Home Otomotif Alasan Mazda Diklaim Memiliki Segmentasi Berbeda dengan Brand Lainnya

Alasan Mazda Diklaim Memiliki Segmentasi Berbeda dengan Brand Lainnya

0

Alasan Mazda Diklaim Memiliki Segmentasi Berbeda dengan Brand Lainnya 01

Mazda, merupakan merek mobil yang hadir di Indonesia, namun secara penjualan memang tidak sebanyak pabrikan Jepang.  

Lihat saja, sepanjang Januari-September 2024, penjualan mobil Mazda baru menyentuh angka 3.447 unit. Beda halnya dengan beberapa brand otomotif dari Jepang lain seperti Toyota yang sudah lebih 200 ribu unit, dan juga Daihatsu tembus lebih dari 120 ribu.

Bahkan Mazda juga kalah jauh dari segi penjualannya, jika dibandingkan Honda, Mitsubishi dan juga Suzuki, yang ketiganya sudah menjual lebih dari 40 ribu unit.

Kendati dalam hal penjualan Mazda tidak seperti brand dari negeri Sakura lainnya, mereka rupanya tak ambil pusing. 

Baca juga: Mazda Power Drive 2024 Hadir Lagi, Bisa Jajal Berbagai Model dan Banjir Promo Menarik

 Mazda merupakan pabrikan otomotif dari Jepang

Pasalnya, Chief Operating Officer PT Eurokars Motor Indonesia, Ricky Thio menyatakan, konsumen Mazda memiliki karakter yang dinamis, cerdas, dan menuntut standar tinggi. 

“Sehingga mereka tidak hanya mencari kendaraan sebagai alat transportasi, tetapi juga sebagai simbol gaya hidup berkelas dan inovatif,” ungkap Ricky saat ditemui di Kawasan Fatmawati, Jakarta, Selasa (15/10/2024).

Hal yang sama diakui, Direktur SUN Motor Jakarta,  Nugroho. Menurutnya meski SUN Motor memiliki lini bisnis otomotif dari brand lain, namun merek Mazda punya hal berbeda dari lainnya. 

Kata Nugroho, Mazda selalu berevolusi setiap tahun, namun untuk desainnya hanya mengalami perubahan sangat tipis, berbeda dengan pabrikan lainnya. 

Baca juga: Cuma di GIIAS 2024, Mazda CX-60 Limited Dijual Lebih Murah Hampir Rp200 Juta dari Varian Standar

Line up mobil Mazda

“Setiap tahun ada produk berubah sedikit-sedikit, tapi selalu memberikan penambahan kepuasan kepada customer, penambahan kenikmatan berkendara untuk customer, tapi tidak merubah total penampilan berbeda,” jelas Nugroho. 

Lebih lanjut Nugroho menyatakan, minimnya ubahan pada mobil Mazda merupakan bagian strategi yang diterapkan. Pasalnya, target konsumen Mazda, tidak hanya bisa mengetahui kelebihan mobil-mobil Mazda melalui penjelasan atau iklan, baik dari segi spesifikasi, tenaga hingga torsi yang dimiliki. 

“Karena mobil Mazda itu harus dicoba, terkadang HP (Horse Power) masih sama, tapi cara setting engine Mazda sudah berbeda dengan lainnya,” ujarnya. 

Baca juga: 5 Mantra Pemikat New Mazda CX-5 2024 Ini Bikin Bos Muda Makin Jatuh Cinta

Nugroho mengklaim, meski perubahan Mazda kerap pada bagian luar terkesan minim, namun jika dilihat secara interior, mobil-mobil Mazda menerapkan Premium Japanese Car, dan performa mengusung Engine Japan Sporty Car.

“Nah itu customer yang kita bidik, lebih mengedepankan berkendara sesungguhnya, bukan customer yang setiap hari berkendara dengan driver atau tidak memakai kendaraannya sendiri,” ucapnya

“Jadi customer Mazda itu mereka yang mengemudi sendiri, ketika weekend customer mereka akan mengendarai sendiri, dan itu target customer kita yang menikmati kendaraan sendiri,” sambungnya.

Nugroho juga menyatakan, meski banyak produk-produk baru bermunculan dari berbagai brand, namun customer loyal Mazda tidak lantas tergerus begitu saja. 

Fokus Jualan SUV

Caption

Bicara soal penjualan, saat ini tulang punggung Mazda di Indonesia ditempati oleh tiga lini produknya, yaitu Mazda CX-3, CX-5 dan juga Mazda 3 hathcback. 

“Cuma kalau kita bedah, antara model-model baru yang kita sebut 7th Generation, sekarang lagi naik terus, bahkan kita tahu market memang slow down, tapi untuk prodak-produk Mazda 7th Generation penurunan dikit, terutama di CX30 dan CX60,” tutur Thio.

Kendati demikian, Thio tidak menampik, jika Mazda harus memiliki produk yang ditawarkan, saat ini perusahaany tengah fokus menjual mobil-mobil berdesain Sport utility Vehicle (SUV) untuk pasar Indonesia. 

“Kita sudah fokus hanya di SUV, nggak di MPV, jadi kita SUV dan Crossover, bukan hanya di Indonesia, di secara global pun fokus SUV,” terangnya.

Adapun berikut ini beberapa model SUV milik Mazda termasuk harganya: 

  • CX-3 Sport 1.5: Rp399.900.000
  • CX-3 Pro 2.0: Rp505.500.000
  • CX-30 GT: Rp583.300.000
  • CX-5 Elite FWD: Rp647.700.000
  • CX-5 Kuro AWD: Rp689.900.000
  • CX-8 Elite: Rp828.800.000
  • CX-9 2WD: Rp955.500.000
  • CX-9 Kuro 2WD: Rp965.500.000
  • CX-9 AWD: 1.035.500.000
  • CX-60 Pro: Rp799.000.000
  • CX-60 Kuro: Rp1.188.800.000
  • CX-60 Elite: Rp1.188.800.000

Manjakan Konsumen di Kawasan Jaksel

Dealer Mazda Fatmawati berlokasi di Jalan RS Fatmawati Nomor 60, Cipete, Jakarta Selatan.

Untuk mempertahankan selera target konsumen yang memiliki mobil Mazda, PT Eurokars Motor Indonesia bersama SUN Motor Jakarta, menghadirkan dealer Mazda Fatmawati yang berlokasi di Jalan RS Fatmawati Nomor 60, Cipete, Jakarta Selatan.

Menurut Owner PT Sun Motor Jakarta Imelda Sundoro, dealer dengan luas 1.350 meter persegi sengaja  diresmikan sebagai komitmen mendukung perkembangan jaringan Mazda di Indonesia.

“Dengan fasilitas modern dan tim profesional yang berdedikasi, kami siap memberikan layanan 3S (Sales, Service, dan Spare Parts) kepada para pelanggan,” ucapnya. 

Sementara itu, Nugroho menyampaikan, alasan lain berdirinya Mazda Fatmawati dikarenakan banyak customer yang berada di Kawasan Jakarta Selatan, membutuhkan layanan service lebih besar. 

Sejumlah pejabat PT Eurokars Motor Indonesia bersama SUN Motor Jakarta meresmikan Mazda Fatmawati 

“Bahkan di beberapa cabang untuk booking service harus menunggu tiga empat hari. Jadi kita harapkan cabang Mazda Fatmawati mendapatkan customer yang bisa selalu mudah dan cepat sehingga tidak menunggu lama,” katanya.

Maka dari itu, Mazda Fatmawati memiliki fasilitas mulai dari Showroom, Workshop, Spare Parts Warehouse, Dealing Room, Delivery Room, Customer Lounge, Prayer Room, Kids Corner, Meeting Room, serta berbagai fasilitas lainnya yang dirancang untuk mendukung kenyamanan pelanggan.

Mazda Fatmawati berkapasitas 7 Service Bay, dengan kemampuan menangani hingga hampir 20-unit kendaraan setiap harinya. 

Dealer dan bengkel ini juga memperkenalkan program 5-Years MyMazda Warranty, yang secara otomatis berlaku untuk setiap pembelian unit Mazda, memberikan jaminan selama 5 tahun atau 150.000 km.

Dilengkapi fasilitas service

Program ini melengkapi layanan 3-Years MyMazda Service yang telah tersedia sebelumnya.

Selain itu, konsumen juga bisa memanfaatkan layanan Pick Up Service, dimana konsumen bisa melakukan service tanpa harus pergi ke bengkel.

Sebab, dealer yang akan menjemput mobil dan mengirim ke bengkel, kemudian bakal mengembalikannya di lokasi penjemputan.

Promo Penjualan Mazda Fatmawati

Unit display Mazda Fatmawati

Untuk menggaet konsumen, Mazda Fatmawati menawarkan program promosi khusus selama periode grand opening.

Berikut sejumlah program yang ditawarkan: 

  • Promo jasa servis sebesar 10-15 persen
  • Promo suku cadang hingga 10 persen
  • Program bunga 0 persen selama 1 tahun untuk pembelian kendaraan Mazda tertentu dengan masa angsuran hingga 7 tahun
  • Servis selama masa pembukaan akan mendapatkan souvenir spesial.

 

Source link

Exit mobile version