Home Kesehatan Buah Pepaya dan Nanas Bisa Jadi Solusi Alami Turunkan Kolesterol, Ini Faktanya!

Buah Pepaya dan Nanas Bisa Jadi Solusi Alami Turunkan Kolesterol, Ini Faktanya!

0

Salah satu cara alami untuk mengendalikan kadar kolesterol jahat (LDL) adalah dengan mengonsumsi buah-buahan yang kaya nutrisi dan serat. Buah-buahan tertentu ternyata memiliki kemampuan khusus untuk menurunkan kolesterol dan menjaga HDL tetap stabil.

Simak daftar buah-buahan yang bisa menjadi senjata ampuh menurunkan kolesterol jahat, seperti dikutip dari Harvard Health Publishing dan Healtline:

1. Alpukat

Alpukat adalah sumber lemak tak jenuh tunggal dan serat yang melimpah, dua nutrisi penting yang membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL).

Sebuah studi tahun 2015 pada 45 orang dewasa dengan obesitas menunjukkan bahwa mereka yang rutin mengonsumsi satu alpukat setiap hari mengalami penurunan kadar LDL lebih signifikan dibandingkan yang tidak.

Selain itu, tinjauan pada 2016 terhadap 10 studi menegaskan bahwa menggantikan lemak lain dengan alpukat berkontribusi pada penurunan kolesterol total, LDL, dan trigliserida.

2. Apel, Anggur, Jeruk, dan Berry

Buah-buahan adalah tambahan sempurna untuk jantung yang sehat. Banyak buah kaya akan serat larut yang membantu tubuh mengeluarkan kolesterol dan menghambat hati memproduksi senyawa berbahaya ini.

Studi tahun 2012 menemukan bahwa pektin, sejenis serat larut yang ada dalam apel, anggur, jeruk, dan stroberi, mampu menurunkan kolesterol hingga 10 persen.

Tak hanya itu, buah-buahan juga mengandung senyawa bioaktif seperti antosianin, serat, dan fitosterol yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi.

Studi tahun 2019 menunjukkan bahwa konsumsi buah beri secara rutin dapat meningkatkan kolesterol HDL dan menurunkan LDL.

Source link

Exit mobile version