Home Otomotif 50 Unit Pertama Citroen E-C3 All Electric Mulai Diserahkan ke Konsumen

50 Unit Pertama Citroen E-C3 All Electric Mulai Diserahkan ke Konsumen

0

citroen e-c3 all electric

Citroen Indonesia mulai menyerahkan unit Citroen E-C3 All Electric kepada 50 pelanggan yang sudah memesan mobil tersebut.

Bertempat di Citroen Experience Center PIK, Jakarta Utara, serah terima Citroen E-C3 All Electric ini juga akan diikuti di 19 dealer Citroën lainnya di Indonesia.

“Dengan bangga akhirnya kami dapat menyerahkan unit The New Citroen E-C3 All Electric yang diwakili oleh 50 pelanggan yang sudah menanti kehadiran mobil ini. Sehingga dalam waktu dekat mobil ini banyak mengaspal di jalan raya di Tanah Air,” kata Tan Kim Piauw, Chief Executive Officer PT Indomobil National Distributor yang menjadi Agen Pemegang Merek (APM) Citroen di Indonesia.

Menurutnya, penyerahan mobil listrik Citroen ini merupakan komitmen jangka panjang perusahaan dalam menggarap pasar kendaraan bermotor di Indonesia dan termasuk kontribusi untuk mendukung program pemerintah Indonesia untuk mobilitas bebas emisi.

Baca juga: Diperkenalkan di GIIAS 2023, All New Citroen C3 Aircross dan E-C3 Tampilkan Teknologi Ala Perancis

Citroen Dapat Keringanan Pajak Impor

Dapat keringanan bea masuk impor 0% dan PPnBM ditanggung pemerintah

Citroen telah memperkenalkan The New E-C3 All Electric pada ajang GAIKINDO International Auto Show 2023.

Kemudian pada 3 Mei 2024, pemerintah melalui Badan Koordinasi Penanaman Modal Republik Indonesia (BKPM) telah memberikan persetujuan secara resmi atas permohonan Citroen Indonesia untuk ikut serta di dalam Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai. 

Disusul terbitlah Surat Persetujuan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Republik Indonesia no 1/KBLBB-CBU/1/OSS/PMDN 2024 kepada PT National Assemblers selaku perusahaan perakitan kendaraan yang menaungi merek Citroën di Indonesia.

Berdasarkan keputusan pemerintah tersebut, maka Citroen resmi memperoleh fasilitas impor E-C3 All Electric secara utuh (CBU) dengan bea masuk 0% dan pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) yang ditanggung pemerintah.

Aktivitas impor dalam keadaan utuh (CBU) akan dilakukan dalam masa transisi menuju produksi lokal selambat-lambatnya sebelum tahun 2026. 

Hal ini menjadi salah satu wujud komitmen Citroen dalam menggarap pasar di Indonesia dalam jangka waktu lama.

Efek lainnya adalah, harga mobil listrik ini jadi cukup terjangkau, lantaran Citroen Indonesia menawarkan harga E-C3 tersebut mulai dari Rp 377 juta on the road Jakarta.

Baca juga: Harga Citroen E-C3 Lebih Mahal Rp16 Jutaan Dari Neta V, Apakah Spesifikasinya Lebih Oke?

Punya Banyak Keunggulan

Perwakilan 50 konsumen pertama Citroen E-c3 All Electric

Kalian mungkin setuju jika E-C3 punya tampilan luar yang menawan, baik dari bagian depan, lekuk tubuhnya, hingga pandangan dari arah belakang.

Bagian fasad ia tampil dengan gril beraksen chrome dengan loco dua chevron sebagai identitas pabrikan Perancis ini.

Kemudian pada sisi kiri dan kanan grill tersebut ada LED Daytime Running Light (DRL) dan juga lampu utama dengan bentuk yang juga unik.

Pada bemper juga terdapat frond guard dan fog lamp housing bertema silver yang seakan kontras dengan kelir hitam bempernya.

Menariknya lagi, bagian depan mobil ini juga tetap ada kisi-kisi udara, berbeda dengan kebanyakan mobil listrik yang dibuat tertutup seutuhnya.

Tampak belakangnya

Beranjak ke bagian sisi, siluet bodi mobil ini menampilkan desain sebuah SUV berukuran compact.

Kalau dari arah belakang, mobil ini tampak seperti mobil perkotaan pada umumnya, dengan desain lampu kombinasi yang unik, bemper dengan lekukan dinamis, serta penambahan rear under guard sebagai penanda jati diri tubuhnya yang bergenre SUV.

Dia atas kertas, Citroen E-C3 punya panjang keseluruhan 3.981 mm, lebar 1.733 mm, tinggi 1.604 mm, serta jarak sumbu roda 2.540 mm.

Kalau dibandingkan dengan mobil populer lain di kelas yang setara, E-C3 sedikit lebih pendek dari Toyota Raize.

Namun untuk kaki-kakinya, Citroen masih pakai velg 15 inci dipadankan ban 195/65/ R15, beda dengan Raize yang sudah pakai velg ring 16 atau 17.

Kabinnya tetap nyaman untuk dikendarai

Meski hadir dengan ukuran bodi yang compact, namun ruang kabin E-C3 tetap menyajikan kenyamanan berkendara bagi seluruh penumpangnya.

Misalnya dari desain jok yang dibuat nyaman untuk 5 penumpang, serta posisi mengemudi pun tetap enak untuk berkendara di perkotaan yang cenderung lebih sering hadapi kemacetan.

Kemudian di bagian tengah dasbor juga terpasang monitor layar sentuh 10 inci yang memiliki kemampuan konektivitas nirkabel melalui Apple CarPlay dan Android Auto.

Kenyamanan suspensi juga dibuat layaknya berkendara di atas karpet terbang (Flying Carpet Ride) dan keheningan ruang kabin yang menciptakan ketenangan seperti layaknya berada di dalam kepompong (Cocoon Effect).

Lantas dengan ground clearance hingga 170 mm, SUV ini memberikan rasa aman dan percaya diri yang lebih saat berkendara pada berbagai kondisi jalan.

Baca juga: Citroen C3 Dinobatkan Jadi Mobil Terbaik Buat Kaum Urban, Jurinya Para Jurnalis

Spesifikasi Citroen E-C3 All Electric

Harganya mulai dari Rp 377 juta

Sumber tenaga mobil ini berasal dari Permanent Magnet Synchronous Motor berdaya 57 PS dengan torsi puncak 143 Nm.

Motor listrik ini kemudian digerakkan oleh baterai High Energy Density Lithium-Ion berkapasitas 29,2 kWh.

Kecepatan maksimumnya diklaim 107 km/jam dengan kemampuan akselerasi 0-100 km/jam dalam 6,8 detik.

Apapun baterainya dapat menempuh jarak hingga 320 km dalam satu kali pengisian daya hingga full charge.

Tetapi ketika daya listrik baterai mulai berkurang, maka mobil ini bisa menggunakan stasiun pengisian daya listrik cepat (SPKLU Fast Charging) hanya dalam waktu 57 menit dari kondisi baterai 10% menjadi 80%.

Kemudian baterai ini juga memiliki kemampuan regenerative braking yang memungkinkan daya baterai akan terisi saat pengemudi menginjak pedal rem.

Citroen juga sudah punya 19 dealer di seluruh Indonesia

Transmisi otomatis single-speed dapat dioperasikan melalui tombol transmisi E-Toggle yang unik, ditambah dengan tersedianya pilihan mode pengendaraan ECO dan STANDARD yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengendara.

Guna memastikan ketersediaan suku cadang, sebuah fasilitas pusat suku cadang Citroën di Indomobil Parts Center juga telah didirikan di kawasan industri Kota Bukit Indah Cikampek, Jawa Barat dan siap untuk memasok kebutuhan sparepart di berbagai wilayah di Nusantara.

Untuk kepemilikan yang mudah dan tanpa beban, Citroën Indonesia telah memperpanjang masa garansi kendaraan untuk Ë-C3 All Electric dari sebelumnya 3 tahun/100.000 kilometer menjadi 5 tahun/150.000 kilometer untuk 1.200 pembeli pertama, serta didukung layanan servis gratis yang mencakup suku cadang dan jasa hingga 5 tahun/70.000 kilometer (mana yang tercapai lebih dulu). 

Sebanyak 19 dealer Citroen juga telah beroperasi dengan menghadirkan layanan servis berstandar tinggi dan ketersediaan suku cadang yang lengkap di kawasan Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Bali, Medan, Palembang dan Makassar.

Untuk layanan darurat, Citroën menyediakan layanan Citroën Call Center yang dapat diakses 24 jam di 14023, WhatsApp 0878-4475-4575 atau email : care@Citroen.indomobil.co.id

Spesifikasi Citroen E-C3 All Electric 2024
Dimensi
Panjang 3.981 mm
Lebar 1.733 mm
Tinggi 1.604 mm
Jarak sumbu roda 2.540 mm
Jarak ke tanah 170 mm
Ukuran roda 195/65/ R15
Mesin
Tipe motor listrik Permanent Magnet Synchronous Motor
Jumlah motor listrik 1
Daya maksimum 57 PS
Torsi maksimum 143 Nm
Tipe baterai High Energy Density Lithium-Ion
Kapasitas baterai 29,2 kWh
Daya jelajah 320 Km
Waktu pengisian daya baterai 57 menit (Fast Charging)
Sasis
Suspensi depan McPherson Strut
Suspensi belakang Twist Beam
Rem depan Ventilated disc
Rem belakang Drum
@autofun.indonesia Kalau versi bensinnya kurang menarik, yang elektrik mestinya jadi daya tarik. Gimana menurut kalian si Citroen E-C3 ini? #citroen #ec3 #citroenindonesia #mobillistrik #mobilbaru #reviewmobil ♬ Smooth jazz with a nice groove(935050) – tosuya

Source link

Exit mobile version