More
    HomeOtomotifRekomendasi Mobil Keluarga 2024: Wuling Air EV Mobil Listrik Unik yang Menarik

    Rekomendasi Mobil Keluarga 2024: Wuling Air EV Mobil Listrik Unik yang Menarik

    Rekomendasi mobil keluarga 2024 Wuling Air EV

    Kami menjadikan Wuling Air EV sebagai Rekomendasi Mobil Keluarga 2024 untuk segmen kendaraan listrik berbasis baterai (BEV) tentu dengan mempertimbangkan beberapa hal.

    Wuling Air EV merupakan mobil listrik dengan ukuran kecil yang kini semakin menjamur, lantaran banyak ditemui di jalanan. 

    Di Indonesia, Air EV hadir disegmen Micro Electric Vehicle (EV) yang masih jarang dihuni kompetitor. Pasalnya, untuk mobil kecil di pasar Indonesia biasanya masuk kategori City Car, dan itupun bermesin konvensional, alias bukan listrik.

    Jika pun ada, maka pesaingnya di segmen Micro EV tersebut adalah Seres E1, dimana mobil ini juga sama-sama berasal dari Negeri Tirai Bambu, China.

    Baca juga: Rekomendasi Mobil Keluarga Terbaik 2024 Versi Autofun: Mulai dari Bintangnya Anak Muda Hingga SUV Trendy Masa Depan

    Rekomendasi Mobil Keluarga 2024: Wuling Air EV Mobil Listrik Unik yang Menarik 01

    Seres E1

    Hanya saja, jika bicara penjualan, Air EV lebih laris dibandingkan Seres E1. Hal ini bisa dilihat dari data penjualan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

    Ya, para periode Januari-Juli 2024, tercatat mencapai 1.254 unit, dimana setiap bulannya, masih terjual ratusan unit, bahkan pada Juli 2024 laku 205 unit.  Lain halnya dengan Seres E1 yang cenderung lebih sedikit, dimana mobil tersebut hanya terjual 29 unit saja. 

    Lantas Mengapa Wuling Air bisa tergolong laris manis, berikut penjelasan hal penting yang membuat mobil tersebut jadi incaran konsumen di Tanah Air. 

    Baca juga: Rekomendasi Mobil Keluarga 2024: Wuling Air EV Si Mungil yang Terjangkau Banyak Kalangan

    Mobil Kompak, Mungil dan Praktis

    Rekomendasi Mobil Keluarga 2024: Wuling Air EV Mobil Listrik Unik yang Menarik 02

    Tampang depan 

    Mobil dengan dimensi kecil memang tak bisa membawa banyak penumpang. Namun hal tersebut rupanya tak terlalu berpengaruh pada Air EV. 

    Sebab, memiliki dimensi panjang 2.974 mm, lebar 1.505 mm, dan tinggi 1.631 mm, membuat mobil ini jadi terkesan mungil namun gesit jika dikendarai.

    Namun begitu, dengan bentuk mungil inilah mobil tersebut mampu melaju di jalanan padat dan sempit seperti di wilayah pemukiman di kota besar, seperti di Jakarta.

    Rekomendasi Mobil Keluarga 2024: Wuling Air EV Mobil Listrik Unik yang Menarik 03

    Tampang samping 

    Tak sampai disitu, mobil ini lebih mudah untuk diparkirkan, karena tak butuh lahan yang cukup besar. Demikian juga jika garasi di rumah Anda terbatas, mobil ini akan mudah diparkirkan. 

    Karena dinilai praktis inilah, Air EV banyak juga disukai kaum Hawa, yang menginginkan sebuah armada transportasi pribadi fleksibel. Sehingga cocok untuk digunakan jarak dekat, seperti mengantar anak ke sekolah. 

    Baca juga: Pilihan Mobil Listrik Murah Rp 100 Jutaan, Bisa Dapat Wuling Air ev

    Wuling Air EV Punya Fitur Melimpah

    Kecil-kecil cabe rawit, itulah mobil yang tepat diberikan julukan kepada Air EV. Sebab, meski bentuknya kecil, namun berkat menggunakan platform Global Small Electric Vehicle (GSEV), itu berimbas pada eksterior maupun interior bisa diterapkan berbagai fitur canggih.

    Rekomendasi Mobil Keluarga 2024: Wuling Air EV Mobil Listrik Unik yang Menarik 04

    Kabin Air EV

    Seperti halnya pada bagian eksterior, penerangan menggunakan lampu-lampu LED, dan di depan sudah ada DRL. 

    Pada bagian kabin, meski terkesan simple, namun berbagai fitur sudah banyak diterapkan, seperti halnya layar sentuh infotainment berukuran 10.25 inci, yang dilengkapi konektivitas internet. 

    Selain itu juga fitur lainnya, seperti cermin Digital Cluster, multifunction Steering Wheel dengan berbagai tombol untuk mengatur fitur.

    Pada bagian konsol tengah terdapat Rotary Gear Selector berhias chrome ring yang semakin menambah kesan futuristik pada interior.

    Rekomendasi Mobil Keluarga 2024: Wuling Air EV Mobil Listrik Unik yang Menarik 05

    Rotary Gear Selector berhias chrome ring

    Oia, untuk masuk ke kabin, mobil ini sudah menggunakan Keyless Entry Remote & Smart Start System, yang bentuknya unik, sehingga tak perlu lagi membawa anak kunci.

    Fitur lainnya yang ada pada mobil ini adalah:

    • Anti Lock Brake System (ABS) 
    • Electric Brake Distribution (EBD)
    • Tire Pressure Monitoring System (TPMS) 
    • Sound Module for Pedestrian Warning 
    • ISOFIX
    • Electronic Stability control (ESC) 
    • Electric Parking Brake (EPB)

    Yang tak kalah menarik adalah keberadaan fitur Internet of Vehicle (IoV) dan Wuling Indonesia Command (WIND).

    Rekomendasi Mobil Keluarga 2024: Wuling Air EV Mobil Listrik Unik yang Menarik 06

    Air EV juga dilengkapi fitur IoV dan WIND

    Air ev dibekali teknologi IoV yang memungkinkan kendaraan bisa terkoneksi dengan jaringan internet. 

    Salah satu keunggulan dari inovasi teknologi ini  bisa dikendalikan menggunakan smartphone penggunanya dari jarak jauh ketika akan mengaktifkan teknologi ini.

    Selain itu, teknologi ini bisa untuk mengoperasikan berbagai fitur mulai dari Bluetooth,  navigasi online, wireless mirrorlink, pesan online, geo fencing, vehicle positioning, hingga membuka dan mengunci pintu, menyalakan dan mematikan mesin, serta AC.

    Sementara dengan fitur WIND, bisa mengoperasikan berbagai hal hanya melalui perintah suara dalam bahasa Indonesia, yang meliputi memutar stasiun radio, mengatur volume, AC, membuka jendela, mengoperasikan sunroof, dan yang lainnya.

    Oia, untuk mengaktifkan fitur WIND, maka cukup menekan tombol voice, kemudian mengucapkan “Halo Wuling”. 

    Baca juga: Rekomendasi Mobil Keluarga 2024: Ford Everest Titanium Pilihan Tepat Bapak-bapak Pecinta SUV Ladder Frame Anti Mainstream

    Bisa Cas Dimana Saja

    Rekomendasi Mobil Keluarga 2024: Wuling Air EV Mobil Listrik Unik yang Menarik 07

    Salah satu keunggulan lain dari Air EV, untuk pengisian daya listrik memiliki fitur easy charging yang membuat urusan “ngecas” mobil listrik menjadi cepat dan mudah di rumah.

    Ya, setiap pembelian Air ev ternyata sudah dibekali dua system easy charging yaitu Socket Box dan Charging Pillar. 

    Untuk Socket Box, terdiri dari socket atau colokan listrik dan alat pengaman elektrikal berjenis AC GB/T yang mengaliri daya listrik 2.200 W.

    Sedangkan Charging Pillar adalah perangkat yang dilengkapi charging gun sehingga bisa langsung dipasangkan ke mobil listrik. Peranti pengisian daya itu mampu meneruskan daya listrik hingga 7.700 W.

    Oia, baterai untuk Air EV menggunakan baterai Lithium Ferro Phosphate (LFP) berkapasitas 17,3 kWh, yang memiliki jarak tempuh hingga 200 km.

    Rekomendasi Mobil Keluarga 2024: Wuling Air EV Mobil Listrik Unik yang Menarik 08

    Sedangkan tipe Long Range, kapasitas baterai lebih besar 26,7 kWh, sehingga jarak tempuhnya juga lebih jauh yaitu tembus 300 km. 

    Pada tipe Lite dan Standar Range, memiliki durasi pengisian baterainya hingga memakan waktu 8 jam dengan 6,6 kW AC. Sementara tipe Long Range lebih cepat, yaitu 4 jam dengan 6,6 kW AC.

    Oia, baterai Air EV ini memiliki garansi delapan tahun atau mencapai 120.000 km, serta aransi Main Electrical Components sampai 5 tahun atau 100.000 kilometer dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

    Baterai Wuling Air EV ini diklaim memiliki lima lapisan proteksi agar bisa mencegah kebakaran, bahkan baterainya juga sertifikasi IP67 sehingga tahan air dan juga benturan.

    Baca juga: Rekomendasi Mobil Keluarga 2024: Chery Omoda E5 Buat Pelesiran Tapi Gak Perlu Mikirin Bensin

    Harganya Terjangkau Masyarakat Indonesia

    Rekomendasi Mobil Keluarga 2024: Wuling Air EV Mobil Listrik Unik yang Menarik 09

    Sejumlah mobil Air ev dengan berbagai warna dan livery

    Untuk sebuah mobil listrik, Harga Air EV ini tergolong sangat terjangkau, yaitu:

    • Air EV Lite Rp190.000.000
    • Air EV Standard Range Rp224.000.000
    • Air EV Long Range Rp275.000.000

    Sedangkan untuk Seres E1 memang tak jauh berbeda, yaitu:

    • Seres E1 B-Type Rp189.000.000
    • Seres E1 L-Type Rp219.000.000

    Nah, kalau Anda tertarik punya Wuling Air EV?

    Source link

    berita