More
    HomeOtomotifTop 5 Artikel Autofun Sepekan: Hino Dutro vs Mitsubishi Fuso dan MPV...

    Top 5 Artikel Autofun Sepekan: Hino Dutro vs Mitsubishi Fuso dan MPV Nissan Kondisi Seken Lagi Banyak Dicari

    Top 5 Artikel Autofun Sepekan: Hino Dutro vs Mitsubishi Fuso dan MPV Nissan Kondisi Seken Lagi Banyak Dicari 01

    Di tengah gegap gempitanya pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 yang baru saja dihelat 18-28 Juli, ternyata ada yang menarik dari tren pembaca di Autofun.

    Rupanya bukan MPV listrik BYD M6, Volkswagen ID Buzz, AION Hyptec SSR, atau munculnya brand-brand baru seperti Jetour yang menyedot banyak perhatian pembaca.

    Namun artikel-artikel mengenai light truck dari Hino Dutro maupun Mitsubishi Fuso justru menjadi Top 5 Artikel Autofun selama periode sepekan ke belakang.

    Ya, sebuah fenomena yang cukup menarik, lantaran padadata kami tercatat, pembaca mengenai truk Hino  Dutro 136 HDL menjadi yang terbanyak pembacanya. Kemudian jumlah pembaca artikel mengenai truk Mitsubishi Fuso juga tak kalah banyaknya.

    Kemudian diluar informasi seputar truk Hino dan Mitsubishi Fuso ini, Top 5 Artikel Autofun juga banyak diisi oleh ulasan mengenai sejumlah mobil bekas keluaran Nissan.

    Contohnya Nissan Evalia bekas yang saat ini jadi opsi menarik mobil keluarga berdesain boxy. Lalu ada Nissan Livina X-Gear yang ternyata peminatnya sedang tinggi di pekan yang lalu.

    Nah daripada penasaran, berikut daftar Top 5 Artikel Autofun periode 22-28 Juli 2024:

    Baca juga: Top 5 Artikel Autofun Sepekan: Pilihan Motuba Mulai dari Daihatsu Terios Konde sampai Suzuki Carry Futura

    1. Hino Dutro 136 HDL 6×2 Jadi Light Duty Truck Tronton Pertama di Indonesia, Cara Legal Menyiasati ODOL

    hino dutro top 5 autofun

    Truk Hino Dutro 136 HDL

    PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) tercatat pertama kali memperkenalkan Hino Dutro 136 HDL 6×2 pada ajang GIIAS 2022. Ini merupakan model light duty truck pertama di Indonesia dengan konfigurasi 6×2 berjumlahkan 10 roda yang dibuat menggunakan basis 136 HDL 4×2.

    Hino Dutro 136 HDL 6×2 ini menjawab permintaan pasar khususnya di daerah yang membutuhkan kendaraan angkut barang seperti sawit atau perkebunan dengan muatan besar di jalan sempit.

    Memiliki julukan Dutro tronton, untuk kapasitas daya angkut maksimalnya 136 HDL 6×2 mencapai 14 ton. Sedangkan untuk dimensi, Hino Dutro 136 HDL 6×2 dengan versi 4×2 nya sama.

    Dibuat untuk aplikasi bodi tangki CPO, Dutro tronton ini mampu memenuhi kebutuhan angkut tangki CPO sekitar 10 kl (10.000 liter). Dengan tambahan sumbu roda di belakang, menurut regulasi nantinya menjadi 10 ton dengan GVW nya 14 ton. 

    Seperti yang kita tahu, untuk 136 HDL 4×2 regulasinya 5 ton. Dengan begitu nantinya Dutro tronton ini bisa membawa beban lebih berat namun tetap dengan regulasi.

    Sebagai informasi, Hino Dutro 136 HDL 6×2 disematkan mesin N04C-WY berkubikasi 4.009 cc Variable Nozzle Turbocharger; Intercooler; Common Rail Euro 4 yang dapat memeras tenaga 136 PS @2.500 rpm dengan torsi sebesar 392 Nm @1.400-2.500 rpm.

    2. Kelebihan dan Kekurangan Nissan Evalia, Mobil Keluarga dengan Harga Terjangkau

    nissan evalia bekas top 5 autofun

    MPV boxy yang cukup nyaman buat keluarga

    Mobil berjenis Multi Purpose Vehicle (MPV) dengan tampilan boxy beratapkan tinggi ini pertama kali hadir pada 2012. Di negara lain, mobil ini dikenal dengan nama Nissan NV200, yang versi konsepnya muncul perdana pada pameran Tokyo Motor Show 2007.

    Untuk pasar Indonesia, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) selaku agen pemegang merek Nissan saat itu menawarkan dua varian Evalia, yaitu SV dan XV. Satu tahun setelah peluncuran di Tanah Air, mobil yang diproduksi di pabrik Nissan yang berlokasi di Cikampek tersebut, ditambahkan satu tipe lagi sebagai trim terendahnya, yakni St.

    Pada Januari 2014, NMI kembali memperkenalkan varian XV Highway Star (HWS) yang sekaligus merupakan tipe termewahnya. Kala itu, dalam kondisi baru harga Nissan Evalia ada di rentang Rp145 jutaan hingga Rp185 jutaan, tapi semuanya diposisikan sebagai kendaraan penumpang (passenger car).

    Seiring bertambahnya tahun, keberadaan Evalia nyatanya kurang begitu mendapatkan respon positif di hati masyarakat Tanah Air. Tercatat selama 2017 NMI hanya berhasil menjual 17 unit aja.

    Melihat terjadinya penurunan angka penjualan setiap tahunnya, pada 2018 Nissan Indonesia memutuskan untuk menutup seluruh keran penjualan Evalia di dalam negeri.

    Meski saat ini kondisi barunya sudah tak lagi dijajakan, sebagai alternatif kalian bisa memiliki Nissan Evalia dalam kondisi bekas apabila tertarik untuk meminangnya.

    Sebagai informasi, untuk kondisi bekas mobil ini kini dibanderol dengan harga yang bisa dibilang cukup terjangkau, loh. Seperti Nissan Evalia lansiran awal (2012), menurut salah satu situs jual beli mobil bekas, harga bekasnya paling murah kini ditawarkan Rp60 jutaan.

    Tertarik membeli mobil ini sebagai mobil keluarga? Sebaiknya ketahui dulu kelebihan dan kekurangan Nissan Evalia berikut ini.

    3. Mitsubishi Colt Diesel ‘Ragasa’, Truk Light Duty yang Lincah dan Perkasa

    mitsubishi colt fuso ragasa

    Sebelum ganti nama jadi Canter

    Mitsubishi Colt Diesel Ragasa menjadi salah satu kendaraan niaga yang terkenal memiliki spesifikasi mumpuni. Tak heran kalau si kepala kuning, julukan Colt Diesel, jadi truk light duty terlaris di Indonesia.

    Punya nama asli Mitsubishi Colt Diesel 120 PS, ini adalah produk truk ringan dari pabrikan berlogo tiga berlian itu yang terkenal punya kemampuan mesin hebat, tapi sekaligus juga efisiensi bahan bakar yang sangat baik.

    Sedikit kilas balik tentang sejarahnya, Mitsubishi terhitung sudah memproduksi Colt Diesel sejak 1963, dimana truk ini bersaing dengan Isuzu Elf, Hino 300, bahkan Toyota Dyna. 

    Dalam perjalanannya, pabrikan tersebut pernah merilis Colt Diesel FE3 dan FE4 yang dijuluki sebagai Mitsubishi Colt Diesel Ragasa. Adapun perbedaan secara fisik Mitsubishi Colt Diesel FE4 berbentuk kabin lebar, sedangkan FE3 kabin sempit.

    Versi yang pertama muncul pada tahun 1995 yaitu Colt Diesel FE 449E, truk ringan ini masih menggunakan mesin 4d34 (120 ps) sama seperti generasi sebelumnya.

    Nama Colt Diesel sendiri bertahan hingga tahun 2022, namun kemudian Mitsubishi merubah penamaan itu jadi Canter, hingga sekarang. Buat yang penasaran gimana keunggulan Ragasa, yuk baca artikel lengkapnya disini.

    4. Kelebihan dan Kekurangan Nissan Livina X-Gear, Crossover Kompak yang Terjangkau

    nissan livina x-gear bekas top 5 autofun

    MPV bergaya crossover

    Nissan Livina X-Gear dihadirkan untuk menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia akan sebuah mobil hatchback kompak berpenampilan tangguh sekaligus macho.

    Pertama kali diperkenalkan pada pertengahan 2008, varian X-Gear ini dibangun berdasarkan Livina XR yang sanggup dimuati hingga 5 orang sekaligus dengan menyuguhkan ruang kabin lapang.

    Secara penampilan, Livina X-Gear mendapat tambahan kosmetik di area fasadnya guna menampilkan kesan crossover. Seperti yang terlihat untuk eksteriornya, di bumper depan mendapat tambahan body kit serta diffuser.

    Di sisi sampingnya juga mobil ini telah dilengkapi over fender serta body cladding yang membuatnya tampil gagah. Bukan cuma itu, di bagian atapnya pabrikan turut memberikan roof rail yang bisa dimanfaatkan untuk meletakan barang bawaan.

    Untuk bagian buritannya, mobil ini tampak lebih gambot berkat disematkannya body kit pada bumper serta diffuser yang diberi sentuhan warna perak.

    Menengok sisi dalam kabin, Livina X-Gear tidak mendapatkan ubahan yang berarti bila dibandingkan dengan varian XR.

    Bicara mengenai harga bekasnya, untuk pasarannya kini Nissan Livina X-Gear ditawarkan mulai dari Rp70 jutaan. Jika kalian tertarik membelinya, ketahui lebih dulu kelebihan dan kekurangannya berikut ini.

    5. Selisih Hingga Rp20 Jutaan, Apa Sih Bedanya Tipe X dan R di Daihatsu Terios IDS?

    daihatsu terios bekas top 5 autofun

    Simak perbedaannya sebelum membeli

    Daihatsu Terios IDS merupakan line up terbaru Terios yang diluncurkan secara resmi pada Jumat, 17 September 2021 oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku agen pemegang merek. Sama seperti Terios biasa, Terios IDS ini hadir dengan dua trim, yakni X dan R.

    Mengetahui harga baru Daihatsu Terios IDS, setelah diperkenalkan secara resmi Low SUV andalan Daihatsu ini ditawarkan Rp205,1 juta sampai dengan Rp255,6 juta.

    Sebagai varian termahal, tipe R Daihatsu Terios IDS ini terlihat lebih mewah dan sporty dibandingkan X. Dimana pada tipe ini berhasil dilengkapi dengan grille besar beraksen krom, rumah fog lamp dilapisi krom yang dihubungkan dengan kelir hitam, serta under guard yang dilabur warna perak.

    Bagian sampingnya juga terlihat lebih adventure berkat adanya roof rail serta side skirt yang dicat silver serta menggunakan velg berpalang 17 inci dengan warna two-tone. Tidak seperti tipe R, varian X menggunakan velg lebih kecil berdiameter 16 inci Gun Metal Alloy.

    Jika kalian berencana untuk meminangnya, sebaiknya ketahui lebih dulu bedanya tipe X dan R Daihatsu Terios IDS secara lengkap berikut ini.

    Source link

    berita