More
    HomeOtomotifBegini Sosok Mitsubishi DST Concept, Mirip Xforce Nggak?

    Begini Sosok Mitsubishi DST Concept, Mirip Xforce Nggak?

    Begini Sosok Mitsubishi DST Concept, Mirip Xforce Nggak? 01

    Mitsubishi Motors Corporation memperkenalkan mobil masa depan Mitsubishi DST Concept yang digadang-gadang akan menjadi sebuah mobil Sport Utility Vehicle (SUV) medium berkapasitas tujuh penumpang. 

    Sosok DST Concept ini diperkenalkan di Philippine International Motor Show (PIMS), yang berlangsung di World Trade Center, Metro Manila, Filipina pada 24 Oktober 2024.

    Penampakan mobil baru ini juga diumumkan situs resmi Mitsubishi Motors, yang diklaim menawarkan gaya hidup mobilitas untuk memenuhi semangat pengemudi, agar bisa berpetualangan dan memberikan kegembiraan bagi semua orang di dalamnya. 

    Sementara itu, President and Chief Executive Officer, Mitsubishi Motors, Takao Kato, menyebutkan, jika Mitsubishi DST Concept adalah perwujudan dari SUV tiga baris yang semuanya baru, dan akan diluncurkan bertepatan dengan rencana bisnis Mitsubishi pada 2025 mendatang.

    Baca juga: Mitsubishi Siapkan SUV Terbaru, Pajero Sport atau Xforce 7 Seater?

    mitsubishi dst concept

    Platform pakai Mitsubishi Xforce

    “Mobil ini akan produksi dan diluncurkan terutama di wilayah ASEAN termasuk Filipina yang dimulai di fiskal Year 2025,” ungkap Takao. 

    Dia juga menyebutkan, jika sosok DST Concept terinspirasi dari rekam jejak saudaranya, yaitu MPV crossover Xpander yang lahir di wilayah ASEAN dan tumbuh menjadi model yang dicintai oleh pelanggan di seluruh dunia.

    Termasuk sosok mobil SUV Compact Xforce, dimana mobil tersebut sudah diperkenalkan sejak tahun fiscal 2023 lalu.  “Dengan tujuan menjadikannya kendaraan strategis global, kami akan mengembangkan lebih lanjut sebagai Mitsubishi SUV yang khas, yang memperluas rentang mobilitas pelanggan kami,” jelasnya. 

    Bagi perusahaan tiga berlian, jika DST Concept mulai diproduksi dan diluncurkan, maka mobil tersebut akan menambah lini produk yang sudah ada, mulai dari Pajero Sport, Xforce, Xpander dan Xpander Cross. 

    Baca juga: Fasilitas Mitsubishi Motors Car Design Center di KidZania Makin Lengkap, Anak-anak Bisa Desain Mobil Impiannya

    Bentuk Mitsubishi DST Concept

    mitsubishi dst concept

    Lampu depan dan belakang

    Berdasarkan keterangan tertulis, DST Concept mengusung konsep desain yang dirancang mengedepankan ‘Gravitas & Dynamism’, sehingga mobil ini disebut menggabungkan unsur kabin lapang, yang menawarkan ruang di baris ketiga, memiliki stabilitas dan ciri sebuah mobil SUV.

    Disebutkan juga jika DST Concept ini memiliki bagian depan ramping namun tetap kuat, dan pilar-pilar jendelanya dibuat hitam.  Kendati demikian, sekilas memang beberapa bagian dari Xforce ini tampak terlihat, seperti lekukan body samping, hingga komposisi urutan lampu pada bagian depan. Namun begitu, mobil ini untuk per lampu-lampunya sudah dilengkapi dengan lampu LED dengan bentuk T.

    Kenapa disebut mirip Xforce? ya, karena bagian lampu dan desainya cukup mirip. Belum ada detail keterangan pada mobil ini, hanya aja, ukuran rodanya dibuat dengan diameter besar, dan ground clearance lebih tinggi, namun diklaim tetap mampu melakukan manuver dan memiliki kemampuan tinggi layaknya sebuah SUV. 

    Baca juga: Ini yang Bikin Mitsubishi Pede Jualan L300 Meski Muncul Hilux Rangga

    mitsubishi dst concept

    Interiornya futuristik

    Pada bagian kabin, cukup mewah, dengan layer head unit yang cukup Panjang, menyatu dengan panel instrument. Sementara untuk konsol tengah juga cukup menarik, dengan bentuk tuas transmisi unik. 

    Oia, stir mobil paling dua ini, ini juga tidak melingkar seperti pada umumnya, karena bagian bawah lebih terlihat rata. Tombol-tombol juga cenderung jarang, termasuk pada bagian pintu. Kendati demikian, mobil ini memiliki Panoramic Sunroof yang besar pada bagian atap, sehingga memberikan kesan luas dan mewah.

    Mobil yang akan dipasarkan di kawasan ASEAN ini juga disebutkan bakal memiliki lima mode berkendara mirip Xforce, yaitu wet, tarmac, normal, gravel dan mud.

    Mirip Xforce Tapi 7 Penumpang Seperti Pajero Sport

    mitsubishi dst concept

    Akankan jadi Pajero Sport versi mesin bensin?

    Mitsubishi DST Concept disebut jadi sebuah SUV yang menggunakan struktur body jenis monocoque yang sama sekali baru.  Hal ini dibenarkan langsung oleh Intan Vidiasari General Manager of Marketing Communication & PR Division at Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).

    Menurut Intan, karena ini masih jadi sebuah mobil konsep, maka nantinya akan ada kelanjutan lagi.  “Kecuali, kalau bener-benar elektrifikasi, itu biasanya mungkin masih beberapa tahun ke depan. Tapi kalau konsep ya memang semoga sih nanti konsep car bisa jadi ada tambahan,” ujar Intan saat ditemui Minggu (27/10/2024).

    mitsubishi dst concept

    Layar dan konsol tengah terlihat futuristik

    Intan sendiri membantah, jika banyak yang bertanya bahwa keduanya adalah mobil adalah pengganti Pajero Sport atau memiliki basis dari Xforce.

    “Bukan Xforce ataupun Pajero, mobil baru itu. Itu masih di Filipina, di Indonesia sih belum ada tanda-tandanya, bakal jadi model baru produksi fiskal 2025,” jelas Intan.

    Namun begitu Intan meyakini, bahwa DST Concept menawarkan tempat duduk tiga baris, untuk pelanggan yang mencari tujuh kursi penuh dengan kenyamanan untuk semua orang di dalam kabin.

    Source link

    berita