Home Kesehatan Sebelum memberikan motivasi kepada anak dengan kanker, orangtua harus memastikan hal ini.

Sebelum memberikan motivasi kepada anak dengan kanker, orangtua harus memastikan hal ini.

0

Menyikapi Anak yang Dididagnosis Kanker: Tantangan dan Cara Tepat Orangtua

Memiliki anak yang didiagnosis menderita kanker merupakan sebuah tantangan besar bagi orangtua. Psikolog sekaligus Self Growth & Parenting Coach dari Klinik Psikologi Ruangtumbuh.id, Irma Gustiana A, S.Psi, M.Psi, menjelaskan bahwa penting bagi orangtua untuk memahami bagaimana cara yang tepat dalam menghadapi anak yang mengalami kondisi tersebut. Anak yang sedang berjuang melawan kanker umumnya merasakan ketakutan terhadap penyakit dan prosedur pengobatan yang melelahkan.

Proses pengobatan kanker yang panjang serta efek samping dari obat-obatan yang digunakan dapat menyebabkan trauma dan tekanan pada anak. Respons terhadap kondisi ini pun dapat bervariasi tergantung pada karakteristik individu seperti sifat, kepribadian, usia, sikap sosial, dan hubungan antara anak dan orangtua. Reaksi yang seringkali muncul meliputi rasa khawatir, minder, tidak aman, dan kekhawatiran terhadap masa depan.

Orangtua dapat memberikan dukungan dan motivasi yang diperlukan bagi anak yang sedang menjalani perawatan kanker. Namun, penting bagi orangtua, terutama ibu, untuk memperhatikan hal-hal tertentu agar upaya memberikan motivasi tidak berakhir membuat anak merasa terancam.

Menurut Psikolog yang akrab disapa Ayang, ibu dan ayah perlu memahami dengan baik kondisi sebenarnya dari anak sebelum memberikan motivasi bersama. “Sebelum memberikan saran atau motivasi kepada anak, orangtua perlu memiliki pemahaman dan informasi yang jelas tentang kondisi anak dari dokter atau pihak yang berkompeten, sehingga mereka dapat memberikan dukungan dan motivasi berdasarkan realita yang ada. Hal ini penting untuk menghindari harapan yang tidak realistis yang pada akhirnya tidak akan memberikan manfaat yang optimal,” jelas Irma saat mengisi acara peringatan Hari Kanker Sedunia 2024 di Jakarta.

Dengan demikian, orangtua dapat memberikan motivasi yang sesuai dan berdasarkan fakta yang ada, tanpa melupakan sentuhan optimisme yang juga penting dalam proses penyembuhan anak yang sedang berjuang melawan kanker.

Source link

Exit mobile version