Home Otomotif Begini Spesifikasi Volvo EX30 di Indonesia, SUV Listrik Kecil dengan Segudang Fitur

Begini Spesifikasi Volvo EX30 di Indonesia, SUV Listrik Kecil dengan Segudang Fitur

0

volvo ex30 indonesia

Volvo EX30 di Indonesia merupakan satu mobil listrik yang akan resmi diluncurkan pada pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024.

Berjenis Compact SUV Battery Electric Vehicle (BEV), nantinya EX30 akan langsung berhadapan dengan Chery Omoda E5 yang juga bertenaga baterai dan motor listrik.

Meski belum resmi diumumkan, namun berdasarkan penelusuran Autofun, Volvo EX30 Indonesia akan hadir di Tanah Air dalam dua varian yakni Plus serta Ultra yang semuanya berkonfigurasi SUV 5 seater.

Bahkan beberapa tenaga penjual dari dealer resmi Volvo di Jakarta sudah berani membuka pesanan untuk EX30 bagi yang berminat.

Jika kalian tertarik dengan mobil listrik Volvo EX30 Indonesia, yuk kita kupas detil spesifikasi dari kendaraan berdarah Swedia itu.

Baca juga: Volvo Cars Soeroso Service Center Layani Perbaikan EV Sampai Mobil Lawas

Eksterior Tawarkan Tema Futuristik

Lampu utamanya terinspirasi Thor Hammer (Foto: Volvocarsjakarta)

Melihat data spesifikasi yang ada, EX30 memiliki tubuh yang cukup compact untuk pemakaian harian di dalam kota demi mendapatkan fleksibilitas sata membelah padatnya lalu lintas.

Tak heran kalau saat ini EX30 menjadi SUV terkecil yang dimiliki oleh Volvo, namun pabrikan telah berkomitmen, meski ukurannya mungil tetapi EX30 tetap bisa memberikan kenyamanan, keamanan, dan kesenangan berkendara yang sama dengan produk Skandinavia tersebut.

“EX30 all electric mungkin merupakan SUV terkecil kami, tetapi ini adalah tawaran luar biasa bagi pelanggan kami dan transaksi penting bagi kami sebagai perusahaan,” ujar Jim Rowan, CEO Volvo Cars.

Total panjangnya 4.233 mm, dengan lebar 2.032 mm, serta tinggi 1.550 mm, dan jarak sumbu roda Dimensi ini kalau dibandingkan mobil-mobil yang sudah lebih dulu hadir di Indonesia, kira-kira ukurannya mirip dengan Hyundai Creta.

Namun jika disandingkan dengan Omoda E5, mobil listrik dari Chery itu terlihat lebih panjang ketimbang EX30 meskipun lebar dan wheelbase-nya kalah dari Volvo.

Perbandingan Dimensi
  Volvo EX30 Indonesia Chery Omoda E5 Hyundai Creta
Panjang 4.233 mm 4.424 mm 4.315 mm
Lebar 1.838 mm 1.830 mm 1.790 mm
Tinggi 1.550 mm 1.588 mm 1.630 mm
Jarak sumbu roda 2.650 mm 2.630 mm 2.610 mm

Kesan mobil minimalis memang terasa betul pada sisi eksterior EX30, cukup berbeda dengan desain SUV-SUV yang sudah dilahirkan Volvo dan umumnya mengangkat karakter macho sekaligus mewah.

Namun pada EX30, pabrikan yang sudah bergabung dengan Geely itu menawarkan hal-hal yang lebih simple, tarikan garis desainnya juga tak banyak diselimuti lekukan tajam.

Dua lampu utama dibentuk dengan siluet T-Shape yang kabarnya terinspirasi dari Thor’s Hammer. Lampu LED ini seakan senada dengan gril model tertutup yang seakan menyatu dengan garis kap mesin.

Sementara itu bagian bawah bemper depan diberi warna hitam serta sedikit celah kisi-kisi udara sebagai asupan hawa segar untuk sistem pendinginan motor listrik. Kemudian area ini juga absen dari fog light yang biasanya selalu ada di mobil-mobil modern.

Ukurannya sedikit lebih pendek dari Hyundai Creta

Dibalik kesederhanaan bemper depan, ternyata Volvo sudah memasang kamera 360 di dekat logo Volvo yang ada pada bagian tengah gril depan, serta beberapa sensor lainnya demi kebutuhan sejumlah fitur di kendaraan tersebut.

Meski terlahir sebagai SUV compact, EX30 juga tetap mempertahankan sisi kokohnya lewat tampilan bagian samping. Desain bodinya begitu tegas, apalagi dengan penggunaan kaca spion yang frameless dan bagian atap yang diberi warna two-tone hitam. 

Selain itu, body dari Volvo EX30 juga diproduksi menggunakan material yang kokoh, sehingga mampu memberikan keamanan dan kenyamanan yang lebih untuk penggunanya.

Untuk mendukung aerodinamika sekaligus membuat tampilannya lebih menarik, mobil listrik Volvo ini menggunakan velg aero wheels dengan ban ukuran 245/45 R19 untuk varian Ultra dan 225/55 R18 untuk yang tipe Plus.

Tampilan belakangnya (Foto: Volvocarsjakarta)

Kalau dari depan ia terlihat minimalis, maka berbeda dengan sisi belakangnya yang punya tampilan sangat futuristik.

Lihat saja bagaimana bentuk lampu beserta rear garnish membuat area persegi panjang di bagian belakang mobil. Kemudian lampu kombinasi belakang dibuat menyerupai huruf C serta merambah sampai ke sisi kaca jendela.

Kemudian kesan sporty ditegaskan dengan warna bemper kombinasi black matte dengan kelir senada body yang lantas ditambahkan rear reflector.

Baca juga: Viral Mobil Volvo Tabrak Rumah Tapi Tetap Utuh, Netizen Malah Komentar Begini

Interiornya Tak Kehilangan Nuansa Premium

Layout dasbornya

Kecil bukan berarti dianaktirikan. Begitu juga dengan Volvo EX30 yang tidak membuat pabrikan menomorduakan soal desain dan kualitas material interior.

Joknya memang bukan di lapis material premium leather, namun Volvo memilih bahan fabric dengan permukaan yang lembut sehingga mengentalkan nuansa kenyamanan saat bersentuhan dengan kulit penumpangnya. 

Desain jok pengemudi dan penumpang abris depan juga model semi bucket yang selama ini sudah terbukti mampu menopang tubuh dengan lebih nyaman untuk perjalanan jauh. Ditambah lagi pada area headrest sudah ditambahkan busa tebal yang lebih empuk.

Kedua jok depan ini juga pengaturannya sudah elektrik, jadi untuk pengaturan sudut sandaran kursi, hingga maju mundur atau naik durun tinggal dengan menekan tombol yang disediakan, guan mendapat posisi duduk yang optimal.

Desain joknya nyaman dengan balutan kain fabric

Di baris kedua terdapat storage untuk menyimpan barang-barang kecil dan USB Type C, jadi anggota keluarga tidak perlu berebut slot untuk mengisi daya handphone mereka. 

Kalau ingin mengajak jalan-jalan keluarga, jok belakang mobil ini sudah didukung ISOFIX, jadi sudah kompatibel untuk dipasang baby chair. Jok penumpang baris kedua ini juga sudah dilengkapi dengan headrest 3 buah. 

Pada area tengah dasbor juga sudah terdapat head unit dengan ukuran 12,3 inci yang berfungsi sebagai sarana hiburan, hingga beberapa pengaturan fitur yang ada pada mobil ini. 

Adapun pada sisi pengemudi juga sebenarnya disediakan tambahan instrumen display di balik setir namun dengan layar yang cukup sempit.

Baca juga: Volvo EM90 Resmi Dirilis, Toyota Alphard Tak Lagi Terlihat Mewah

Spesifikasi Teknis Volvo EX30 Indonesia

Monitor di dasbor

Dibalik kap mobil Volvo EX30, kita bisa menemukan motor listrik yang bisa menghasilkan tenaga maksimum 200 kw (272 PS) dengan torsi puncak 343 Nm. Di atas kertas, Volvo EX30 bisa melakukan sprint 0-100 km/jam dalam waktu sekitar 5 detik saja.

Seperti yang sudah diungkapkan di awal tulisan ini, kalau ada dua varian Volvo EX30 yang dibedakan dari penggunaan baterai. Tipe Plus menggunakan 49 kWh dengan jarak tempuh hingga 337 kilometer (km).

Semnetara tipe kedua yaitu Ultra, menggunakan baterai berkapasitas 66 kWh dengan kemampuan jarak tempuh 476 km. Jika daya listrik baterai ini maka keduanya hanya butuh waktu charging 26 menit saat menggunakan fasilitas Fast Charging 150 kW, atau mencapai 56 menit jika pemakai charging berdaya 50 kW.

Baca juga: Saingan Berat Toyota Alphard, Volvo EM90 MPV Sudah Diincar Orang Kaya di Indonesia

Fitur Keselamatan Lengkap

Desain konsol tengah

Sebagai SUV dengan target pemakaian mobilitas dalam kota serta sesekali melakukan adventure di akhir pekan, maka Volvo membekali EX30 dengan sederet teknologi unik termasuk fitur keselamatan yang lengkap.

Beberapa teknologi advance di mobil ini yaitu kamera 360 derajat yang tertampil di headunit monitor dengan tampilan 3D virtual, Panoramic Sunroof dengan buka tutup secara elektrik, kaca jendela belakang yang bisa berubah jadi gelap, serta sistem pemanas untuk jok baris depan.

Kemudian mobil ini sudah dilengkapi teknologi ADAS L2+ yang mencangkup Pilot Assist dan Parking Assistance.

Gimana, tertarik beli Volvo EX30 di Indonesia?

Source link

Exit mobile version