fitur V2L akan memungkinkan pengguna mengubah kendaraan sebagai mobile snack bar untuk menikmati momen istirahat di rest area dengan lebih praktis.

    Kemudian, untuk yang mau camping tapi tak mau repot bawa genset, kedua mobil listrik ini juga bisa menjadi solusi sebab bisa mengaktifkan berbagai perangkat seperti kompor listrik portable, coffee maker, hingga perlengkapan hiburan seperti gaming console atau TV.

    6. Bebas Perawatan Hingga 5 Tahun

    hyundai ioniq 5 giias 2024

    Garansi baterai hingga 8 tahun

    Punya IONIQ 5 juga gak perlu ribet urusan perawatan berkala, sebab Hyundai sudah memberikan fasilitas layanan purna jual yang memperingan setiap konsumennya.

    Antara lain berupa gratis biaya jasa perawatan selama 5 tahun atau 75.000 km. Kemudian gratis biaya suku cadang untuk perawatan berkala selama 3 tahun atau 45.000 km, garansi dasar selama 3 tahun atau 100.000 km, serta garansi baterai selama 8 tahun atau 160.000 km.

    Tak cuma itu, ada juga EV Free Insurance, yang merupakan program asuransi gratis All Risk hingga 2 tahun khusus untuk pembelian IONIQ 5.

    Untuk merasakan langsung pengalaman berkendara IONIQ 5, kunjungi booth Hyundai di Hall 10B ICE BSD di GIIAS 2024.

    @autofun.indonesia Cek dulu Cing, catatan konsumsi energi Hyundai Ioniq 6 waktu libur lebaran lalu! #reviewmobil #hyundai #ioniq6 #reviewmobillistrik #ev #mobillistrik #tipsmobil ♬ 80’s style background music(1405364) – Green Woodpecker

    Source link

    berita