Home Kesehatan Kenali Penyebab Pemicu Vertigo agar Mencegah Kambuh

Kenali Penyebab Pemicu Vertigo agar Mencegah Kambuh

0

Vertigo adalah rasa pusing berputar yang dapat mengganggu dan sangat tidak menyenangkan bagi para penderitanya. Rasa cemas dan takut akan kemungkinan vertigo kambuh juga bisa menjadi hal yang wajar bagi mereka.

Ternyata, vertigo sebenarnya dapat dicegah dengan mengenali pemicunya. Ada dua jenis vertigo yang bisa menyerang, yaitu vertigo vestibular dan non-vestibular.

Vertigo vestibular sering disebut sebagai vertigo perifer, dan umumnya disebabkan oleh gangguan pada telinga bagian dalam yang bertanggung jawab untuk keseimbangan tubuh. Vertigo vestibular biasanya dipicu oleh gerakan kepala, seperti dari posisi tidur ke duduk.

Sementara itu, vertigo non-vestibular cenderung terasa seperti melayang atau goyang-goyang seperti di atas kapal, namun dengan intensitas yang lebih ringan.

Menurut Dr. Nezzar Erraldin, seorang dokter spesialis neurologi dari RS EMC Cibitung, Jawa Barat, vertigo vestibular biasanya berlangsung singkat dan bisa mereda dengan sendirinya jika didiamkan selama beberapa saat. Maka dari itu, mengenali pemicu vertigo dan mengatasi rasa cemas dan ketakutan dapat membantu dalam mencegah vertigo kambuh.

Source link

Exit mobile version