Home Kesehatan Waspadai 7 Gejala Burnout yang Dapat Menghambat Fokus Jika Tidak Diatasi

Waspadai 7 Gejala Burnout yang Dapat Menghambat Fokus Jika Tidak Diatasi

0

Stres bisa menjadi hal yang biasa dalam kehidupan sehari-hari, terutama di lingkungan kerja. Namun, terlalu sering mengalami stres yang berlebihan bisa menyebabkan gejala kelelahan atau burnout yang perlu diwaspadai.

Burnout adalah keadaan kelelahan fisik dan emosional yang muncul akibat tekanan kerja. Gejala burnout bisa mirip dengan depresi, sehingga penting untuk bisa membedakannya.

Sarah Sarkis, seorang psikolog, menjelaskan bahwa jika stres yang diderita tidak dikelola dengan baik, bisa berdampak negatif pada fisik, mental, dan kognitif seseorang. Seseorang mungkin merasa perlu untuk terus berusaha lebih keras namun tidak mendapatkan hasil yang memuaskan.

Monica Vermani, seorang psikolog klinis, mengatakan bahwa jika tingkat aktivitas melebihi energi yang dimiliki seseorang, maka akan timbul stres yang tinggi. Stres yang terjadi secara konsisten dapat mengakibatkan akumulasi gejala yang menyebabkan kelelahan, karena seseorang cenderung mengabaikan kebutuhan diri sendiri.

Jadi, penting untuk bisa mengenali gejala burnout dan mengelolanya dengan baik agar tidak berdampak buruk pada kesehatan fisik dan mental seseorang.

Source link

Exit mobile version