More
    HomeKesehatan3 Tips Cegah Flu Burung Mewabah di Indonesia, Salah Satunya Gencarkan Vaksinasi...

    3 Tips Cegah Flu Burung Mewabah di Indonesia, Salah Satunya Gencarkan Vaksinasi Influenza

    Liputan6.com, Jakarta – Australia melaporkan kasus pertama flu burung pada manusia, Rabu, 22 Mei 2024. Kasus ini menimpa anak umur 2,5 tahun dan diduga terpapar H5N1 di India.

    Epidemiolog Dicky Budiman menilai kasus ini sebagai alarm bagi Indonesia agar lebih waspada terhadap kasus flu burung seperti yang menimpa negara tetangga.

    Guna mencegah flu burung atau avian influenza kembali mewabah di indonesia, Dicky menyarankan tiga cara yakni gencarkan vaksinasi influenza, tingkatkan surveilans, dan perkuat mitigasi serta literasi di wilayah peternakan.

    Gencarkan Vaksinasi Influenza

    Upaya pencegahan wabah flu burung yang sudah dilakukan di berbagai negara maju adalah vaksinasi influenza.

     “Upaya yang sudah dilakukan di berbagai negara maju termasuk Australia adalah meningkatkan vaksinasi influenza,” kata Dicky kepada Health Liputan6.com melalui pesan suara dikutip Senin (27/5/2024).

    Vaksinasi influenza sebetulnya tidak mencegah atau melindungi tubuh dari serangan flu burung, lanjutnya. Namun, vaksin ini memiliki manfaat penting dan vital dalam mencegah terjadinya persilangan infeksi.

    “Persilangan infeksi dikhawatirkan bisa meningkatkan kemampuan virus avian influenza dalam menginfeksi manusia maupun penularan antar manusia. Oleh karena itu, salah satu yang krusial yang perlu disiapkan adalah peningkatan cakupan vaksinasi influenza.”

    Di tengah relatif terkendalinya Covid di AS dan kembalinya berbagai kegiatan keramaian, sebagian warga AS kini mewaspadai perebakan virus flu burung alias H5N1, yang diperkirakan terparah sejak 2015. Peternakan unggas dan tempat lain yang memiliki bu…

    Source link

    berita