More
    HomeOtomotifPunya 5 Keunggulan Dibanding Mobil Listrik, Ini Daftar Mobil Hybrid Toyota Terbaru

    Punya 5 Keunggulan Dibanding Mobil Listrik, Ini Daftar Mobil Hybrid Toyota Terbaru

    keunggulan mobil hybrid toyota

    Ada beberapa keunggulan mobil hybrid yang patut kalian pertimbangkan ketimbang membeli mobil listrik murni. Meskipun tidak dapat dipungkiri jika kendaraan berjenis BEV (Battery Electric Vehicle) saat ini sedang menanjak popularitasnya.

    Mobil listrik dianggap jadi solusi terbaru untuk menekan angka polusi udara yang dihasilkan dari kendaraan berbahan bakar minyak. Selain itu mobil dengan tenaga baterai dan motor electric tersebut juga diklaim bisa melepas ketergantungan masyarakat akan bahan bakar fosil yang ketersediaannya semakin terbatas.

    Tapi sebenarnya patut kalian ketahui, mobil yang masuk kategori ramah lingkungan bukan hanya BEV. Tapi juga di dalamnya ada HEV (Hybrid Electric Vehicle) dan PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle) sampai kendaraan berbahan bakar hidrogen. Dan ketiga tipe kendaraan ini pun sebenarnya sudah tersedia di Indonesia, meskipun ada beberapa yang masih digunakan secara terbatas.

    keunggulan mobil hybrid toyota

    Logo mobil hybrid Toyota terbaru

    Nah kali ini kita akan bahas apa saja keunggulan mobil hybrid (HEV) yang sebenarnya tidak kalah banyak manfaatnya untuk lingkungan. Kalian pun bisa turut ikut serta menekan tingkat emisi karbon serta mengurangi ketergantungan pemakaian bahan bakar fosil.

    Bahkan untuk beberapa situasi, mobil hybrid malah lebih cocok digunakan saat ini di Indonesia ketimbang mobil listrik murni.

    “HEV merupakan salah satu pilihan mobil ramah lingkungan yang pas dengan ekosistem elektrifikasi di Indonesia. Mobil ini juga sangat hemat bahan bakar. Sangat sesuai untuk mobilitas perkotaan, serta sanggup diajak keluar kota tanpa takut kehabisan daya baterai,” jelas Yagimin, Chief Auto2000 melalui keterangan tertulisnya.

    Yuk kita bahas apa saja keunggulan mobil hybrid dibanding mobil listrik yang patut kalian pertimbangan saat memutuskan mau membeli yang mana.

    Baca juga: Daftar Mobil Hybrid Terlaris dan Harganya Terkini

    1. Keunggulan Mobil Hybrid Ada di Efisiensi Bahan Bakar

    keunggulan mobil hybrid toyota

    Konsumsi BBM mobil hybrid bisa 2x lipat lebih hemat dari mobil ICE

    Sejatinya mobil hybrid memang masih menggunakan mesin berbahan bakar minyak (BBM). Namun mesin ini dikombinasikan juga dengan baterai dan motor electric seperti hanya BEV. Hanya saja kapasitas baterai yang dipakai jauh lebih kecil dan juga kekuatan motor elektriknya tidak sebesar BEV.

    Misalnya untuk mobil hybrid Toyota, sudah mengaplikasikan teknologi berupa Toyota Hybrid System (THS). Tentunya mobil hybrid Toyota masih mengandalkan mesin bakar internal (ICE). Hanya saja pada kondisi tertentu, roda mobil bisa diputar berkat bantuan baterai dan motor listrik.

    Misalnya pada kecepatan rendah sampai menengah, atau ketika berhenti di kemacetan maupun pada saat berhenti di lampu merah, tugas mesin internalnya disetop untuk digantikan kinerja sistem elektrik. Efeknya tentu saja pada konsumsi BBM yang menjadi lebih efisien karena hanya dibutuhkan pada saat mesin internalnya bekerja.

    2. Mobil Hybrid Juga Tekan Polusi Udara

    keunggulan mobil hybrid toyota

    Sistem hibrida pada mesin Innova Zenix HEV

    Hal ini sebenarnya terkait pula dengan keberadaan teknologi hibrida dan mesin bakar internal. Sebab pada saat baterai memasok daya untuk menggerakkan motor listrik, maka ketika itu pula mesin bakar berhenti bekerja. Di situasi ini tentu saja tak ada emisi gas buang yang dihasilkan dari motor electric tersebut.

    Bahkan pada mobil hybrid Toyota, pengemudi juga sudah disajikan pilihan beberapa mode berkendara (Drive Mode). Termasuk pilihan mode EV alias full electric. Sehingga ketika mode ini yang dipilih, maka mobil akan melaju hanya dengan kekuatan motor elektrik sepanjang kapasitas daya listrik pada baterai mencukupi.

    Kemudian, sebagian besar pabrikan otomotif, termasuk juga Toyota, sudah meracik teknologi mesin bakar pada kendaraan HEV mereka yang sesuai dengan standar emisi Euro 4 atau bahkan Euro 5. Hal ini tentu saja dilakukan demi menekan emisi gas buang kendaraan dan menjadi eco friendly vehicle.

    3. Tidak Perlu Pusing Cari SPKLU atau Punya Wall Charger

    keunggulan mobil hybrid toyota

    Mobil hybrid tidak tergantung pada SPKLU

    Mobil listrik memang sama sekali tidak membutuhkan bahan bakar minyak. Bahkan situasinya diubah sehingga penggunanya sama sekali tidak membutuhkan sebuah keberadaan SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum).

    Tapi di satu sisi, para pemilik mobil listrik membutuhkan perangkat Wall Charger atau Home Charging di rumah mereka masing-masing, untuk mengisi daya baterai kendaraannya selama tidak digunakan. Dan proses pemasangan perangkat ini juga harus memperhatikan kapasitas daya listrik di rumah yang mencukupi.

    Selain itu, ketika pengguna mobil listrik melakukan perjalanan jauh, maka mereka wajib mengetahui titik-titik lokasi keberadaan SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum). Atau bisa juga memanfaatkan charging station yang umumnya sudah ada di dealer-dealer resmi dari merek kendaraan tersebut.

    Tapi bagaimana jika sedang melakukan perjalanan jauh ke daerah yang belum terdapat SPKLU? Mobil hybrid Toyota memberikan solusi cerdas lantaran baterai akan diisi oleh mesin bensin secara otomatis ketika mobil beroperasi melalui teknik energi regeneratif. Toyota Hybrid System akan mengisi ulang baterai hybrid sembari mengatur kolaborasi antara mesin bensin dan motor listrik ketika berkendara.

    Baca juga: Pemerintah Pastikan Tak Ada Insentif Tambahan untuk Mobil Hybrid

    4. Tidak Ada Range Anxiety

    keunggulan mobil hybrid toyota

    Bisa melaju kemanapun tanpa rasa khawatir kehabisan daya baterai

    Range anxiety merupakan kekhawatiran yang muncul terkait sisa jarak tempuh baterai pada mobil listrik saat digunakan. Rasa was-was ini muncul karena terbatasnya jarak tempuh mobil listrik dan belum memadainya sarana pengisian ulang baterai yang menjadi sumber tenaga penggerak. 

    Begitu tenaga baterai habis, maka tidak ada yang bisa dilakukan oleh pemilik mobil listrik sampai bantuan datang.

    Belum semua orang memahami faktor-faktor ini untuk percaya kemampuannya memprediksi sisa daya baterai. Hal ini menjadi masalah psikologis, dimana pengguna BEV harus menyesuaikan dengan kebiasaan baru yang membuat mereka tidak tenang. Mereka wajib mampu berhitung mengenai jarak dan waktu tempuh kendaraannya dengan posisi SPKLU di jalur yang akan mereka gunakan.

    Jika kalian pengguna mobil hybrid, tentu tidak akan menemukan masalah ini dan tetap tenang di jalan.

    5. Masih Tetap Fun to Drive

    keunggulan mobil hybrid toyota

    Bisa pilih EV Mode

    Selain kebiasaan untuk memperhatikan kondisi daya baterai dan juga mengetahui lokasi SPKLU atau Charging Station saat melakukan perjalanan, para pengguna mobil listrik juga harus membiasakan diri dengan karakter pada kendaraan tersebut.

    Umumnya mobil listrik punya torsi yang besar sehingga sanggup menggapai akselerasi dengan cepat. Tapi tentu saja, hal ini butuh kontrol pengemudi yang baik sehingga kendaraan bisa dikemudikan dengan nyaman.

    Selain itu, mobil listrik juga lebih hening dari mobil bermesin bakar internal (Internal Combustion Engine). Sebab suara yang dihasilkan hanya suara saat motor listrik bekerja, dan tidak ada suara dari knalpot. Kondisi tersebut terkadang menurunkan hasrat berkendara bagi sebagian orang.

    Sementara untuk mobil hybrid, karena masih memiliki mesin bakar, maka tetap akan menyajikan sensasi berkendara yang lebih fun to drive. Akselerasi dan pengendalian mobil, masih mirip dengan mobil ICE.

    Selain itu ketika dipacu saat akselerasi dan mesin bakarnya yang bekerja, maka raungan suara dari knalpot juga masih bisa memberikan adrenalin lebih untuk para petrolhead.

    Baca juga: Toyota Mau Bikin Mobil Hybrid Sejuta Umat?

    Daftar Harga Mobil Hybrid Toyota Terbaru

    keunggulan mobil hybrid toyota

    Yaris Cross jadi mobil hybrid Toyota termurah di Indonesia saat ini

    Setelah mengetahui beberapa keunggulan mobil hybrid yang sudah kami jelaskan tadi, Toyota merupakan merek kendaraan yang paling banyak menawarkan model HEV. Mulai dari SUV, Sedan, hingga MPV pun ada.

    Jika kalian sudah tertarik dengan kendaraan tipe HEV dan mau membelinya, berikut daftar harga mobil hybrid Toyota terbaru 2024 yang dikutip dari situs resmi Auto2000.

    Harga Mobil Hybrid Toyota
    Tipe Harga
    Toyota Yaris Cross
    Yaris Cross 1.5 S GR HEV CVT TSS Rp 449.950.000
    Yaris Cross 1.5 S GR HEV CVT TSS (Premium Color) Rp 452.450.000
    Yaris Cross 1.5 S GR HEV CVT TSS 2 Tone Rp 453.950.000
    Yaris Cross 1.5 S GR HEV CVT TSS 2 Tone (Premium Color) Rp 454.950.000
    Toyota Kijang Innova Zenix
    Innova Zenix 2.0 G HV CVT Rp 477.600.000
    Innova Zenix 2.0 G HV CVT (Premium Color) Rp 480.600.000
    Innova Zenix 2.0 V HV Modelista CVT Non RSE Rp 543.400.000
    Innova Zenix 2.0 V HV Modelista CVT Non RSE (Premium Color) Rp 546.400.000
    Innova Zenix 2.0 V HV Modelista CVT RSE Rp 551.600.000
    Innova Zenix 2.0 V HV CVT Non RSE Rp 533.550.000
    Innova Zenix 2.0 V HV CVT Non RSE (Premium Color) Rp 536.550.000
    Innova Zenix 2.0 V HV CVT RSE Rp 541.750.000
    Innova Zenix 2.0 V HV Modelista CVT Crossover Package Rp 555.464.000
    Innova Zenix 2.0 V HV Modelista CVT (Premium Color) Rp 554.600.000
    Innova Zenix 2.0 Q HV CVT TSS Rp 620.750.000
    Innova Zenix 2.0 Q HV Modelista CVT TSS Non RSE Rp 622.400.000
    Innova Zenix 2.0 Q HV Modelista CVT TSS Non RSE (Premium Color) Rp 625.400.000
    Innova Zenix 2.0 Q HV Modelista CVT TSS Rp 630.600.000
    Innova Zenix 2.0 Q HV Modelista CVT TSS Crossover Package Rp 634.464.000
    Innova Zenix 2.0 Q HV CVT TSS (Premium Color) Rp 623.750.000
    Innova Zenix 2.0 Q HV Modelista CVT TSS (Premium Color) Rp 633.600.000
    Toyota Corolla Cross
    Corolla Cross 1.8 HEV A/T (Premium Color) Rp 571.200.000
    Corolla Cross 1.8 HEV GR-S A/T Rp 608.400.000
    Corolla Cross 1.8 HEV GR-S A/T (Dual Tone) Rp 611.900.000
    Corolla Cross 1.8 HEV GR-S A/T  (Premium Color) (Dual Tone) Rp 613.400.000
    Toyota Corolla Altis
    Corolla Altis 1.8L HYBRID A/T Rp 629.200.000
    Toyota Camry
    Camry 2.5 L A/T HYBRID Rp 945.400.000
    Camry 2.5 L A/T HYBRID (Premium Color) Rp948.400.000
    Toyota Vellfire
    New Vellfire 2.5 HYBRID CVT Rp 1.710.800.000
    New Vellfire 2.5 VIP HYBRID CVT Rp 1.844.200.000
    New Vellfire 2.5 VIP HYBRID CVT (Premium Color) Rp 1.847.700.000
    Toyota Alphard
    New Alphard 2.5 HYBRID CVT (Premium Color) Rp 1.714.300.000
    New Alphard 2.5 HYBRID CVT LUX MODELISTA Rp 1.785.685.000
    New Alphard 2.5 HYBRID CVT LUX MODELISTA (Premium Color) Rp 1.789.185.000

    Baca juga: 10 Komponen yang Wajib Dicek Jika Punya Mobil Hybrid

    Kemudahan Pembelian Mobil Toyota di Auto2000

    keunggulan mobil hybrid toyota

    Auto2000 punya jaringan yang tersebar di seluruh Indonesia

    Dari sekian banyak pilihan mobil hybrid Toyota di Indonesia yang begitu beragam, tentunya bisa kalian sesuaikan dengan kebutuhan yang ada. Misalnya jika kalian sebagai kalangan Gen-Z mau mobil yang irit BBM dan ramah lingkungan tapi tetap tampil kece di jalan, bisa pilih Yaris Cross HEV.

    Sementara kalau kalian butuh kendaraan keluarga yang nyaman mewah tapi juga turut membantu menghijaukan lingkungan, ada pilihan Kijang Innova Zenix HEV.

    Jika kalian butuh kenyamanan sebuah sedan tapi juga tetap eco friendly, maka pilihannya ada Corolla Altis HEV dan New Camry HEV. Adapun jika kalian membutuhkan kendaraan mewah yang prestisius tapi juga sekaligus bisa dipakai sekeluarga dan tetap ramah lingkungan, bisa diwakili oleh Alphard HEV dan Vellfire HEV. 

    Silakan kunjungi cabang Auto2000 terdekat atau browsing Auto2000.co.id untuk informasi lengkap terkait produk dan pembeliannya. Metode pembeliannya pun sangat mudah, bisa dengan cara tunai maupun kredit, atau juga tukar tambah dengan kendaraan lama kalian.

    Kalian bisa juga memanfaatkan berbagai promo penjualan yang menarik dari salah satu jaringan dealer resmi Toyota terbesar di Indonesia ini. Misalnya ada promo Gelegar Auto2000 yang memberikan keringanan Uang Muka (DP) mulai dari Rp 10 jutaan serta Bunga Kredit mulai dari 0%.

    Baca juga: Ketahui Dulu Kelebihan dan Kekurangan Mobil Hybrid, Dianggap Paling Ideal untuk Indonesia

    Perawatan Mudah Cukup dari Rumah

    keunggulan mobil hybrid toyota

    Unit layanan Auto200 Home Service

    Selain menyajikan produk-produk dengan keunggulan mobil hybrid dari Toyota, serta beragam kemudahan program pembelian melalui berbagai promo yang disediakan, Auto2000 juga memberikan jaminan akan kemudahan perawatan berkala mobil Toyota kalian.

    Kalian bisa unduh aplikasi Auto2000 Digiroom untuk memenuhi kebutuhan perawatan berkala kendaraan kesayangan kalian. Mulai dari menentukan jadwal Booking Service, pembelian Paket Servis Toyota, pembelian dan pemesanan suku cadang secara online, hingga melakukan perbaikan Body and Paint.

    kalau lagi mager atau tidak bisa datang ke bengkel, kalian juga bisa memanfaatkan fasilitas Auto2000 Home Service. Kalian tinggal tentukan kapan tim Auto2000 akan datang ke lokasi kalian untuk melakukan perawatan berkala pada kendaraan kesayangan kalian, tanpa ada biaya tambahan.

    Bahkan jika ternyata kerusakannya tidak dapat diperbaiki langsung ditempat, maka nantinya akan direkomendasikan untuk dibawa ke bengkel Auto2000 terdekat menggunakan jasa towing. Tanpa kalian harus repot datang ke bengkel tersebut.

    Source link

    berita