More
    HomeOtomotifGak Kalah Buas dari Fortuner Baru, Chery Tiggo 8 Pro Max Juga...

    Gak Kalah Buas dari Fortuner Baru, Chery Tiggo 8 Pro Max Juga Serigala Berbulu Domba

    toyota fortuner 2024 vs chery tiggo 8 pro max

    Chery Tiggo 8 Pro Max merupakan lini teratas dari Tiggo 8 Series yang dimiliki Chery Indonesia. Tentu saja SUV 7-seater itu hadir memasuki segmen yang serupa dengan Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, Isuzu MU-X, dan juga Ford Everest.

    Seperti kita ketahui, segmen SUV Medium ini sedang panas, mengingat persaingan antara Fortuner dan Pajero Sport yang kian sengit. Adalah PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) yang lebih dulu merilis New Pajero Sport 2024.

    SUV berlogo Tiga Berlian itu dirilis bertepatan dengan hari pertama ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 yang berlangsung Juli. Tapi berselang kurang dari dua bulan berikutnya, giliran PT Toyota Astra Motor (TAM) yang meluncurkan New Toyota Fortuner 2024.

    mitsubishi pajero sport 2024

    New Pajero Sport rilis di GIIAS 2024

    Kedua SUV tersebut memang seolah musuh bebuyutan. Sebab masing-masing punya kekuatan yang cukup identik. Keduanya menawarkan mesin diesel turbo yang bertenaga, dibangun berdasarkan sasis tangga, punya opsi sistem penggerak 4×4, serta ada varian sporty, yaitu Dakar untuk Pajero Sport, dan GR Sport di Fortuner.

    Tapi kalau kalian kurang suka dengan New Fortuner 2024 atau New Pajero Sport 2024, mungkin bisa alihkan sedikit perhatian kepada Chery Tiggo 8 Pro Max. Tidak kalah mewah dari keduanya, Tiggo 8 sedikit berbeda dengan Fortuner maupun Pajero, lantaran hanya datang dengan mesin bensin turbo.

    Lantas seberapa menarik Chery Tiggo 8 Pro Max ini dibandingkan New Toyota Fortuner 2024 atau bahkan New Mitsubishi Pajero 2024? Yuk kita ulas apa saja keunggulan yang ditawarkan oleh PT Chery Sales Indonesia (CSI).

    Baca juga: New Toyota Fortuner 2024 Resmi Meluncur, Ini Daftar Harganya

    Harga Chery Tiggo 8 Pro Max vs Rival

    chery tiggo 8 pro max vs toyota fortuner 2024

    Tiggo 8 Pro Max hadir dalam dua varian tipe

    Pertama-tama yang akan kita ulas adalah mengenai harga. Parameter ini memang masih cukup sensitif di segmen yang ditempati Fortuner, Pajero Sport, dan juga Tiggo 8. Disini kaum mendang mending masih ada, meskipun memang porsinya tidak sebesar di segmen Low MPV atau LCGC.

    Karena Tiggo 8 Pro Max cuma hadir dalam dua varian, yaitu yang menggunakan sistem penggerak roda depan dan juga All Wheel Drive (AWD), maka untuk rivalnya pun kami pilihkan dua tipe teratas yang pakai sistem penggerak roda 4×2 dan juga 4×4.

    Perbandingan Harga
    Chery Tiggo 8 Pro Max Toyota Fortuner 2024 Mitsubishi Pajero Sport 2024 Isuzu MU-X Ford Everets
    Tipe Harga Tipe Harga Tipe Harga Tipe Harga Tipe Harga
    Tiggo 8 Pro Max FWD Rp 568.500.000 Fortuner 4×2 2.8 VRZ TSS A/T Rp 657.600.000 Dakar Ultimate 4×2 AT Rp 704.100.000 MU-X 4×4 Rp 599.450.000 Everets XLT Rp 827.000.000
    Tiggo 8 Pro Max AWD Rp 628.500.000 Fortuner 4×4 2.8 GR Sport TSS A/T Rp 761.700.000 Dakar Ultimate 4×4 AT Rp 764.200.000     Everets Titanium  

    Dari tabel perbandingan tersebut terlihat jika harga Chery Tiggo 8 Pro Max adalah yang paling rendah diantara rival-rivalnya. Namun kalau kalian mencari SUV 7 penumpang bermesin diesel dan berpenggerak 4×4, maka yang harganya terjangkau adalah Isuzu MU-X.

    Baca juga: Toyota New Fortuner 2.8 GR Sport Vs Mitsubishi New Pajero Sport Dakar Ultimate, Selisih Hanya Rp2 Jutaan Pilih Tenaga atau Fitur?

    Eksterior New Toyota Fortuner GR Sport 2024 Kental Nuansa Sporty

    toyota fortuner 2024 vs chery tiggo 8 pro max

    New Fortuner 2.8 GR Sport 4×4 TSS

    Sekarang kita bahas mengenai desain. Memang ini kembali pada selera masing-masing calon konsumennya, tapi kita bisa lihat dua tema berbeda yang diberikan antara Toyota Fortuner 2024 dan Chery Tiggo 8 Pro Max.

    Sebagai informasi, New Fortuner 2024 merupakan versi facelift kedua dari Toyota Fortuner di Indonesia. Jadi SUV diesel ini masih mengusung platform dan mesin yang serupa model sebelumnya. Hanya saja ada perubahan pada sisi eksterior dan interior.

    Untuk eksteriornya bisa kalian lihat di foto ini, Fortuner berubah menjadi Fortuner Legender seperti yang sudah lebih dulu dipasarkan di beberapa negara lain di Asia Tenggara.

    toyota fortuner 2024 vs chery tiggo 8 pro max

    Atap dan velg hitam, dan bemper belakang juga berubah

    Gubahan paling radikal terlihat di ara fascia depan yaitu dengan adanya desain grill baru with GR Front Spoiler, desain bemper baru, serta Khusus di Fortuner tipe GR Sport 4×4, Toyota menawarkan headlamp berdesain baru yang lengkap dengan LED with Sequential. 

    Di bagian samping terdapat New Red Brake Caliper dan New Alloy Wheel Design, sedangkan pada bagian belakang terdapat New Rear Bumper with Rear GR Spoiler dan New Back Door Garnish with Body Color.

    chery tiggo 8 pro max 2024

    Gril depannya terinspirasi dari wajah Tiger

    Lalu gimana dengan Tiggo 8 Pro Max? Chery rupanya lebih suka menyajikan tema desain yang maskulin namun tetap terlihat elegan. Kalau Fortuner tampak garang dengan wajah barunya, maka Tiggo 8 Pro Max lebih mendekati pria maskulin di kota metropolitan yang tetap wangi dengan setelan jas branded.

    “Chery Tiggo 8 Series terinspirasi dengan bentuk Tiger Shape Conquer. Artinya berani dan dominan. Serta percaya diri dalam segala situasi. Di sisi lain, terlihat juga bentuk Shield Protective, yang bermakna sebagai pelindung bagi keluarga dan orang tercinta,” jelas Mohamad Ilham Pratama, Head of Marketing PT Chery Sales Indonesia melalui keterangan tertulisnya.

    Hadir dengan mengusung konsep desain global Chery 3.0 “Aesthetic Content and Form”, pada tampilan fasad mobil ini mendapatkan grill baru dengan julukan Galactic Grill. Headlampnya pun berubah menjadi panel LED lengkap dengan DRL berbentuk L shape. 

    chery tiggo 8 pro max 2024

    Tampilan belakang juga terlihat elegan

    Hadir dengan membawa nuansa premium, pada sisi samping mobil ini diaplikasikan velg alloy model palang two-tone berukuran 19 inci. Kemudian untuk spion dilengkapi pengaturan elektrik berikut pelipatan otomatis, serta lampu sein pada cover, roof rail di atap dan shark fin antenna, seperti yang ada pada varian dibawahnya. Untuk varian AWD, mobil ini ketambahan footstep automatic yang akan keluar saat pintu dibuka.

    Di belakang, stoplampnya mobil ini mengusung teknologi LED serta adanya LED bar di tengah yang seolah menyambungkan kedua sisinya. Lantas ada juga diffuser serta dua lubang muffler di kedua sisi dengan knalpot ganda di setiap sisi.

    Baca juga: Sudah Bisa Dipesan, Harga Chery Tiggo 8 Pro Max 2024 Jauh Lebih Murah dari Honda CR-V

    Interior Chery Tiggo 8 Pro Max Terlihat Lebih Mewah

    toyota fortuner gr sport 2024 interior

    Interior Fortuner GR Sport 2024 pakai beberapa aksen merah

    Sekarang kita bahas mengenai interiornya. Seperti yang sudah kami ungkapkan di awal artikel ini, New Fortuner 2024 hanyalah merupakan model facelift. Jadi jangan heran kalau layout kabin masih serupa model sebelumnya.

    Walau demikian, Toyota menambahkan aksen merah di interior mobil barunya itu, melalui penggunaan benang jahit merah di jok, arm rest, trim pintu, dasbor, sampai lingkar kemudi. Bahkan pelapis joknya juga diganti dengan kombinasi material suede serta leather.

    Untuk Tiggo 8 Pro Max sendiri interiornya dikombinasikan dengan warna hitam dan coklat mulai dari dashboard, console tengah hingga door trim, yang dipadukan material soft touch. Terlihat lebih mewah memang ketimbang warna hitam yang dipilih oleh Toyota.

    interior chery tiggo 8 pro max

    Interior terkesan mewah dan ada monitor lebih besar

    Memberikan kesan refleksi selama berkendara, mobil ini juga dilengkapi ambient lighting yang disematkan pada door trim, dashboard dan console tengahnya. Selain itu jok depannya sudah dibekali pengaturan elektrik, bahkan pada bagian pengemudi mendapatkan fitur memory seat.

    Oh iya, mobil ini turut dibenamkan panoramic sunroof dengan ukuran besar yang dapat memberikan kesan ruang kabin lebih luas, sekaligus meningkatkan gaya berkendara. Sesuatu yang sampai saat ini belum ada di Toyota Fortuner.

    Baca juga: Bukan Cuma Punya Mesin Lebih Kuat, Ford Everest Titanium 2024 Juga Bisa Bungkam Fortuner Baru Berkat Teknologi Ini

    Chery Punya ADAS Lebih Lengkap

    toyota fortuner gr sport 2024 tss

    Fortuner GR Sport 2024 kini sudah dibekali TSS

    Lanjut ke fitur unggulan. Meskipun facelift, namun New Toyota Fortuner 2024 ternyata membawa banyak sekali fitur baru. Kita bahas satu per satu ya.

    Pertama ada head unit monitor 9 inci yang sudah menggunakan sistem operasi Android serta dilengkapi fitur Bluetooth, NFC Checking, dan Voice Command. Kemudian penumpang jok baris kedua juga sudah dibekali 11.6-inci Rear Seat Entertainment (RSE) yang bisa diakses secara terpisah.

    Kemudian ada Digital Rear View Monitor with DVR, serta New Fortuner sudah dilengkapi dengan advanced safety technology Toyota Safety Sense (TSS). Fitur ini terdiri dari Pre-Collision System (PCS), Lane Departure Alert (LDA), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA).

    chery tiggo 8 pro max 2024

    Chery punya Panoramic Sunroof

    Adapun pada Tiggo 8 Pro Max terdapat dual screen berukuran 24,6 inci model floating yang merupakan sistem hiburan serta pusat informasi berkendara. Perangkat ini juga tersambung dengan 10 speaker garapan SOny yang tersebar hingga ke jok baris paling belakang.

    Bicara fitur keselamatan aktif, mobil ini dilengkapi dengan beberapa fitur ADAS level 2 termasuk Automatic Emergency Braking (AEB), Adaptive Cruise Control (ACC), Lane Departure Warning (LDW), Lane Keeping Assist (LKA), Traffic Jam Assist (TJA), dan Integrated Cruise Assist (ICA).

    Lantas ada juga seatbelt dengan pre-tensioned force-limiting, 10 Airbags, sampai rangka bodi mobil ini menggunakan baja kekuatan ultra-tinggi sehingga mampu menghadirkan kinerja luar biasa dengan kekakuan torsional hingga 21.000 Nm/deg.

    Baca juga: Ini Perubahan Pada Toyota Fortuner 2.8 GR Sport 2024 Dibanding Model Sebelumnya

    Mesin Toyota Fortuner Menang di Torsi

    toyota fortuner gr sport 2.8 2024

    Mesin 1GD Fortuner 2.8 memang jumawa soal torsi

    Terakhir kita bahas mengenai mesin. Jika kalian suka mesin diesel turbo dengan torsi berlimpah, jelas memilih Toyota Fortuner 2.8 adalah opsi terbaik. Apapun tipenya VRZ atau GR Sport, semuanya punya mesin dengan daya dan torsi berlimpah.

    New Fortuner 2.8 semuanya menggunakan mesin diesel 1GD-FTV berkubikasi 2.755 cc VNT Intercooler yang sanggup menghasilkan tenaga puncak 204 PS pada 3.000 – 4.000 rpm dan torsi 500 Nm pada 1.600 – 2.800 rpm. Mesin ini kemudian dikombinasikan transmisi otomatis 6-speed Sport Sequential Switchmatic.

    Sedangkan buat yang kurang suka mesin diesel dengan bau asap dan getarannya, maka Chery menawarkan mesin bensin turbo yang tak kalah brutal tenaganya.

    chery tiggo 8 pro max mesin

    Mesin 2.0 Turbo dari Chery juga tak kalah galak

    Tiggo 8 Pro Max dibekali mesin 2.000 cc Turbo Gasoline Direct Injection (TGDI) 4-silinder segaris dengan perolehan tenaga 250 PS dan torsi puncai 390 Nm. Mesinnya disandingan dengan transmisi Dual Clutch Transmission (DCT) 7-percepatan with Electronic Shifter.

    Dari segi angka, torsi Tiggo 8 Pro Max memang kalah dengan Fortuner, namun berkat tambahan turbocharger, mesin 2.0L ini mampu melesatkan mobil dari posisi diam hingga kecepatan 100 km/jam hanya dalam 8,5 detik.

    Kesimpulan

    Dengan harga jauh lebih murah dari New Toyota Fortuner 2.8 GR Sport 4×4, Chery Tiggo 8 Pro Max menjadi pilihan yang menarik. Apalagi kalau kalain kurang suka dengan mobil bermesin diesel.

    Pasalnya Chery Tiggo 8 Series punya desain eksterior dan interior yang menarik. Kemudian juga ada electric sunroof yang tak ada di Fortuner, serta fitur ADAS yang lebih lengkap. 

    Source link

    berita