Home Otomotif Jangan Diabaikan, Ini Penyebab Kebakaran di Mobil

Jangan Diabaikan, Ini Penyebab Kebakaran di Mobil

0

(MB) – Pemilik kendaraan pasti tidak menginginkan kebakaran terjadi pada mobil mereka. Namun, kebakaran pada mobil bisa terjadi akibat teledor atau kesalahan saat memasang konektor kelistrikan. Berikut ini adalah penyebab kebakaran pada mobil yang dapat dipicu oleh berbagai faktor:

1. Lalai Simpan Lap
Saat membersihkan kendaraan, penting untuk memeriksa apakah ada benda yang tertinggal seperti lap atau kain. Banyak kasus kebakaran terjadi karena lap yang tertinggal dalam ruang mesin atau masih menempel di knalpot. Meskipun terlihat sepele, namun hal ini dapat berakibat fatal.

2. Oli Bocor
Kebocoran oli mesin akibat penutup yang tidak terpasang dengan benar bisa menjadi sumber bahaya. Saat mesin dihidupkan, oli mesin dapat menyembur dan menetes pada knalpot yang kemudian dapat menimbulkan percikan api.

3. Pasang Konektor Aksesoris
Memasang kabel atau konektor aksesoris listrik tambahan tanpa memperhatikan keamanan atau standar yang sesuai dapat menyebabkan korsleting. Kabel yang panas bisa meleleh dan menyebabkan kebakaran.

4. Ganti Bolham
Mengganti bolham atau foglamp dengan watt yang lebih besar dapat menyebabkan panas berlebih pada rumah lampu, sehingga berpotensi membuat rumah lampu meleleh dan terbakar.

5. Parkir di Tempat Panas
Sebaiknya hindari parkir kendaraan dengan mesin hidup di tempat yang panas. Apabila ada ranting, daun, atau sampah yang menempel pada knalpot, hal ini bisa menyebabkan kebakaran.

6. Power Bank atau Ponsel
Meninggalkan power bank atau ponsel dengan soket masih terpasang saat parkir dapat berbahaya. Hal ini bisa menyebabkan overheat dan bahkan meledak.

Karenanya, pemilik kendaraan diharapkan untuk selalu memperhatikan faktor-faktor di atas agar dapat mencegah terjadinya kebakaran pada mobil. (inews)

Source link

Exit mobile version