More
    HomeOtomotifRekomendasi Mobil Keluarga 2024: Suzuki Baleno Hatchback Paling Terjangkau dengan Segudang Kelebihan

    Rekomendasi Mobil Keluarga 2024: Suzuki Baleno Hatchback Paling Terjangkau dengan Segudang Kelebihan

    Suzuki Baleno

    Suzuki Baleno kembali masuk dalam Rekomendasi Mobil Keluarga 2024 pilihan redaksi Autofun Indonesia untuk kategori Just The 3 of Us. Terdapat banyak pertimbangan kenapa Autofun Indonesia memasukan nama Baleno ke dalam rekomendasi mobil keluarga tahun ini untuk segmen hatchback kompak.

    Sebagai pesaing Toyota Yaris dan Honda City Hatchback, Baleno kembali mendapatkan sejumlah pembaruan fitur pada tahun lalu tepatnya di ajang GIIAS 2023. Dengan beberapa penyegaran yang didapat, mobil ini memberikan rasa nyaman berkendara lebih baik terhadap penggunanya.

    Meski memperoleh improvement, Baleno tetap dinobatkan sebagai hatchback kompak paling terjangkau di kelasnya. Jika rata-rata pesaingnya dibandrol di atas Rp300 juta, untuk harga baru Baleno per September 2024 ini ditawarkan Rp283.900.000 pada varian AT.

    Baca juga: Rekomendasi Mobil Keluarga Terbaik 2024 Versi Autofun: Mulai dari Bintangnya Anak Muda Hingga SUV Trendy Masa Depan

    Harga Baru Terjangkau, Suzuki Baleno Punya Tampilan Menarik

    Suzuki Baleno

    Suzuki Baleno memadukan konsep dinamis dan futuristik

    Suzuki Baleno yang ada di Indonesia didatangkan secara utuh dari India. Mobil yang diproduksi oleh Maruti Suzuki India tersebut secara tampilan keseluruhan membawa kesan futuristik, dan aerodinamis.

    Melihat bagian fascia, mobil ini memiliki desain grill yang terlihat modern sekaligus dinamis. Mengenai sistem pencahayaan, Baleno diaplikasikan LED Projector With 3 Point Signature LED Lamp and Guide Me Light, with Auto Headlight.

    Memberikan kemudahan terhadap pengguna ketika berkendara di jalan yang minim pencahayaan, mobil ini dilengkapi foglamp pada bumpernya. Beranjak ke bagian samping, Baleno bukan hanya menampilkan desain modern namun juga terasa ergonomis.

    Untuk spionnya mobil ini membawa teknologi electric mirror dengan retractable yang memudahkan penggunanya saat mengatur serta melipat kaca. Baleno diaplikasikan velg dual tones polished berukuran 16 inci dengan desain futuristik.

    Suzuki Baleno

    Baleno memiliki tingkat aerodinamika berkendara lebih baik dari model sebelumnya

    Mengalirkan udara lebih bebas saat berjalan di kecepatan tinggi, Baleno hadir dengan mengusung filosofi liquid flow design dimana untuk atapnya dibuat lebih rendah 25 mm dari model sebelumnya. Meskipun memiliki atap rendah, mobil ini terasa nyaman digunakan ketika melewati jalan yang sedikit berbatu lantaran untuk ground clearance ditingkatkan 15 mm.

    Secara dimensi keseluruhan Baleno memiliki panjang 3.990 mm, lebar 1.745 mm, tinggi 1.485 mm, jarak sumbu roda 2.520 mm, dan ground clearance 160 mm.

    Bergeser melihat daripada buritan, stoplamnya mengadopsi 3 point LED & Additional Extension Lamp dengan bentuk futuristis sekaligus dinamis.

    Baca juga: Rekomendasi Mobil Keluarga 2024: Suzuki Baleno Goda Keluarga Muda dengan Harga Terjangkau

    Ergonomis dan Fleskibel

    Suzuki Baleno

    Tampilan kokpit Baleno

    Kenyamanan berkendara menjadi salah satu aspek lain penilaian redaksi Autofun Indonesia untuk memasukannya ke dalam Rekomendasi Mobil keluarga 2024. Meski terlihat kompak, Baleno memiliki ruang kabin cukup luas yang terasa nyaman untuk pengemudi maupun penumpang depan dan belakang.

    Memberikan kemudahan dan utilitas secara maksimal, mobil ini mempunyai beragam kepraktisan berkendara. Seperti halnya pada baris pertama terdapat dua buah cup holder pada console tengahnya dengan ventilasi AC.

    Selain itu juga pada door trim setiap pintu mendapatkan cup holder serta laci penyimpanan barang terbuka. Fleksibel dan mudah digunakan, Baleno pun dilengkapi dengan lubang pengisian daya di baris pertama dan kedua berupa port jenis type C yang dimanfaatkan ketika ingin menambah daya pada gawai.

    Suzuki Baleno

    Headrest jok penumpang baris kedua

    Perlu diketahui pada baris pertama Baleno memiliki arm rest sera terdapat ventilasi AC yang dapat memberikan udara sejuk pada penumpang belakang. Memberikan kenyamanan selama berkendara, mobil ini juga disematkan tiga buah head rest untuk penumpang belakang.

    Mengenai ruang penyimpanan barang bawaan, bagasinya mobilnya memiliki ruang cukup luas sehingga mampu mengakomodir barang bawaan cukup banyak. Bahkan bagasinya memiliki cover yang berfungsi untuk menutup barang bawaan supaya privasi tertap terjaga.

    Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan New Suzuki Baleno Hatchback, Paling Murah di Kelasnya

    Fitur Unggulan dan Keselamatan Lebih Komplit

    Suzuki Baleno

    Head unit 9 inci Baleno

    Memberikan rasa berkendara yang lebih nyaman dan aman, Baleno kini hadir dengan sistem hiburan yang lebih canggih dan besar. Jika sebelumnya berukuran 6,8 inci,  pada versi penyegarannya menjadi 9 inci.

    Menariknya untuk sistem hiburan telah dilengkapi fitur Apple Car Play dan Android Auto yang memudahkan pengguna ketika ingin mengoneksikan smartphone ke head unit.

    Suzuki Baleno

    Fitur HUD Suzuki Baleno

    Modern sekaligus informatif, Baleno telah mendapatkan Head-Up Display (HUD) yang dapat menampilkan informasi mulai dari kecepatan, RPM hingga tampilan konsumsi BBM. Fitur HUD sendiri tidak bisa kalian jumpai di rivalnya.

    Mengetahui fitur unggulan lainnya, setirnya dilengkapi tombol pengatruran yang terhubung langsung dengan panel instrument serta head unit. Guna mendapatkan posisi berkendara yang pas, setirnya dilengkapi pengaturan tilt dan telescopic, serta jok pengemudi dengan pengaturan komplit.

    Memiliki material soft touch di beberapa bagian, pengaturan AC mobil ini mempunyai pengaturan otomatis yang dapat disesuaikan dengan suhu di dalam kabin. Terkesan modern, untuk pengaturan AC-nya disajikan dengan tampilan digital.

    Suzuki Baleno

    Airbags Baleno pada pilar B

    Bicara fitur keselamatan, Baleno berhasil mendapatkan 6 airbags yang tersebar hingga baris kedua. Memiliki airbags dengan jumlah banyak, tentunya memberikan rasa nyaman terhadap setiap pengguna.

    Fitur keselamatan lainnya, Baleno mendapatkan ABS with EBD dan Brake Assist untuk sistem pengereman, HEARTECT Platform Body, parking sensor serta cruise control. Ada pula Electronic Stability Program (ESP), Hill Hold Control (HHC), ISOFIX, Pedestrian Injury Mitigation Body, APAR, Pretensioner Front Seatbelt, dan keyless dengan immobilizer.

    Sebagai bentuk kemudahan setiap pengguna untuk mengetahui kondisi sekitar kendaraan baik itu parkir atau melewati jalan sempit, Baleno mendapatkan kamera 360 derajat. Fitur yang dapat memantau kondisi sekitar kendaraan ini sangat memudahkan penggunanya dengan menampilkan kondisi bagian luar secara real melalui tampilan visual pada head unit.

    Fitur kamera 360 derajat yang digunakan memanfaatkan empat kamera yang terletak di depan, samping kanan-kiri dan belakang.

    Baca juga: Rekomendasi Mobil Keluarga 2024: Hyundai Stargazer MPV yang Manjakan Keluarga

    Mesin dan Transmisi Jadi Penilaian Penting

    Suzuki Baleno

    Mesin K15B

    Kembali masuk dalam pilihan rekomendasi mobil keluarga 2024 Autofun Indonesia untuk kategori Just The 3 of Us, poin penilaian Baleno kenapa menjadi peritmbangan tepat yakni penggunaan mesin dan transmisi.

    Seperti beberapa model Suzuki lainnya yang dijual saat ini , Baleno dipersenjatai mesin bensin 1.462 cc dengan kode K15B 4-silinder segaris DOHC, Multi-Point Injection VVT.

    Jantung pacu dengan durabilitas tinggi sekaligus efisien dari segi penggunaan bahan bakar tersebut dapat melecutkan tenaga 104,6 PS di 6.000 rpm serta torsi 138 Nm pada putaran 4.400 rpm. Mesin dengan karakter yang responsif pada putaran menengah ke atas tesebut kini hanya dikawinkan menggunakan transmisi otomatis 4-percepatan torque converter. 

    Seperti mesin, jenis transmisi matic konvensional yang digunakan lebih tangguh dan mudah dari segi perawatan bila dibandingkan Honda City Hatchback maupun Toyota Yaris yang menggunakan transmisi CVT untuk tipe matic.

    Source link

    berita