More
    HomeBeritaKerja Sama Pemprov Jateng dan Korsel Meliputi Berbagai Bidang

    Kerja Sama Pemprov Jateng dan Korsel Meliputi Berbagai Bidang

    Pemerintah Provinsi Jawa Tengah telah menjalin kerja sama dengan Chungcheongbuk-do (CCBD), Korea Selatan di berbagai bidang. Kerja sama sebagai sister province dilakukan dalam sektor pendidikan, ekonomi, teknologi informasi (TI) dan media, olahraga, pertanian, dan reformasi birokrasi.

    Penjabat Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, mengatakan bahwa peningkatan kerja sama antara kedua provinsi ini dapat meningkatkan hubungan internasional antara Indonesia dan Korea Selatan yang sudah berjalan dengan baik. Selain itu, kerja sama ini juga mampu meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM) dan perekonomian masyarakat Jawa Tengah.

    Dalam sektor pendidikan, Nana juga menjelaskan bahwa ada peningkatan kerja sama dalam bentuk peluang beasiswa untuk tingkat sarjana di Chungcheongbuk-do dan penempatan lulusan SMA/SMK di perusahaan asal Korea Selatan. Juga terdapat peningkatan kompetensi sekolah vokasi di Jawa Tengah agar sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

    Nana juga menjelaskan bahwa dalam sektor ekonomi, terdapat kerja sama dalam hal ekspor beberapa produk unggulan dari Jawa Tengah seperti bahan baku kosmetik, batik, furniture, dan produk lainnya. Kerja sama di bidang ini sudah berjalan dengan baik, dan Korea Selatan merupakan investor kedua terbesar di Jawa Tengah.

    Selain itu, kerja sama juga ditingkatkan dalam bidang kapasitas pembangunan sektor teknologi informasi dan media, olahraga, dan pertanian. Beberapa program dalam sektor-sektor tersebut telah berjalan dan masih dalam pengembangan untuk program-program selanjutnya, seperti program pelatihan dan pembinaan atlet dari Jawa Tengah ke Chungcheongbuk-do.

    berita