Home Kesehatan Menggunakan Pelindung Matahari untuk Melindungi Kulit

Menggunakan Pelindung Matahari untuk Melindungi Kulit

0

Setelah beraktivitas di luar ruangan dan terpapar sinar matahari, sebaiknya tidak langsung mencuci muka. Menurut dokter spesialis kulit dan kelamin dr. Saskia Retno Ayu Hapsari, Sp.DV.E, suhu kulit perlu diturunkan terlebih dahulu sebelum mencuci muka.

“Suhu kulit masih panas, jadi sebaiknya jangan langsung cuci muka. Tunggu dulu sekitar 10 atau 15 menit untuk menurunkan suhu kulit sebelum mencuci muka,” ujar Saskia dalam sebuah diskusi daring.

Saskia menjelaskan bahwa kulit dapat menjadi rusak dan lebih kering jika terlalu sering mencuci muka setelah terpapar sinar matahari. Kebiasaan ini juga dapat menyebabkan bercak-bercak putih di area wajah karena pengerutan pembuluh darah di bagian tersebut.

“Ketika suhu kulit meningkat, pembuluh darah kulit melebar, yang dapat menyebabkan kulit merah. Namun, jika disiram dengan air dingin, pembuluh darah akan mengkerut dan bisa menyebabkan bercak-bercak putih,” tambahnya.

Dokter yang berpraktik di RSUD Tarakan Jakarta ini juga menyarankan untuk tidak terlalu sering mencuci muka, karena hal tersebut dapat merusak kulit dan menyebabkan iritasi.

“Setiap jenis kulit memiliki kebutuhan yang berbeda, tergantung pada apakah kulit kering, normal, berminyak, atau kombinasi. Aktivitas apa yang dilakukan juga turut menentukan seberapa sering kita perlu mencuci muka,” jelas Saskia.

Source link

Exit mobile version