Home Otomotif Kapasitas Oli Mesin Toyota Agya dan Daihatsu Ayla Gen 1: Jangan Sampai...

Kapasitas Oli Mesin Toyota Agya dan Daihatsu Ayla Gen 1: Jangan Sampai Salah

0

Pada ulasan kali ini kita akan membahas mengenai rekomendasi dan kapasitas oli mesin Toyota Agya dan Daihatsu Ayla generasi pertama. Saat diluncurkan di Indonesia pada tahun 2013, kedua mobil ini dibekali dengan mesin 1.0L berkode 1KR. Kemudian, pada versi improvement yang diluncurkan pada tahun 2017, Agya dan Ayla gen 1 mendapatkan opsi mesin yang lebih besar, yaitu 1.2L dengan kode 3NR-VE. Mesin 1.0L dan 1.2L pada Agya dan Ayla gen 1 memiliki jumlah oli yang berbeda.

Untuk varian 1.2L, baik Agya maupun Ayla gen 1 membutuhkan sebanyak 3 liter oli mesin tanpa filter oli. Jika penggantian dilakukan bersamaan dengan filter oli, maka oli yang diperlukan adalah 3.5 liter. Sementara itu, untuk varian 1.0L, oli mesin yang dibutuhkan setiap kali penggantian adalah 2.5 liter tanpa filter oli, dan 2.7 liter dengan filter oli.

Spesifikasi oli mesin yang direkomendasikan oleh pabrikan untuk kedua mobil ini adalah API SL/SN/ILSAC GF-5 dengan viskositas SAE 0W-20, 5W-30, atau 10W-30. Untuk varian yang lebih baru, disarankan menggunakan oli dengan viskositas 0W-20 atau 5W-30, sedangkan untuk varian yang lebih tua bisa menggunakan oli dengan viskositas 10W-30.

Penggantian oli mesin sebaiknya dilakukan setiap 5.000 km atau 6 bulan sekali untuk menjaga performa dan keawetan mesin. Sedangkan untuk oli transmisi, Agya dan Ayla gen 1 varian 1.0L dan 1.2L dengan transmisi manual membutuhkan 1.2 liter oli setiap penggantian, dengan spesifikasi API GL-4 SAE 75W-90, 80W-90, atau 90W-90.

Untuk varian dengan transmisi otomatis, oli transmisi yang dibutuhkan setiap penggantian adalah 5.47 liter. Penggantian oli transmisi otomatis sebaiknya dilakukan setiap 20.000 km, sedangkan untuk transmisi manual dilakukan setiap 40.000 km.

Kelebihan dari Toyota Agya dan Daihatsu Ayla gen 1 antara lain adalah desain kompak, fitur yang lengkap, konsumsi bahan bakar yang efisien, serta beragam fitur keselamatan seperti airbags, ABS, dan EBD. Mobil ini juga memiliki bagasi yang luas dan ergonomis, serta sistem kemudi yang mudah dalam perawatannya.

Dengan mengikuti rekomendasi penggantian oli mesin dan transmisi, serta melakukan perawatan secara rutin, Toyota Agya dan Daihatsu Ayla gen 1 dapat tetap dalam kondisi yang prima dan performa yang maksimal.

Source link

Exit mobile version