More
    HomeKesehatanTerhindar dari Penyakit Berbahaya dengan Doa Mustajab Rasullah SAW, Hidup Sehat dan...

    Terhindar dari Penyakit Berbahaya dengan Doa Mustajab Rasullah SAW, Hidup Sehat dan Panjang Umur

    Ada berbagai penyakit yang dapat membahayakan kesehatan kita. Penyakit-penyakit ini bisa menyerang siapa saja dan memiliki dampak yang serius jika tidak ditangani dengan baik. 

    Setiap tahun, jutaan manusia meninggal karena berbagai penyakit. Kondisi ini juga dialami di Indonesia, ketika data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 menunjukkan peningkatan prevalensi penyakit tidak menular yang menjadi penyebab kematian tertinggi di negara ini.

    Berikut adalah lima jenis penyakit yang memerlukan perhatian khusus karena tingginya angka kematian yang disebabkan, seperti dikutip dari situs resmi Siloam Hospital.

    1. Diabetes Melitus

    Diabetes melitus adalah salah satu penyakit berbahaya penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Prevalensi diabetes melitus meningkat dari 6,9 persen menjadi 8,5 persen pada 2018. Penyakit ini dapat mengurangi harapan hidup penderita hingga lima s.d 10 tahun.

    Diabetes melitus dapat menyebabkan komplikasi serius yang berdampak buruk pada mata, jantung, ginjal, kulit, saraf, dan saluran pernapasan. Oleh karena itu, penting bagi masyarakat untuk berhati-hati dan menjaga pola hidup sehat agar terhindar dari diabetes melitus.

    2. Hipertensi

    Tidak banyak yang menyadari bahwa hipertensi adalah salah satu penyakit penyebab kematian tertinggi di Indonesia.

    Data menunjukkan bahwa prevalensi hipertensi meningkat dari 25,8% pada tahun 2013 menjadi 34,1 persen pada tahun 2018, menyebabkan sekitar 8 juta kematian per tahun.

    Hipertensi sering disebut ‘the silent killer’ karena banyak penderitanya tidak menunjukkan gejala, sehingga tidak menyadari bahwa mereka menderita hipertensi. Sering kali hipertensi baru terdeteksi setelah terjadi komplikasi serius. Karena itu, tidak heran jika hipertensi menjadi salah satu penyebab kematian utama di Indonesia.

    3. Gagal Ginjal Kronis

    Gagal ginjal kronis merupakan salah satu penyakit penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Pada 2015, tercatat ada 30.554 pasien aktif yang menjalani dialisis, sebagian besar adalah penderita gagal ginjal kronis.

    Prevalensi gagal ginjal kronis meningkat dari dua persen pada 2013 menjadi 3,8 persen pada 2018.

    Gaya hidup tidak sehat, diabetes melitus, hipertensi, dan obesitas menjadi faktor penyebab utama gagal ginjal kronis. Deteksi dan penanganan dini sangat penting untuk mencegah meningkatnya angka kematian akibat penyakit ini.

     

    4. Stroke

    Stroke adalah penyakit tidak menular yang menyebabkan kematian terbanyak di Indonesia. Prevalensi stroke meningkat dari 7 persen menjadi 10,9 persen pada 2018. Meskipun stroke lebih sering terjadi pada usia 45-74 tahun, kasus stroke juga banyak ditemukan pada usia 15-24 tahun di Indonesia.

     

    5. Kanker

    Kanker saat ini menjadi penyakit penyebab kematian tertinggi di Indonesia setelah stroke dan hipertensi. Prevalensi kanker meningkat dari 1,4 persen menjadi 1,8 persen pada 2018.

    Merokok adalah faktor risiko utama yang menyebabkan 20 persen kematian akibat kanker dan 70 persen kematian akibat kanker paru-paru di dunia.

     

    Source link

    berita