Home Otomotif Tips Mengajukan Kredit Mobil Agar Cepat Disetujui

Tips Mengajukan Kredit Mobil Agar Cepat Disetujui

0

kredit mobil

Seperti kita ketahui, proses pembelian kendaraan dapat lebih mudah dilakukan dengan adanya pilihan kredit mobil. Sebab dengan cara ini, biasanya kalian hanya diwajibkan membayar sejumlah dana sebagian kecil dari total harga kendaraan itu.

Sistem pembayaran kredit juga akan menguntungkan kalian dalam beberapa faktor. Seperti bisa menambah perputaran modal. Pengeluaran pun terasa lebih ringan di awal sehingga masih bisa memenuhi kebutuhan lainnya. Kalian juga bisa memilih simulasi kredit yang cocok dan tidak memberatkan keadaan keuangan bulanan.

Namun sebelum mengajukan proses kredit mobil, ada baiknya kalian mempersiapkan beberapa hal terlebih dulu, agar pengajuan kredit bisa lebih cepat disetujui oleh pihak bank atau lembaga pembiayaan lainnya.

Baca juga: Segini Simulasi Kredit Daihatsu Terios Terbaru, PNS Masih Bisa Nyicil!

Berikut ini tips dari Astra Credit Companies (ACC) saat hendak mengajukan kredit mobil agar lebih cepat disetujui.

1. Siapkan dokumen pengajuan kredit mobil

Setiap pengajuan kredit diperlukan persyaratan dokumen

Persiapkan persyaratan administrasi seperti KTP, Kartu Keluarga (KK), NPWP, slip gaji, rekening koran, tagihan kartu kredit, PBB rumah, dan sebagainya. Data-data tersebut juga dapat mempengaruhi nilai yang akan kalian pinjam mengingat setiap leasing memiliki standar perhitungan masing-masing. 

Pastikan kalian menyiapkan dokumen ini secara lengkap, baik yang asli maupun foto copy-nya. Semakin cepat Anda memberikan berkas administrasi, pihak leasing juga bisa memproses kredit lebih cepat.

2. Skor kredit

Pastikan kalian memiliki skor kredit yang baik agar mendapat kemudahan dan kelancaran pengajuan kredit mobil. Hal ini bisa dilihat dari lancar atau tidaknya proses pembayaran kredit yang pernah kalian lakukan sebelumnya. 

Jika kalian memiliki skor kredit yang baik, pihak leasing bisa melihat apakah layak melanjutkan proses kredit atau tidak. Untuk memiliki skor kredit yang baik, ada baiknya kalian membayar cicilan tepat waktu dan menggunakan fasilitas kredit dengan bijak.

3. Gunakan prinsip 5C

Pertimbangkan apakah beli mobil baru atau bekas

Setelah mempersiapkan hal-hal tersebut, kalian juga bisa menggunakan prinsip 5C yang merupakan faktor analisis kredit dari leasing saat mengajukan kredit mobil. 

Prinsip 5C terdiri dari Character (karakter Anda yang memudahkan proses pembayaran), Capacity (kapasitas mengatur keuangan), Capital (nilai aset yang Anda miliki), Condition (kondisi seperti ekonomi negara, usia Anda, dan sebagainya), dan Collateral (pengukuran nilai kredit dan nilai jaminan).

4. Kalkulasi keuangan

Pada umumnya, pihak leasing akan lebih cepat menerima calon debitur yang memiliki penghasilan tetap dibandingkan dengan penghasilan besar pekerja lepas. Rekening yang sehat juga menjadi perhitungan pihak leasing. 

Apa itu rekening sehat? Rekening sehat merupakan kondisi keuangan yang berimbang antara pemasukan dan pengeluaran. Jadi, ada baiknya kalian melakukan kalkulasi ini mencakup pemasukan dan pengeluaran. Perhitungkan pula nilai aset yang dimiliki karena hal ini dapat dikategorikan sebagai pemasukan dan meningkatkan kepercayaan pihak leasing pada saat mengajukan kredit mobil.

5. Perhitungkan DP

Makin besar DP, pihak leasing biasanya akan semakin percaya

DP (Down Payment) atau uang muka bisa sangat variatif mulai dari 0 sampai 50 persen. Namun, biasanya biaya DP mobil berkisar 20-30 persen dari harganya. DP juga akan mempengaruhi besar cicilan atau lama tenor yang akan dipilih. Semakin besar pembayaran DP, semakin cepat tenor kredit Anda dan cicilan per bulannya.

Besaran biaya DP juga dapat mendukung salah satu prinsip 5C yaitu karakter kalian yang berkomitmen dan bertanggung jawab dalam hal finansial. Semakin besar biaya DP, kemungkinan diterimanya pengajuan kredit mobil juga lebih besar.

Baca juga: Setara Uang Jajan Anak Kuliahan, Segini Cicilan Kredit Honda Brio Terbaru

Manfaatkan ACC Carnival Bandung 2024

Diselenggarakan 21-22 September 2024

Buat kalian warga Bandung dan sekitarnya yang tengah ada rencana membeli mobil baru atau bekasl, sebaiknya datang ke acara yang satu ini. Sebab Astra Credit Companies sedang menggelar pameran ACC Carnival di Bandung, Jawa Barat.

Berlangsung di Bumi Hejo, Kota Baru Parahyangan, Bandung, pada 21-22 September 2024, ACC Carnival Bandung 2024 bertujuan memberi kemudahan kepada masyarakat Bandung untuk memiliki kendaraan impian.

“Sesuai dengan misi ACC To Promote Credit for A Better Living, kami memberikan kemudahan kepada masyarakat Bandung untuk memiliki mobil impian. ACC berkolaborasi dengan brand-brand otomotif terkenal dengan penawaran promo yang sangat menarik”, kata Budiman selaku Regional Business Head Astra Credit Companies Jawa Barat, melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (21/9/2024).

Pada pembukaan acara ini hadir pula Faris Henky sebagai Area Business Head Auto2000 Region Jawa Barat, Michael Hendro yang merupakan Kepala Wilayah Jawa Barat Daihatsu Sales Operation, dan Kepala Wilayah Jawa Barat Isuzu Sales Operation, Ikang Achmad Mubarok.

Baca juga: Muncul Varian Baru, Segini Cicilan Kredit BYD Dolphin

Ada Promo Kredit Mobil Murah

Kesempatan bagi warga Bandung untuk kemudahan membeli mobil

Selama dua hari penyelenggaraan cara ini, ACC menawarkan berbagai promo menarik. Yaitu berupa bunga 0 persen untuk tenor 1 tahun semua transaksi kredit kendaraan passanger car dengan Down Payment (DP) minimal 50%. 

Selain itu ACC juga menawarkan promo berupa Paket Murah. Yaitu bunga 2,17 % untuk tenor 1 tahun, bunga 2,75 % untuk tenor 2 tahun dan bunga 4,17 % untuk tenor 4 tahun, jika ada warga Bandung dan sekitarnya yang melakukan pembelian kendaraan Battery Electric Vehicle (BEV) secara kredit. 

Ada juga promo Rate Spektakular Toyota dan Free Admin untuk pembiayaan kendaraan Daihatsu. Pengunjung yang melakukan SPK dan valid berkesempatan mendapatkan hadiah menarik lewat Lucky Raffle.

ACC Carnival Bandung menampilkan booth-booth otomotif dari Toyota, Daihatsu, Isuzu, BMW, Honda, Hyundai dan Suzuki. Juga ada booth bagi masyarakat yang ingin membeli atau melakukan tukar tambah mobil bekas mereka dengan mobil baru. Lantas ada Booth dari Garda Oto dan AstraPay.

Selama 2 hari penyelenggaraan ACC Carnival Bandung, pengunjung dihibur oleh live music dan juga games-games menarik. Khusus pada Minggu, 22 September 2024, juga diselenggarakan senam pagi bersama.

Baca juga: Harga Baru di Bawah Rp300 Juta, Segini Skema Kredit Vinfast VF 5

Ada Pameran UMKM Binaan ACC

Bisa manfaatkan kredit bunga 0%

Dalam rangka mendukung pertumbuhan UMKM di Indonesia, Astra Credit Companies juga menggandeng UMKM binaan untuk ikut serta memamerkan produknya di ACC Carnival Bandung. 

Selain itu ACC juga mengadakan UMKM Sharing Session yang membahas seluk beluk mengenai UMKM binaan ACC mulai dari awal hingga kemudian mendapat pembinaan dari ACC dan tumbuh berkembang. ACC juga menyelenggarakan lomba Macrame untuk pengunjung berhadiah uang tunai.

Sebagai informasi, Astra Credit Companies adalah perusahaan pembiayaan yang telah berdiri sejak tahun 1982. ACC memiliki beragam produk pembiayaan, mulai dari pembiayaan mobil baru dan bekas untuk semua merek, pembiayaan mobil bekas melalui dealer maupun perorangan dan juga melayani pembiayaan Retail Commercial, Fleet dan Fasilitas Dana. 

ACC memiliki jaringan yang luas meliputi 76 kantor cabang dan kantor pelayanan serta 2 kantor cabang ACC Syariah. Dengan tersedianya lebih dari 76.000 titik pembayaran di seluruh Indonesia akan membuat pelanggan lebih mudah melakukan pembiayaan di ACC.

Untuk memberikan kemudahan untuk pelanggan, ACC juga memiliki Layanan digital lewat ACC ONE untuk reservasi perpanjangan BPKB, Perpanjangan STNK, Klaim Asuransi dan layanan Booking Service.

@autofun.indonesia Dari Daihatsu Ayla termurah sampai yang termahal, langsung cek cicilan dan peluang kreditnya di seva.id aja! @sevabyastra #cicilanmobil #reviewmobil #daihatsuayla #ayla ♬ Bad saxophone instrumental music – OSAMU IRIE

Source link

Exit mobile version