More
    HomeOtomotifSimak Perbedaan Aion Hyptec HT Premium dan Ultra, Bukan Cuma Pintu Gullwing!

    Simak Perbedaan Aion Hyptec HT Premium dan Ultra, Bukan Cuma Pintu Gullwing!

    perbedaan Aion Hyptec HT Premium dan Ultra

    Hadir dalam dua varian, perbedaan Aion Hyptec HT Premium dan Ultra jika melihat data yang tercantum di atas kertas memang tidak terlalu banyak. Meski begitu informasi ini menjadi sangat penting untuk kalian yang berencana ingin membeli mobil ini.

    Dirilis di GIIAS 2024, Hyptec HT sendiri ditawarkan mulai dari Rp685 juta. “Harga prebook. Untuk peluncuran resmi dan delivery-nya sendiri dilakukan pada September mendatang,” ujar Metta Yunita, Head of Marketing Aion Indonesia di GIIAS 2024 yang berlangsung 18-28 Juli.

    Mengetahui lebih detail apa saja perbedaan Aion Hyptec HT Premium dan Ultra, simak ulasan di bawah ini.

    Baca juga: AION Hyptec HT Dengan Pintu Mirip Tesla Model X, Tapi Harga Separuhnya

    Perbedaan Aion Hyptec HT Premium dan Ultra

    Aion Hyptec HT merupakan SUV listrik dengan performa tinggi. Selain memiliki performa buas, mobil ini juga mempunyai keunggulan lain dari segi tampilan, fitur, sensasi kenyamanan, serta kemewahan berkendara.

    Hyptec HT memiliki empat karakteristik utama, yakni Excellent Design, Excellent Space, Excellent Agility dan Excellent Energy.

    Eksterior

    perbedaan Aion Hyptec HT Premium dan Ultra

    Aion Hyptec HT Ultra

    Mengusung konsep Excellent Design, Hyptec HT mencerminkan perpaduan seni, teknologi dan kemewahan kelas tinggi yang membuatnya terlihat begitu artistik sekaligus futuristik. Secara tampilan keseluruhan mobil ini memiliki bentuk yang futuristik.

    Secara ukuran mobil ini terbilang besar. Dengan panjang keseluruhan mencapai 4.935 mm, lebar 1.920 mm, tinggi 1.700 mm, dan wheelbase 2.935 mm.

    Untuk kedua varian yang ditawarkan, baik Hyptec HT Premium dan Ultra sekilas terlihat sama. Keduanya sama-sama disematkan lampu depan Diamond Cut Headlight dengan tampilan futuristik.

    Melihat ke bagian samping, keduanya juga diaplikasikan velg alloy 20 inci dengan bentuk atraktif yang diselimuti ban berprofil 245/50. Kemudian untuk spion sampingnya selain dibekali pengaturan elektrik dan pelipatan otomatis, juga dilengkapi fitur pemanas.

    Mengenai perbedaan pada tampilan luar, tipe Ultra untuk pintu penumpang di baris kedua menggunakan gullwing, seperti model pintu yang dipakai oleh Tesla Model X. Karena bukaan pintu ke atas, maka untuk membuka dan menutupnya dilakukan secara otomatis dengan menekan tombol.

    Di sisi buritan, keduanya dilengkapi lampu Horizon Skyline Taillight yang melengkapi bagian belakang dengan desain minimalis, serta pintu bagasi yang dapat maupun dibuka secara otomatis.

    Baca juga: Begini Hebatnya Aion Hyptec HT, SUV Listrik dengan Performa Tinggi

    Interior

    perbedaan Aion Hyptec HT Premium dan Ultra

    Interior Hyptec HT Ultra

    Konsep Excellent Space yang dibawa menawarkan ruang kabin yang luas. Untuk tampilan dalam, Hyptec HT Premium maupun Ultra dihadirkan dalam empat tema warna.

    Joknya dibungkus menggunakan material kulit premium Nappa Leather, dengan bahan soft touch di beberapa bagian door trim maupun dashboard-nya.

    Bicara mengenai jok, pada bagian pengemudi dilengkapi pengaturan elektrik enam arah dengan ventilasi udara. Sedangkan untuk penumpang depan mendapatkan pengaturan elektrik enam arah.

    Kursi depannya tersebut dapat diluruskan hingga 180 derajat dan dilengkapi fungsi pijat untuk menambah kenyamanan pengendara.

    Sedangkan kursi belakangnya dapat direbahkan secara maksimal hingga 143 derajat. Dengan kursi yang bisa direbahkan maksimal, maka mampu menawarkan kenyamanan berkendara bagaikan kursi first-class. 

    Hyptec HT Premium dan Ultra berhasil disematkan head unit dengan layar sentuh 14,6 inci pada center cluster. Sistem hiburannya tersebut mendukung beragam fitur, seperti; infotaiment domain control system, konektivitas smartphone baik CarPlay maupun Android Auto, remote vehicle control, intelligent voice control dan sistem navigasi.

    Untuk head unitnya tersebut dipadukan menggunakan 22 speaker Dolby Atmos. Dengan adanya Dolby Atmos tentu pengendara bisa mendapatkan kualitas suara lebih baik. Total 22 titik speaker yang digunakan, ada yang diletakan di pundak sehingga pengguna bisa dengan lebih mudah mendengar suara lebih baik.

    perbedaan Aion Hyptec HT Premium dan Ultra

    Baris kedua Aion Hyptec HT Ultra

    Kenyamanan lain, keduanya sama-sama mendapatkan panoramic sunroof, dan wireless fast charging dengan tegangan 50 watt, serta power outlet 12 volt yang bisa dimanfaatkan ketika ingin melakukan penambahan daya pada gawai.

    Selain itu juga terdapat AC dengan pengaturan otomatis dan ventilasi udara di baris kedua, yang sudah mengusung teknologi PM 2.5 Filter Screen. Dengan hadirnya PM 2.5 Filter Screen maka dapat membunuh bakteri jahat yang terbawa melalui udara, dengan menjaga kualitas udara di dalam kabin tetap sehat.

    Oh iya, keduanya dilengkapi dengan ambient lighting 32 warna. Namun pada varian tertas, 32 warna yang digunakan dapat berubah warna secara otomatis menyesuaikan irama musik.

    Sistem Pengereman Keduanya Berbeda

    perbedaan Aion Hyptec HT Premium dan Ultra

    Rem cakram Aion Hyptec HT Ultra

    Aion Hyptec HT Premium dan Ultra menggunakan sistem pengereman cakram berventilasi untuk roda depan maupun belakang. Namun pada tipe Premium, rem cakram yang digunakan model floating caliper, sedangkan Ultran memakai fixed caliper.

    Fixed kaliper banyak digunakan pada mobil dengan performa tinggi dengan kedua sisi kaliper terdapat piston untuk menekan kampas rem secara bersamaan ke piringan. Dengan penggunaan fixed kaliper maka daya cengkram akan terasa lebih rigid.

    Walau demilkian sistem pengereman keduanya sama-sama didukung dengan Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), Auto Hold dan Electronic Stability Progam (ESP).

    Fitur keselamatan lainnya yang disematkan Hyptec HT Premium dan Ultra yaitu;

    • Hill Hold Control (HHC)
    • Hill Descent Control (HDC)
    • Vehicle Dynamics Control (VDC)
    • Traction Control System (TCS)
    • Front Airbags SRS
    • Front Side Airbags
    • Side Curtain Airbags
    • Seatbelt Reminder
    • Safety Reminder
    • ISOFIX
    • TPMS
    • Blind Spot Monitor (BSM)
    • Door Open Warning (DOW)
    • Rear Approach Warning (RAW)
    • Sensor parkir
    • Kamera 360 derajat
    • Vehicle Body Anti-theft
    • Driving Mode Switch
    • Acoustic Vehicle Alerting System
    • Anti-theft Alarm System

    Hyptec HT Premium dan Ultra turut dilengkapi fitur keselamatan ADAS, yang diantaranya;

    • Forward Collision Warning (FCW)
    • Lane Departure Warning (LDW)
    • Lane Departure Prevention (LDP)
    • Intelligent High Beam Control (IHBC)
    • Adaptive Cruise Control with Stop and Go (ACC S&G)
    • Integrated Cruise Assist
    • CSC

    Jarak Tempuh Hyptec HT Premium dan Ultra Sama

    perbedaan Aion Hyptec HT Premium dan Ultra

    Tampilan samping Hyptec HT Ultra

    Hyptec HT Premium dan Ultra dipersenjatai motor listrik berjeniskan Permanent Magnet Synchronous Motor yang diletakan di belakang.

    Motor penggeraknya sanggup memeras tenaga sebesar 250 kW atau setara dengan 400 PS, dengan torsi puncak 430 Nm. Mengenai akselerasi yang dihasilkan, dari 0-100 km/jam hanya membutuhkan 5,8 detik.

    Guna menggerakan motor listrik, mobil ini mengandalkan baterai Lithium Iron Phosphate yang dinamai Magazine Battery 2.0 dengan kapasitas 83 kWh.

    Alhasil dengan penggunaan baterai berukuran besar, untuk jarak tempuh yang dihasilkan berdasarkan pengetesan NEDC sanggup menempuh jarak di atas 600 kilometer, dalam kondisi baterai terisi penuh.

    Sebagai informasi tambahan, Magazine Battery 2.0 yang dibenamkan pada mobil ini menggunakan teknologi baterai paling aman di dunia, yang menetapkan standar baru dalam keselamatan baterai.

    Dalam uji tembak peluru, Magazine Battery menahan kecepatan penetrasi lebih dari 980,000 mm/s tanpa kebakaran atau ledakan. Dengan begitu memastikan pelanggan untuk dapat berkendara secara lebih aman dan nyaman.

    Sebagai informasi tambahan, kedua varian yang dijajakan dibekali teknologi Vehicle-to-Load (V2L) dengan tegangan 3,3 kW, yang dapat digunakan untuk menghidupkan berbagai perangkat elektronik. Selain itu juga terdapat fitur i-Pedal yang berfungsi untuk melakukan pengecasan baterai dengan memanfaatkan energi kinetik saat mengangkat pijakan kaki dari pedal gas.

    Kesimpulan

    Ditawarkan dalam dua varian, perbedaan Aion Hyptec HT Premium dan Ultra hanya sebatas penggunaan pintu gullwing, rem cakram model fixed caliper serta ambient lighting yang dapat berubah mengikuti irama musik untuk tipe teratas.

    Selebihnya untuk keselamatan berkendara, fitur unggulan, performa dan jarak tempuh keduanya sama.

    Baca juga: GAC AION Siapkan 7 Model Mobil Listrik Untuk Indonesia, Termasuk MPV

    Source link

    berita