More
    HomeOtomotifRekomendasi Mobil Keluarga 2024: Chery Tiggo 5X Hadirkan Kenyamanan Berkendara dengan Harga...

    Rekomendasi Mobil Keluarga 2024: Chery Tiggo 5X Hadirkan Kenyamanan Berkendara dengan Harga Affrodable

    rekomendasi mobil keluarga 2024 chery tiggo 5x

    Chery Tiggo 5X berhasil masuk dalam daftar rekomendasi mobil keluarga 2024 versi Autofun Indonesia, untuk kategori 1st Choice for The Eldest, meskipun 5X merupakan pendatang baru di segmen SUV kompak.

    Terdapat beberapa penilaian kenapa Tiggo 5X berhak menyandang gelar tersebut. Untuk sebuah mobil keluarga berdimensi kompak yang cocok digunakan di dalam kota dan berpetualang.

    Satu dari beberapa keunggulannya sehingga ia menjadi Rekomendasi Mobil Keluarga 2024 yaitu memiliki fitur komplit dengan harga affrodable.

    Termurah di kelasnya, per September 2024 harga Tiggo 5X dibandrol mulai dari Rp239 juta OTR Jakarta.

    Harga Chery Tiggo 5X per September 2024 OTR Jakarta

    • Tiggo 5X Classic: Rp 239.000.000
    • Tiggo 5X Champion: Rp 269.000.000

    Harga Honda HR-V per September 2024 OTR Jakarta

    • HR-V S CVT: Rp 383.900.000
    • HR-V E CVT: Rp 404.200.000
    • HR-V SE CVT: Rp 424.600.000
    • HR-V RS Turbo: Rp 540.300.000

    Harga Hyundai Creta per September 2024 OTR Jakarta

    • Creta Active MT: Rp 297.300.000
    • Creta Trend MT: Rp 319.300.000
    • Creta Trend IVT: Rp 340.500.000
    • Creta Style IVT: Rp 383.800.000
    • Creta Prime IVT: Rp 416.800.000
    • Creta Alpha IVT: Rp 421.800.000

    Baca juga: Rekomendasi Mobil Keluarga Terbaik 2024 Versi Autofun: Mulai dari Bintangnya Anak Muda Hingga SUV Trendy Masa Depan

    Penjualan Chery Tiggo 5X Cukup Baik

    Chery Tiggo 5X

    Chery Tiggo 5X meluncur Juni 2024

    Meluncur secara resmi pada Juni 2024, Tiggo 5X langsung dihadapkan dengan banyak rivalnya, seperti; Honda HR-V, Hyundai Creta, Mitsubishi Xforce, dan beberapa lainnya.

    Mempunyai harga baru paling terjangkau di kelasnya, Tiggo 5X memperoleh angka penjualan yang terbilang cukup baik. Menurut data wholesales (pabrik ke diler) yang tercatat di GAIKINDO selama Juli 2024, mobil ini berhasil didistribusikan sebanyak 208 unit.

    Sedangkan penjualan wholesales periode Januari hingga Juli 2024, data yang diperoleh yakni 380 unit terjual.

    Baca juga: Rekomendasi Mobil Keluarga 2024: Chery Tiggo 5X Buat Keluarga Muda yang Gemar Hiling

    Konsumsi BBM Luar Kota Tergolong Irit

    Chery Tiggo 5X

    Konsumsi BBM Tiggo 5X dalam dan luar kota berdasarkan MID

    Tiggo 5X sendiri dipersenjatai mesin 1.500 cc Naturally Aspirated (NA) 4-silinder segaris dengan perolehan tenaga cukup besar yakni 114 PS di 6.150 rpm dengan torsi 141 Nm pada putaran 3.800 rpm. Mesinnya dipadukan menggunakan transmisi CVT dengan penggerak roda depan.

    Karakter dari mesin 1.500 cc dengan transmisi CVT-nya memberikan karakter berkendara yang terasa cukup responsif pada tarikan bawah serta putaran tengah yang cukup cekatan.

    Membawa konsep “Go Be Young”, untuk pengetesan konsumsi BBM Tiggo 5X sebelumnya pernah dilakukan oleh tim Autofun Indonesia dengan metode full to full menggunakan gaya berkendara normal baik dalam dan luar kota .

    Berdasarkan pengujian untuk traffic dalam kota dengan menempuh jarak sejauh 102,2 kilometer, dengan kecepatan rata-rata 30-40 km/jam dalam kondisi stop and go yang relatif sedikit, konsumsi bahan bakar yang diraih sebesar 9,35 km/liter.

    Selanjutnya ketika melakukan pengetesan dengan perjalanan ke luar kota yang kondisi jalan konstan 80-100 km/jam, konsumsi BBM-nya mobil ini relatif irit meskipun tidak bisa dibiliang sangat irit. Dimana dengan menepuh jarak sejauh 94,8 kilometer, untuk penggunaan bahan bakar yang diperoleh yakni 15,25 km/liter.

    Konsumsi BBM Chery Tiggo 5

    Dalam kota

    9,35 km/liter

    Luar kota

    15,25 km/liter

    Baca juga: Rekomendasi Mobil Keluarga 2024: Toyota Yaris Cross HEV Cocok untuk Berbagai Kondisi Jalan di Indonesia

    Tiggo 5X Mudah Dikendarai

    Chery Tiggo 5X

    Tiggo 5X Fun to Drive

    Kehadiran Tiggo 5X di Tanah Air menyasar segmen entry-level keluarga muda yang menginginkan mobil pertama bergayakan crossover. Secara dimensi cukup besar dengan panjang 4.358 mm, lebar 1.830 mm, tinggi 1.670 mm serta wheelbase 2.630 mm, mobil ini cukup mudah dikendarai.

    Mempunyai karakter mesin cukup responsif, untuk pandangan mengemudi ke depan secara visibilitas terasa luas berkat dasboardnya yang dibuat lebar dan landai. Termasuk juga pilar A nya tidak menghalangi kami ketika ingin melihat objek lain dari sisi samping ketika berbelok.

    Tidak hanya memiliki visibilitas berkendara yang baik, kami merasakan Tiggo 5X juga mempunyai kemudahan untuk mengatur jarak antara mobil dengan kendaraan di depan. Ini dikarenakan bonnet atau kap mesinnya yang dibuat tinggi dan berotot sehingga terlihat jelas dari sisi pengemudi.  

    Menggunakan Electronic Power Steering (EPS), untuk putaran setirnya terasa sangat ringan meksipun setir di putar dalam kondisi mobil diam. Belum lagi setir model flat bottom yang digunakan berhasil diaplikasikan fitur tilt&telescopic, yang memudahkan kami untuk mendapatkan posisi mengemudi ternyaman.

    Memakai jok model semi bucket yang dibungkus menggunakan kulit dengan bahan premium yang terasa nyaman, kursinya dilengkapi pengaturan 6 arah. Mengenai bantingan yang dihasilkan, Tiggo 5X memiliki karakter empuk ketika berkendara melewati jalan berkontur.

    Baca juga: Bukan Cuma Harga, Inilah 5 Alasan Chery TIGGO 5X Layak Dibeli

    Nyaman untuk Sebuah SUV Rp200 Jutaan

    Chery Tiggo 5X

    Kokpit Tiggo 5X

    Dari segi berkendara Tiggo 5X terasa mewah dan nyaman berkat built quality yang baik. Pada bagian dashboard serta beberapa material plastik lainnya dibungkus dengan bahan kulit premium soft touch, tak terkecuali joknya. 

    Pada center cluster terdapat sistem hiburan dengan capacitive touch screen berukuran 10,25 inci, yang didukung dengan konektivitas Apple CarPlay dan Android Auto untuk tipe Champion

    Terasa mudah untuk melakukan pengaturan pada head unitnya dapat dikendalikan melalui tombol yang terletak pada setir. Lingkar kemudinya juga tersematkan fitur tilt&telescopic yang dapat mengatur posisi sesuai dengan kebutuhan pengemudi.

    Sebagai bentuk kemudahan dalam menjalankan fitur, Tiggo 5X dibekali voice control serta jok dengan pengaturan 6 arah di bagian pengemudi, dan pengaturan 4 arah di sisi penumpang depan. Menjaga supaya kualitas udara di dalam kabin agar tetap sehat dan segar, AC-nya mendukung teknologi PM 2.5.

    Chery Tiggo 5X

    Baris kedua Tiggo 5X

    Tipe Champion juga sudah mendapatkan multi color interior serta multi color ambient light, yang warnanya dapat diatur menyesuaikan keinginan penggunanya di semua bagian. Selain itu juga sistem audionya memiliki jumlah lebih banyak dengan menghasilkan suara lebih jelas.

    Dan menariknya, varian teratas juga sudah dilengkapi sunroof serta wiper yang dapat bergerak secara otomatis untuk kecepatannya.

    Baca juga: Rekomendasi Mobil Keluarga 2024: Honda N7X Edition Buat Keluarga Petualang yang Suka Kemewahan Serta Ketangguhan

    Punya 6 Airbags dan ADAS

    Chery Tiggo 5X

    Airbags Tiggo 5X pada pilar B

    Meski harga baru jauh di bawah para pesaingnya, Tiggo 5X tidak pelit dengan fitur keselamatan. Seperti yang bisa dilihat untuk fitur keselamatannya mobil ini telah dilengkapi dengan Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Force Distribution (EBD), Brake Assistant System (BAS), dan Brake Override System (BOS).

    Bukan cuma itu, guna menunjang rasa aman dan nyaman selama berkendara, Chery melengkapinya dengan Electronic Stability Program (ESP), Traction Control (TC), Hillstart Assist Control (HAC), Hill Descent Control (HDC), Tire Pressure Monitoring System (TPMS), dan Auto Central Lock.

    Apabila tipe Classic mendapatkan 2 airbags, untuk varian teratasnya, Champion memiliki 6 airbags. Memudahkan pengguna ketika berkendara atau parkir di jalan sempit, varian Champion juga sudah mendapatkan kamera 360 derajat yang secara visual ditampilkan melalui head unitnya guna meminimalisir akan gejala blind spot.

    Menariknya juga tipe Champion sudah dilengkapi fitur keselamatan pintar berupa ADAS. Adapun fitur ADAS yang disematkan antara lain;

    • Lane Departure Warning (LDW)
    • Blind Spot Detection (BSD)
    • Rear Cross Traffic Alert (RCTA)
    • Adaptive Cruise Control (ACC)
    • Front Collision Warning (FCW)
    • Autonomous Emergency Braking (AEB)
    • Intelligent High-bam Control Headlamp (IHC)

    Source link

    berita