More
    HomeKesehatanMandi Air Hangat vs Dingin di Malam Hari, Mana yang Bikin Tidur...

    Mandi Air Hangat vs Dingin di Malam Hari, Mana yang Bikin Tidur Lebih Nyenyak?

    Berbeda dengan mandi air hangat, mandi air dingin justru memiliki efek yang lebih kompleks. Para peneliti telah mengeksplorasi penggunaan mandi air dingin untuk menurunkan suhu tubuh inti sebelum tidur, tapi hasilnya beragam.

    Pada atlet, mandi air dingin setelah berolahraga dapat membantu menurunkan suhu inti tubuh dan meningkatkan kualitas tidur dalam tiga jam pertama. Namun, tidak semua penelitian mendukung manfaat ini.

    Dalam artikel yang dipublikasikan di sleepfoundation.org disebutkan bahwa beberapa studi bahkan menunjukkan mandi air dingin justru meningkatkan denyut jantung dan kortisolm hormon yang memicu kewaspadaan, yang bisa mengganggu proses tidur.

    Meskipun demikian, mandi air dingin memiliki manfaat lain yang berhubungan dengan pemulihan otot. Bagi para atlet, berendam dalam air dingin sering kali digunakan untuk mengurangi rasa nyeri dan kelelahan otot setelah berolahraga.

    Banyak juga yang mengklaim bahwa mandi air dingin bisa meningkatkan mood dan membantu sirkulasi darah, meskipun manfaat ini belum sepenuhnya terbukti secara ilmiah.

     

    Source link

    berita