Home Berita BPKN Tinjau Kesiapan Bandara Halim Perdanakusuma dalam Sambut Mudik Lebaran 2024

BPKN Tinjau Kesiapan Bandara Halim Perdanakusuma dalam Sambut Mudik Lebaran 2024

0

Asisten Manajer Operasi Airside dan Layanan Landside, Alyudha Heru Librawan mengatakan bahwa Bandara Halim Perdanakusuma siap untuk menyambut mudik Lebaran 2024. Ia juga menyebutkan bahwa prediksi puncak arus mudik Lebaran 2024 di Bandara Halim Perdanakusuma akan terjadi mulai dari tanggal 5-8 April 2024.

“Memang, perlu kita sadari bahwa terjadi penurunan dari tahun ke tahun dan kami sudah antisipasi ketika ada lonjakan, prediksi kami biasanya per hari mencapai angka 10 ribu, beberapa hari terakhir turun menjadi 7 ribu, kami antisipasi lonjakan pada tanggal 8 menjadi 10-12 ribu,” katanya.

Selain itu, Alyudha juga menyebutkan bahwa rute yang masih diminati di Bandara Halim Perdanakusuma adalah Denpasar, Surabaya, dan Kualanamu.

“Mungkin akan ada extra flight dari maskapai, di antaranya Balikpapan dan hingga saat ini hanya itu yang akan ada extra flight,” sebutnya.

Sementara itu, Alyudha juga menyatakan bahwa Bandara Halim Perdanakusuma siap menghadapi kondisi force majeure, seperti cuaca buruk atau ekstrem.

“Kami menghimbau kepada teman-teman ground handling yang beroperasi untuk mengantisipasi cuaca buruk dan kami menghimbau untuk memasang penguat di sisi udara, untuk fasilitas GSE seperti tangga, memasang rem supaya tidak tertiup angin,” katanya.

“Kami juga sudah berkoordinasi dengan traffic control yang ada di sini terkait prosedur apa yang akan dilakukan ketika terjadi hal tersebut,” jelas Alyudha.

Ia juga menyebutkan bahwa Bandara Halim Perdanakusuma telah menyiapkan langkah bandara cadangan terdekat untuk penanganan keadaan ekstrem.

“Bandara Halim Perdanakusuma siap mendukung menghadapi suasana mudik Lebaran 2024, baik dari SDM maupun fasilitas layanan, pintu masuk, dan boarding lounge,” sebut Alyudha.

Exit mobile version