More
    HomeKesehatanPertama di Indonesia Operasi Penggantian Lutut Menggunakan Teknologi Velys Robotic

    Pertama di Indonesia Operasi Penggantian Lutut Menggunakan Teknologi Velys Robotic

    Liputan6.com, Jakarta Sri Mega Darmi (60) adalah pasien pertama di Indonesia yang menjalani operasi penggantian lutut menggunakan teknologi Velys Robotic.

    Kurang dari satu jam proses operasi penggantian lutut pakai teknologi canggih yang dipimpin Profesor Nicolaas C Budhiparama MD, PHD, SpOT(K) FICS di RS Medistra Jakarta berhasil dilakukan pada 11 Juli 2024.

    Berawal dari keluhan sakit lutut membuat aktivitas Sri jadi terhambat. Lutut yang nyeri membuat dirinya sulit untuk naik tangga dan melakukan gerakan sholat. Ketika dirinya tepat berulang tahun ke 60 beberapa waktu lalu, ia memutuskan untuk mencari pengobatan agar bisa kembali aktif beraktivitas hingga tua nanti.

    “Saya enggak mau tua saya enggak bisa apa-apa, cuma duduk di kursi roda maka saya mencari tahu pengobatan lutut,” kata Sri.

    Setelah berkonsultasi dengan Prof Nico serta menjalani serangkaian pemeriksaan, lutut yang perlu mendapatkan pengobatan dengan cara operasi yakni sebelah kiri.

    Mengenai metode operasi penggantian lutut, saat berkonsultasi ia diberi pilihan untuk menggunakan metode konvensional atau Velys Robotic. Wanita berambut panjang itu pun memilih dengan mantab Velys Robotic.

    “Hari Kamis kan itu operasinya, lalu Sabtu sudah bisa jalan dengan walker. Kemudian pas pulang sudah bisa jalan, bawa tongkat satu untuk berjaga-jaga saja kalau jatuh,” kata Sri.

    Usai menjalani operasi, Sri kini sudah bisa berjalan. Untuk mendukung penyembuhan ia perlu menjalani fisioterapi seminggu tiga kali. 

    Source link

    berita