More
    HomeKesehatanDokter Mengingatkan Pentingnya Memeriksa Kadar Gula Darah Setelah Lebaran

    Dokter Mengingatkan Pentingnya Memeriksa Kadar Gula Darah Setelah Lebaran

    Mengontrol kadar gula darah setelah Idul Fitri atau Lebaran sangat penting untuk mencegah risiko diabetes. Dr. Farid Kurniawan, seorang dokter spesialis penyakit dalam dari Advanced Diabetes Center RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo, menyarankan untuk membatasi konsumsi makanan manis dan berkalori tinggi. Hal ini disampaikan dalam sebuah webinar yang berjudul “Kendali Diabetes Pasca Puasa dan Lebaran”.

    Farid menekankan pentingnya mengatur asupan makanan setelah Lebaran, terutama bagi orang yang sehat maupun yang menderita diabetes. Bahkan orang yang sehat pun berisiko mengalami masalah seperti hipoglikemia atau hiperglikemia akibat konsumsi makanan tinggi gula. Kadar gula darah dapat dikendalikan melalui pola makan sehat dan mengikuti jadwal makan yang teratur.

    Selain itu, penting bagi masyarakat untuk memilih jenis makanan dengan indeks glikemik rendah, seperti sayuran yang kaya serat. Dengan mengatur pola makan yang sehat dan sesuai dengan kebutuhan individual, risiko diabetes dapat diminimalkan.

    Source link

    berita