More
    HomeOtomotifToyota Fortuner G 2024 Masih Dijual Meski Tak Berubah Wajah, Lebih Murah...

    Toyota Fortuner G 2024 Masih Dijual Meski Tak Berubah Wajah, Lebih Murah dari Innova Zenix Hybrid

    Toyota Fortuner G 2024

    Model facelift kedua Toyota Fortuner 2024 belum lama ini diluncurkan di Tanah Air. Namun perlu diketahui bahwasannya tidak semua varian yang mendapat penyegaran tampilan.

    Seperti contohnya varian 4×2 2.4 G MT dan G AT, kedua tipe ini tidak mendapat ubahan penampilan, dengan kata lain masih mempertahankan tampilan model sebelumnya. Meski tetap menggunakan desain lawas, Fortuner G baik MT maupun AT juga sedikit memperoleh penyegaran khususnya pada fitur.

    Bicara mengenai harga, Fortuner G dengan transmisi manual per September 2024 ini dibandrol Rp573,7 juta dengan transmisi MT, dan Rp 591,3 juta OTR Jakarta menggunakan transmisi AT. Harganya lebih murah dari Innova Zenix tipe Q HEV TSS yang kini ditawarkan Rp620,7 juta.

    Baca juga: New Toyota Fortuner 2024 Resmi Meluncur, Ini Daftar Harganya

    Jadi Tipe Terendah, Tampilan Toyota Fortuner G 2024 Nggak Kalah Menarik

    Toyota Fortuner G 2024

    Tampilan depan Toyota Fortuner G 2024

    Fortuner G merupakan tipe terendah. Meski jadi varian basic, secara penampilan tipe ini nggak kalah menarik. Meningkatkan visibilitas berkendara, di bumper terdapat foglamp LED serta tambahan DRL LED dibawahnya.

    Untuk lampu, secara desain Fortuner tipe G menggunakan kepunyaan tipe diatasnya, yakni SRZ dan VRZ. Dimana headlamp yang tersematkan sudah mengusung teknologi LED dengan projector serta adanya DRL LED.

    Pada bagian sampingnya, mobil ini terlihat begitu kekar. Dimana kalian bisa menemukan over fender serta foot step sebagai ciri khasnya. Kesan kekar kian lengkap berkat penggunaan velg 17 inci yang dibalut dengan ban jenis all-terrain berprofil 265/65. 

    Toyota Fortuner G 2024

    Tampilan belakang Fortuner G

    Meski jadi tipe terendah, untuk spion Fortuner G selain dilengkapi electric mirror juga mendapatkan fitur retractable yang akan menutup secara otomatis ketika pintu mobil terkunci, dan membuka ketika pintu terbuka.

    Bergeser ke sisi buritan, pada bumper Fortuner G memperoleh parkir sensor empat titik yang bertugas memberikan sinyal mundur ketika sedang melakukan parkir. Walau varian terendah, Fortuner G tetap tampil mewah berkat penggunaan garnish yang dilapisi aksen krom, wiper belakang, spoiler, dan penggunaan shark fin antenna.

    Lebih Modern dan Canggih

    Toyota Fortuner G 2024

    Interior Fortuner G 2024

    Memang secara tampilan interior Fortuner G 2024 terlihat sama dengan model sebelumnya. Dimana untuk bagian dalam khususnya dashboad dan door trim beberapa bagiannya telah dibungkus menggunakan bahan fabric dan kulit dengan material soft touch.

    Memberikan aksen dinamis, untuk bazelnya juga diber sentuhan warna silver.  Menariknya, untuk sistem hiburan Fortuner G dibekali head unit baru 9 inci menggunakan OS Android, yang dilengkapi fitur Bluetooth, NFC Checking, dan Voice Command, serta bisa dijadikan sebagai hot spot internet.

    Fitur hiburan yang juga disematkan hingga varian teratas Fortuner ini dilengkapi koneksi internet membuat Fortuner dinobatkan sebagai produk Toyota Pertama di Indonesia yang Memiliki In-Car Wifi Hotspot via Fitur T Intouch.

    Bukan cuma itu, kini pengaturan AC dengan tampilan digitalnya juga mendapat fitur dual zone, yang mana untuk suhu kiri maupun kanan dapat diatur secara individu menyesuaikan kebutuhan pengguna.

    Mengenai fitur unggulan lain, Fortuner G dilengkapi layar MID 4.2 inci pada pusat informasi berkendara yang mendapat improvement seperti New TFT Opening Animation. Ada pula tombol pengaturan setir yang terhubung langsung dengan head unit serta meter cluster, paddle shift untuk varian matic, tilt&telescopic, serta jok pengaturan lengkap secara manual untuk pengemudi.

    Baris pertama dan kedua mobil ini dilengkapi arm rest, serta power outlet 12 volt di baris pertama dan ketiga. Untuk memberikan kenyamanan selama perjalanan, Fortuner G pun dilengkapi AC double blower dengan kisi-kisi di setiap barisnya.

    Baca juga: Gak Kalah Buas dari Fortuner Baru, Chery Tiggo 8 Pro Max Juga Serigala Berbulu Domba

    Fitur Keselamatan Cukup Lengkap Meski Tanpa ADAS

    Toyota Fortuner G 2024

    Uji tabrak Fortuner

    Sebagai varian basic, Fortuner G punya fitur keselamatan yang bisa dibilang cukup komplit meski tidak dilengkapi ADAS. Sebagai fitur keselamatan standar, mobil ini ini mendapatkan peringatan penggunaan sabuk keselamatan, isofix, Automatic Traction Control (A-TRC), Trailer Sway Control (TSC), Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stabilty Control (VSC), Emergency Brake Signal (EBS), Trailer Sway Control (TSC) dan Traction Control (TRC).

    Selain itu juga terdapat kamera mundur, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), dan 3 airbags yang dapat memberikan perlindungan terhadap penggunanya ketika mengalami benturan cukup keras.

    Oh iya, mobil ini turut dibekali portable tire inflator yang berfungsi memudahkan pemiliknya untuk menambahkan angin pada ban ketika mengalami kekurangan tekanan.

    Mesin dan Transmisi Fortuner G

    Toyota Fortuner G 2024

    Mesin 2GD-FTV

    Dari segi performa, Fortuner G dipersenjatai mesin 2GD-FTV 4-silinder segaris, 14 valve DOHC berkapasitas 2.393 cc. Melihat data di atas kertas, untuk tenaga yang diperoleh sebesar 149,6 PS di 3.400 rpm dengan torsi puncak mencapai 400 Nm pada putaran 1.600-2.000 rpm.

    Mesinnya dipadukan menggunakan transmisi manual 6-percepatan serta otomatis 6-percepatan with Sport Sequential Switchmatic. Perlu diketahui, Fortuner G tidak dilengkapi transfer case atau sistem penggerak 4×4 dengan begitu hanya mengandalkan penggerak roda belakang 4×2.

    Kesimpulan

    Berstatus Spot Order dengan harga baru lebih murah dari Innova Zenix Q HEV TSS, Toyota Fortuner G 2024 jadi opsi menarik bagi kalian yang menginginkan SUV ladder frame diesel dengan bandrol paling terjangkau. Ditawarkan Rp573,7 juta untuk transmisi MT dan Rp 591,3 juta OTR Jakarta per September 2024, mobil ini turut mendapat sejumlah pembaruan khususnya di fitur.

    Seperti halnya head unit yang bukan cuma menggunakan OS Android, Bluetooth, NFC Checking, dan Voice Command, tapi juga bisa dijadikan sebagai hot spot internet. Bahkan koneksi internet yang terdapat di sistem hiburannya membuat mobil ini dinobatkan sebagai produk Toyota Pertama di Indonesia yang Memiliki In-Car Wifi Hotspot via Fitur T Intouch.

    Selain itu Fortuner G juga untuk pengaturan AC dengan tampilan digitalnya mendapatkan fitur dual zone. Dengan adanya fitur ini maka pengguna dapat menyetel suhu kiri maupun kanan secara individu menyesuaikan kebutuhan.

    Dari segi keselamatan, Fortuner G masih sama seperti model sebelumnya yang mana mendapatkan peringatan penggunaan sabuk keselamatan, isofix, Automatic Traction Control (A-TRC), Trailer Sway Control (TSC), Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stabilty Control (VSC), Emergency Brake Signal (EBS), Trailer Sway Control (TSC) dan Traction Control (TRC).

    Ada pula kamera mundur, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), dan 3 airbags. Sebagai bentuk kemudahan ketika mengalami masalah pada ban ketika diperjalanan, Fortuner G dilengkapi portable tire inflator.

    Untuk mesin dan transmisi Fortuner G tak mengalami ubahan. Dimana mobil ini tetap mengandalkan mesin diesel 2GD seperti yang ada di Innova reborn dengan perolehan tanaga sebesar 149,6 PS dan torsi 400 Nm yang dipadukan menggunakan transmisi manual 6-percepatan dan otomatis 6-percepatan with Sport Sequential Switchmatic.

    Baca juga: Simak Perbedaan New Toyota Fortuner GR Sport dan VRZ 2024, Kepincut yang Mana?

    Source link

    berita