More
    HomeKesehatanJangan Hanya Fokus pada Akademik, Waktu Bermain Remaja Juga Penting

    Jangan Hanya Fokus pada Akademik, Waktu Bermain Remaja Juga Penting

    Liputan6.com, Jakarta Psikolog anak dan remaja Alzena Masykouri mengingatkan para orangtua untuk tidak hanya fokus pada prestasi akademis anak. Orangtua juga diminta untuk memberikan perhatian pada waktu bermain anak remaja.

    Alzena menegaskan bahwa waktu bermain ini bukan berarti remaja bermain gadget, melainkan berinteraksi dengan teman-teman sebayanya.

    “Anak tidak harus selalu belajar. Bukan hanya nilai di rapor yang penting, tetapi juga kegiatan di luar sekolah,” ujar Alzena dalam diskusi daring yang diadakan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) di Jakarta mengutip Antara.

    Menurutnya, perkembangan emosi dan fisik remaja sama pentingnya dengan perkembangan kognitif mereka, sehingga harus diperhatikan secara seimbang.

    Alzena menjelaskan bahwa perkembangan emosi dan fisik dapat diperoleh dari aktivitas di luar kegiatan belajar formal. Oleh karena itu, tugas orangtua adalah memastikan anak dapat belajar dengan baik sekaligus menjalani aktivitas lain secara optimal.

    Ketika remaja bergaul dengan teman sebayanya, menurut Alzena, ini membantu mereka untuk saling bertukar pikiran dan belajar berbagai keterampilan sosial. Anak-anak dapat mengembangkan kemampuan berelasi, bertanggung jawab secara sosial, dan lainnya melalui interaksi tersebut.

     

    Source link

    berita