More
    HomeOtomotifLihat Lebih Dekat VinFast VF 3, Pesaing Wuling Air Ev yang Bakal...

    Lihat Lebih Dekat VinFast VF 3, Pesaing Wuling Air Ev yang Bakal Dirakit di Indonesia

    VinFast VF 3

    Mobil listrik berukuran mungil, VinFast VF 3 memiliki spesifikasi yang mampu memancing decak kagum.

    Calon pesaing Wuling Air ev asal Vietnam, VF 3 merupakan satu dari empat mobil listrik VinFast lainnya yang akan dirakit di Indonesia di pabriknya di Subang, Jawa Barat, yang saat ini tengah dalam proses pembangunan.

    VF 3 diciptakan secara khusus untuk mendukung aktivitas sehari-hari di kota besar, seperti berpergian ke kantor, antar-jemput anak sekolah, hingga berpergian ke pasar.

    Untuk melihat lebih dekat dengan VF 3, simak ulasan berikut.

    Baca juga: VinFast Resmi Punya Pabrik di Indonesia, Ini Model Mobil Listrik yang Akan Diproduksi Mulai 2025

    Usung Konsep Crossover, VinFast V3 Tampil Gagah dan Futuistik

    VinFast VF 3

    Tampilan depan VinFast VF 3 (foto: VOV)

    Mobil listrik VinFast VF3 hadir dengan menggabungkan teknologi, kreativitas dan kenyamanan berkendara. VF3 dihadirkan secara khusus untuk mendukung mobilitas harian di kota-kota besar.

    Memiliki bentuk mungil, mobil ini menawarkan kemudahan manuver di dalam kota, terlebih memadukan konsep crossover modern yang memberikan kesan yang menarik bagi pengguna.

    Secara desain VF3 menggabungkan antara garis tegas dengan lekukan garis, dipadukan bidang bodi lebar dan rata yang terlihat dinamis.

    Pada bagian fascia, mobil ini menampilkan kesan kendaraan SUV era 90-an yang didesain ulang dengan menampilkan kesan modern.

    Di grillnya terdapat logo VinFast dengan list krom memanjang, yang membuat tampilan depannya terkesan agresif. Untuk lampu utamanya sudah mendukung teknologi projector.

    Mencirikan kendaraan crossover, bumper berwarna hitam doff yang digunakan terlihat kokoh dan garang.

    VinFast VF 3

    Tampilan samping VF 3 (foto: VOV)

    Di samping juga terdapa wheel arch berkelir hitam doff dengan ukuran tebal yang dibuat menyatu hingga bumper belakang melalui side skirt di bawah pintu.

    Tidak seperti Wuling Air ev maupun Seres E1 yang menggunakan velg berukuran kecil, dengan menemapati segmen yang sama VF 3 menggunakan lingkar roda 16 inci.  

    VinFast VF 3

    Tampilan belakang VF 3 (foto: VOV)

    Sebagai mobil listrik mungil dengan tiga pintu, di bagian belakang desain yang ditampilkan tampak futuristik berkat penggunaan stoplamp dengan aksen black smoked yang dipadukan garnish di tengah.

    Sebagai informasi, VF3 memiliki panjang keseluruhan mencapai 3.190 mm, lebar 1.679 mm, tinggi 1.622 mm, dan panjang wheelbase mencapai 2.075 mm.

    Sedangkan untuk ground clearance-nya terbilang tinggi mencapai 191 mm. Hal ini membuat (mm) VF 3 cukup bisa diandalkan bahkan ketika melewati jalan yang berkontur sekalipun.

    Interior Minimalis Modern

    VinFast VF 3

    Interior VF 3

    Beranjak ke bagian dalam, mobil ini menyuguhkan kesan minimalis modern. Desain dashboardnya memiliki bentuk bertingkat dengan bidang datar, yang dipadukan dengan berbagai elemen lekukan garis.

    Pada center cluster mobil ini berhasil tersematkan head unit layar sentuh 10 inci model floating yang mendukung sistem navigasi, konektivitas wifi, bluetooth, termasuk koneksi pintar yakni Apple CarPlay dan Android Auto.

    Di bawah kisi-kisi AC bagian tengah, mobil ini terdapat tombol fitur untuk menaikan dan menurunkan jendela samping, kunci pintu, hazard dan volume. Kemudian dibawahnya tersematkan tombol pengaturan AC lengkap dari arah hembusan hingga heater.

    Area tengah di bawah dashboard terdapat laci penyimpanan terbuka yang dapat digunakan untuk menaruh benda kecil lain seperti smarphone maupun dompet.

    Bahkan disampingnya terdapat port charger Type-C yang bisa dimanfaatkan ketika ingin menambah daya pada gawai.

    Baca juga: Begini Strategi VinFast Berikan Layanan Purna Jual Lebih Mudah untuk Konsumen Indonesia

    VinFast VF 3

    Jok belakang VF 3 (foto: VOV)

    Untuk kursi pengemudi dan penumpang depan mobil ini dilengkapi pengaturan empat arah. Kursinya sendiri dapat digeser ke depan dan direbahkan secara maksimal ke depan untuk memudahkan akomodasi keluar-masuknya penumpang di baris kedua dengan lebih mudah.

    Oh iya, pada jok belakang mobil ini juga dilengkapi port charger yang bisa dimanfaatkan ketika baterai handphone low batt, serta adanya cup holder.

    Jok belakangnya terasa ramah bagi penumpang anak-anak, namun kurang cocok bagi penumpang dewasa dengan tinggi di atas 170 cm karena dirasa kurang nyaman.

    Untuk sandaran joknya sendiri dapat dilipat secara rata dengan menghasilkan ruang bagasi mencapai 285 liter, dan 36 liter apabila sandaran jok belakang ditegakan.

    Fitur Keselamatan Lengkap dengan ADAS

    VinFast VF 3

    VF 3 dilengkapi ADAS

    Vinfast VF 3 memiliki fitur keselamatan dan keamanan standar berupa; Anti-lock Braking System (ABS), Brake Assist (BA) yang dipadukan rem cakram di depan dan rem tromol di roda belakang.

    Fitur keselamatan lainnya yakni; Traction Control System (TCS), Hill Start Assist (HSA), dua buah airbags di depan, seatbelt setiap joknya yang dilengkapi peringatan suara dan immobilizer serta alarm system.

    Menariknya, mobil ini sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan pintar berupa Advanced Driver Assistance System (ADAS).

    Fitur ADAS pada VF 3 mencakup; Rear park assist, dan Adaptive Front Lighting System (AFS).

    Berbekal Motor Listrik Tunggal dengan Sistem Penggerak Roda Belakang

    VinFast VF 3

    Sistem kelistrikan VF 3

    Tenaga dari VF 3 berasal dari motor listrik tunggal yang diletakan di gandar belakang. Untuk tenaga yang dihasilkan sebesar 32 kW (44 PS) serta torsi puncak sebesar 110 Nm.

    Tenaga yang dihasilkan tidak terlalu spesial, untuk catatan waktu 0-50 km/jam berdasarkan pengetesan yang dilakukan memerlukan 5,3 detik. Selanjutnya akselerasi 0 – 100 km/jam VF 3 memerlukan 19,3.

    Oh iya, VF 3 dilengkapi dengan dua pilihan mode berkendara yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan berkendara, yakni Eco dan Normal.

    Jarak Tempuh di Atas 200 Kilometer

    VinFast VF 3

    VF 3 dapat menempuh jarak sejauh 210 kilometer

    Calon pesaing Wuling Air ev, VinFast VF 3 menggunakan baterai LFP (Lithium Ferro Phosphate) berkapasitas 18,64 kWh yang diletakan di bawah lantai kabinnya.

    Menurut pengetesan NEDC (New European Driving Cycle), dalam kondisi baterai terisi penuh memungkinkan VF 3 dapat menempuh jarak sejauh 210 kilometer.

    Mengenai lama waktu pengecasan, menggunakan pengisian normal di rumah untuk 10% hingga 70% memerlukan 5 jam.

    Selanjutnya untuk pengisian daya baterai 10% sampai 70% dengan memakaian pengisian daya cepat, waktu yang diperlukan hanya 36 menit.

    Oh iya, mobil ini sudah dilengkapi dengan sistem pengereman regeneratif. Dengan adanya teknologi rem regeneratif, maka baterai akan mendapat asupan daya listrik ketika mobil mengalami deselerasi.

    Ketika mengangkat pijakan kaki dari pedal gas saat ingin memperlambat laju kendaraan, motor listrik berkerja sebagai generator yang menghasilkan enegi kinetik.

    Dengan kehadiran teknologi ini tentunya dapat membantu sedikit menambah daya jelajah mobil.

    Kesimpulan

    Sebagai Mini EV calon pesaing Wuling Air ev maupun Seres E1, VinFast VF 3 memiliki tampilan berbeda. Dimana mobil listrik Vietnam ini mengusung konsep crossover yang terlihat gagah sekaligus modern.

    Mobil perkotaan yang cocok digunakan untuk mendukung aktifitas sehari-hari ini juga tampil modern dan mewah di bagian dalamnya.

    Dashboardnya memiliki bentuk bertingkat dengan bidang datar, yang dipadukan dengan berbagai elemen lekukan garis, serta adanya head unit 10 inci yang mendukung konektivitas lengkap sekaligus modern.

    Bicara mengenai fitur keselamatan, mobil ini terbilang lengkap bahkan sudah mendapatkan ADAS.

    Dibekali motor listrik tunggal yang diletakan di belakang, VF 3 sanggup menempuh jarak sejauh 210 kilometer menurut NEDC saat baterai terisi penuh.

    VF 3 dilengkapi fitur pengisian daya cepat, yang mana pengecasan dari kondisi 10% hingga 70% membutuhkan 36 menit.

    Baca juga: Tampil di GIIAS 2024, VinFast Keluarkan Lini Produk Terbaiknya

    Source link

    berita