Home Kesehatan Dokter Menyarankan Untuk Tidak Berciuman dan Memeluk Balita Saat Berkumpul di Hari...

Dokter Menyarankan Untuk Tidak Berciuman dan Memeluk Balita Saat Berkumpul di Hari Lebaran

0

Dwinanda menyatakan bahwa saat berkumpul-kumpul menjelang Lebaran, ada risiko tertular penyakit, terutama bagi anak-anak yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang masih lemah.

“Mudik memang biasanya identik dengan pertemuan dalam kerumunan yang berisiko tertular penyakit melalui droplet udara atau kontak dengan tangan yang kotor. Oleh karena itu, tetap ada risiko yang perlu diwaspadai,” ujarnya.

Dalam menyikapi risiko tersebut, penting untuk melakukan upaya pencegahan agar tidak terkena penyakit. Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan:

1. Menggunakan Masker saat Berada di Tempat Ramai
Bagi anak-anak yang sudah mampu menggunakan masker, disarankan untuk selalu menggunakan masker saat berada di tempat ramai atau dalam ruangan tertutup.

2. Rutin Mencuci Tangan dengan Sabun
Menurut Dwinanda, penting untuk mengajarkan anak-anak untuk rajin mencuci tangan dengan sabun, terutama sebelum makan dan setelah buang air kecil atau besar. Orangtua juga perlu memberikan contoh yang baik dalam menjaga kebersihan tangan kepada anak-anak, karena mereka cenderung meniru tingkah laku dari orang tuanya.

Source link

Exit mobile version