Home Otomotif Wuling Alvez, Compact SUV Rp 300 Jutaan dengan Fitur Melimpah

Wuling Alvez, Compact SUV Rp 300 Jutaan dengan Fitur Melimpah

0

Wuling Alvez, Compact SUV Rp 300 Jutaan dengan Fitur Melimpah 01

Pilihan mobil Sport Utility Vehicle (SUV) di pasar otomotif nasional semakin banyak, namun untuk harga yang ramah di kantong ditambah fitur melimpah, maka opsinya adalah Wuling Alvez.

Ya, SUV berjenis Compact berkapasitas lima penumpang ini, bisa jadi pilihan jitu jika Anda memiliki dana Rp 200 – 300 jutaan. 

Terlebih lagi Alvez yang digarap oleh PT SGMW Motor Indonesia yang bermarkas di Greenland International Industrial Center, Desa Sukamahi, Kecamatan Cikarang Pusat, Kota Deltamas, Bekasi, memproduksi tiga pilihan varian yaitu SE, CE, dan EX.

Nah, ketiga varian ini merupakan model paling terjangkau di kelas SUV Compact, yaitu:

  • SE Rp 214.000.000 
  • CE Rp 260.000.000
  • EX Rp 300.000.000.

Baca juga: Adu 2 SUV China, Chery Tiggo 5X vs Wuling Alvez Pilih yang Mana?

Pilihan Wuling Alvez di Indonesia

Namun perlu dicatat, meski harganya terjangkau, untuk urusan desain, teknologi, fitur mobil ini tak bisa dipandang sebelah mata. Selain itu konsep mobil ini diklaim terpancar pada sisi eksterior dan interior yang stylish, sehingga cocok buat mereka yang berjiwa muda.

Baca juga: Perbandingan Harga Toyota Yaris Cross vs Honda HR-V, Hyundai Creta sampai Wuling Alvez

Nah, mau tahu apa saja kelebihan dari SUV Compact yang satu ini, berikut ulasannya.

1. Dimensi Pas di Garasi dan Jalanan Perkotaan

Tampang depan dan belakang 

Masuk segmen SUV Compact, tentu saja hal yang juga perlu dicatat adalah dimensi mobil. Karena bagian ini penting Ketika Anda hendak menyimpan di garasi.

Nah, Wuling Alvez ini memang hanya menampung lima orang penumpang, namun jika dilihat tak terlalu besar atau kecil.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Wuling Alvez Dari Hasil Test Drive, Seberapa Hebat Lawan Jepang?

Dimensi Wuling Alvez
Keterangan Ukuran
Panjang 4.350 mm
Lebar 1.750 mm
Tinggi 1.620 mm
Jarak Sumbu Roda 2.550 mm
Kapasitas Tangki 45 mm
Kapasitas Penumpang  5 orang

Dengan ukuran ini, mobil bisa dengan mudah meliuk-liuk di jalanan perkotaan, dan disimpan di garasi juga bisa sangat pas, tidak memakan tempat.

2. Eksterior Wuling Alvez Kekinian

Wajah depan dilengkapi gril dan lampu LED Projector Headlamp

Sekilas lekukan Alvez ini memang tampak seperti SUV Compact kekini yang kini sedang menjadi tren di pasar otomotif dalam negeri maupun global. 

Hal ini terlihat dari pada bagian depan mobil sudah dilengkapi dengan Adjustable LED Projector headlamp dan Rear Lamp.

Sentuhan modern juga terasa dengan penyematan LED DRL yang futuristik, Roof Rail yang memberikan kesan biasa dipakai berpetualang, lengkap dengan Shark Fin Antenna, dan Rear Wiper.

Selain itu, mobil ini juga dilengkapi dengan Electric Sunroof, sehingga ikut memberikan kesan mewah, dan keren. Tak sampai disitu, pada bagian depan terdapat pula Bold Font pada grille yang membuat menjadi ciri khas pada mobil tersebut.

3.  Interior Bukan Kaleng-kaleng

Sunroof memberikan kesan mewah dan lega

Pada bagian interior, Alvez bukan kaleng-kaleng, lihat saja pada bagian dashboard sudah Soft Touch Panel, serta jok dibuat empuk untuk menampung lima orang penumpang, berkat balutan material kulit sintetis.

Tapi tak sampai disitu, sebab interior Alvez sudah dilengkapi dengan fitur AC with PM 2.5 Air Purifier pada bagian tengah kabin. Pengaturan AC juga sudah bisa dilakukan secara digital.

Untuk masuk ke dalam mobil, Alvez sudah dilengkapi Keyless entry, dan menyalakan mesin cukup menekan Engine Start Stop Button. 

Wuling Alvez juga sudah memiliki fitur Remote Open Window sehingga pengendara bisa mengatur bukaan jendela dari jarak jauh.

Interior depan 

Meski punya dimensi yang kompak, tak perlu khawatir untuk membawa barang bawaan yang banyak. Pasalnya mobil ini memiliki storage yang cukup banyak untuk menyimpan barang.

Ditambah lagi, bagasinya juga luas sehingga kapasitas barang bisa lebih banyak. Tak hanya itu, Alvez ini sudah ada fitur Unlock Tailgate yang menjadi standar di seluruh model Wuling Alvez.

Pada bagian interior mobil ini juga sudah dilengkapi Cup dan Card Holder serta konektivitas USB fast charging pada kursi baris kedua.

Pengemudi juga bisa mengetahui berbagai kondisi mobil melalui layar Multi-Instrument Display (MID) berukuran 7 inci, TFT – Full Color.

Desain jok baris kedua

Untuk menambah kenyamanan sepanjang perjalanan, Wuling membekali Alvez dengan sistem hiburan berupa Head Unit berukuran 10,25 inci dengan koneksi internet, 4 Groovy Speakers, fitur Navigasi Online, Online Music dan Messaging serta Wireless Mirroring, tak ketinggalan Bluetooth.

Guna membantu pengendara untuk parkir lebih aman dan nyaman, tersedia pula fitur Rear Parking Camera with Dynamic Trajectory. Kemudian ada Rear Parking Sensors yang memudahkan proses parkir dalam kondisi area terbatas atau sempit.

Tapi jika Anda merasa fitur kurang pas, dan merasa tak perlu maka bisa memilih varian SE, karena head unitnya akan diganti jadi single DIN ditambah dua Speaker, sedangkan layer MID tipe SE tampilannya adalah analog.

4. Fitur Canggih WIND dan ADAS

Tampilan body belakang dan samping

Dengan harga Rp300 juta untuk tipe tertinggi, maka Alvez memiliki banyak fitur canggih, seperti halnya Wuling Indonesian Command (WIND).

Nah, WIND ini merupakan perintah suara untuk mengoperasikan berbagai fitur yang ada pada Alvez, hanya dengan menggunakan Bahasa Indonesia.

Beberapa fitur yang bisa menggunakan fitur WIND diantaranya Musik, Aplikasi Online, Volume SUara, Tanggalan, Telepon, AC, Radio, Sunroof, Jendela dan lainnya. 

Bahkan varian CE dan CS sudah dilengkapi fitur Advanced Driver Assistance System (ADAS), yang meliputi beberapa jenis fitur, seperti:

  • Adaptive Cruise Control (ACC)
  • Bend Cruise Assistance (BCA)
  • Traffic Jam Assistance (TJA)
  • Lane Keeping Function
  • Intelligent Cruise Assistance (ICA)
  • Safe Distance Warning (SDW)
  • Forward Collision Warning (FCW)
  • Collision Mitigation System (CMS)
  • Automatic Emergency Braking (AEB)
  • Intelligent Hydraulic Braking Assistance (IHBA)
  • Lane Departure Warning (LDW)

Jika fitur-fitur di atas tak perlu disematkan, maka bisa memilih tipe SE, karena ADAS akan dihilangkan, akan tetapi sebagai fitur standar, semuanya sudah dilengkapi berbagai fitur di bawah ini:

  • Electronic Stability Control (ESC)
  • Traction Control System (TCS)
  • Anti Lock Braking System (ABS)
  • Electronic Brakeforce Distribution (EBD)Emergency Stop Signal (ESS)
  • Electric parking brake ( EPB )
  • with Auto Vehicle Hold ( AVH )
  • Hill Hold Control (HHC)
  • Dual SRS airbags
  • Tire Pressure Monitoring System (TPMS)     
  • Seatbelt Reminder
  • ISOFIX
  • Child-Proof Door Lock
  • Rear Parking Sensors
  • Immobilizer
  • Anti – Theft Alarm

Selain itu, Alvez juga sudah memiliki fitur Internet of Vehicle (IOV) melalui Wuling Remote Control App yang dapat memberikan berbagai kendali hanya menggunakan ponsel penggunanya dengan lebih dulu mengunduh dan memasang aplikasi MyWuling+

Bisa kontrol kendaraan dari jarak jauh lewat aplikasi MyWuling+

Beberapa hal yang bisa dioperasikan dengan fitur ini antara lain, lock and unlock kunci pintu, bluetooth, melihat posisi mobil secara real time, navigasi online, wireless mirrorlink, menyalakan atau mematikan AC, menyalakan mesin, GeoFence Security, sampai mengaktifkan musik.

GeoFence Security sendiri merupakan fitur yang dapat memberikan notifikasi jika kendaraan berada di luar area yang sudah ditentukan sebelumnya.

Notifikasi akan muncul ketika kendaraan berada 1-10 km di luar titik yang telah ditentukan.

Fitur itu sangat membantu jika terjadi kasus pencurian kendaraan sehingga pemilik akan mengetahui melalui notifikasi yang muncul pada aplikasi MyWuling+ dan bisa mematikan mesin kendaraan dari jarak jauh.

5. Kaki-kaki Cocok untuk Jalanan di Indonesia

Wuling Alvez masih aman saat melewati jalanan basah

Hal penting dari sebuah mobil yaitu harus memberikan kenyamanan berkendara. Maka dari itu suspensi haruslah penting.

Maka, untuk memberikan rasa nyaman saat berkendara, Alvez ini juga sudah terpasang:

Kaki-kaki Wuling Alvez
Suspensi Depan McPherson Strut
Suspensi Belakang Torsion Beam
Pengereman Depan  Cakram
Pengereman Belakang  Cakram
Velg  Machined Alloy 
Ukuran 205/60-R16

6.  Performa Mesin Wuling Alvez Bertenaga

Mesin yang cukup bertenaga dan irit BBM

Wuling Alvez ini sudah dibekali mesin bensin Naturally Aspirated (N/A) 4 silinder dengan teknologi DOHC dan DVVT. Mesin berkode N15 hadir dengan kapasitas 1.5-liter yang memuntahkan daya 106 PS pada 5.800 rpm dengan torsi maksimum 143 Nm pada rentang 4.000-4.600 rpm.

Tidak seperti tipe CE dan EX yang menggunakan transmisi otomatis CVT, pada Alvez SE menggunakan transmisi manual 6-percepatan.

Ini menjadi daya tarik tambahan di tipe tersebut, khususnya bagi kalian yang suka dengan mobil transmisi manual dengan akselerasi yang lebih spontan.

Untuk lebih detail berikut spesifikasinya:

Spesifikasi 
Tipe Mesin  Gasoline, naturally aspirated inline-4 cylinder, DVVT, DOHC
Kapasitas Mesin 1,485 cc
Jarak x Langkah 74.7 x 84.7
Tenaga Maksimal 106 PS/ 5.800 rpm
Torsi Maksimal 143 Nm/ pada 4.000-4.600 rpm
Standar Emisi Euro 4
Transmisi CVT

 

Source link

Exit mobile version