More
    HomeBerita4 Fakta Terkait Gugurnya Petugas Damkar Depok Usai Padamkan Kebakaran di Pasar...

    4 Fakta Terkait Gugurnya Petugas Damkar Depok Usai Padamkan Kebakaran di Pasar Cisalak

    Liputan6.com, Jakarta – Petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Depok, Martin Panjaitan, meninggal dunia setelah bertugas memadamkan kebakaran di rumah potong hewan Pasar Cisalak pada Sabtu, 19 Oktober 2024.

    Kasi Penyelamatan DPKP Kota Depok, Tessy Haryati, mengungkapkan bahwa kepergian Martin sangat mengejutkannya. Dia menyatakan tidak menduga bahwa Martin akan meninggal setelah menyelesaikan tugas sebagai pemadam kebakaran.

    “Terkait dengan meninggalnya almarhum Martin bagian dari keluarga besar kami, terus terang kami kaget dan sangat berduka cita,” ujar Tessy, Sabtu (19/10/2024) dini hari.

    Tessy menjelaskan, usai melakukan pemadaman api dan melakukan pendinginan, Martin sempat meminta beristirahat. Saat Martin beristirahat, terdapat petugas DPKP lainnya yang menggantikan tugas Martin melakukan pendinginan.

    “Jadi setelah pendinginan, dia minta waktu beristirahat, karena kita harus ganti personil,” jelas Tessy.

    Sementara itu, Kuasa hukum korban, Deolipa Yumara mengatakan, korban merupakan salah satu di antara 80 anggota DPKP Kota Depok yang memberikan kuasanya.

    Deolipa turut berbela sungkawa atas meninggalnya korban saat berjuang memadamkan api pada peristiwa kebakaran di rumah pemotongan hewan Pasar Cisalak.

    “Ini adalah apa yang kita takutkan dan kita khawatirkan kejadian, karena tiga minggu yang lalu sudah kita peringatan walikota, Pemerintah Kota Depok dan jajarannya segera memperbaiki peralatan Damkar,” ujar Deolipa di Rumah Sakit Sentra Medika, Depok, Sabtu (19/10/2024).

    Deolipa menjelaskan, meninggalnya korban merupakan dampak dari sejumlah peralatan Damkar yang rusak sehingga tidak dapat digunakan saat bertugas. Pada peristiwa kebakaran, korban tidak mendapatkan peralatan lengkap, salah satunya tidak menggunakan masker oksigen.

    “Anggota Damkar melaksanakan tugasnya tanpa peralatan yang lengkap, bahkan masker pun tidak ada, jadi tidak bisa nafas salah satu anggota damkar, yakni Martin Panjaitan,” jelas Deolipa.

    Berikut sederet fakta terkait meninggalnya Martin Panjaitan, petugas damkar yang gugur usai bertugas padamkan api di Pasar Cisalak Depok, sebagaimana dihimpun Tim News Liputan6.com:

    Source link

    berita