Home Olahraga Angin Kencang Bikin Pecah Jendela Venue Basket PON 2024 di Aceh, Menpora:...

Angin Kencang Bikin Pecah Jendela Venue Basket PON 2024 di Aceh, Menpora: Keselamatan Prioritas Utama

0

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo menegaskan keselamatan harus menjadi prioritas utama sepajang pelaksanaan PON XXI Aceh-Sumut 2024.

Hal ini dia sampaikan menyusul terjadinya insiden kaca jendela pecah di venue cabang olahraga basket PON 2024, Aceh, akibat angin kencang.

Sekadar informasi, cuaca ekstrem memang semat melanda wilayah Banda Aceh dan Aceh Besar dalam beberapa hari terakhir. Situasi tersebut cukup memengaruhi penyelenggaraan PON XXI di Serambi Mekkah.

Salah satu insiden yang dipicu oleh cuaca ekstrem sempat terjadi pada Rabu (18/9/2024) sekitar pukul 12.30 siang WIB. Angin kencang dengan kecepatan 20-30 knot alias 37-55 km/jam menghantam salah satu jendela berukuran 1,5 dikali 4,5 meter di Hall Serba Guna, Kompleks Stadion Harapan Bangsa, yang digunakan sebagai lokasi basket 3×3.

Kaca jendela terlepas dan pecah hingga mengenai sejumlah penonton yang berada di tribun. Tercatat, 6 orang mengalami luka-luka, dengan dua di antaranya harus segera dilarikan ke Rumah Sakit Meuraxa. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam insiden ini.

“Anginnya sangat kencang hingga menghantam jendela, sebagian kaca dan bingkainya lepas dari dinding. Beberapa penonton terkena pecahan kaca di bagian punggung dan tangan,” ujar Technical Delegate Basket 3×3, Trianti.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo pun mengimbau agar ke depannya, aspek keselamatan selalu menjadi prioritas utama sepanjang penyelenggaran PON XXI Aceh-Sumut 2024. Dia menyarankan agar panitia mempertimbangkan penundaan laga apabila cuaca ekstrem terjadi, yang berpotensi mengganggu jalannya pertandingan.

“Keselamatan harus menjadi prioritas utama. Jika cuaca tidak memungkinkan, ada baiknya beberapa pertandingan ditunda demi menjaga keamanan bersama,” ujar Menpora.

Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ariotedjo, menegaskan bahwa dugaan penggelapan dana atau korupsi dalam penyelenggaraan PON XXI Aceh-Sumut 2024 tidak benar. Ia memastikan bahwa tidak ada penyimpangan dana terkait event tersebut, dan pelaksanaan PON …

Source link

Exit mobile version